Home » Berita » Presiden Jokowi: Mobil Esemka Ini Adalah Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi: Mobil Esemka Ini Adalah Produk Dalam Negeri

Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan saat peresmian pabrik produksi mobil Esemka (Foto: Kemenhub)

Boyolali – Usai melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung terbang menuju Boyoali, Jawa Tengah untuk meresmikan pabrik produksi mobil Esemka. Jokowi mengungkapkan dengan adanya pabrik produksi mobil Esemka diharapkan masyarakat Indonesia berminat untuk membeli mobil hasil buatan dalam negeri ini.

“Saya harap masyarakat Indonesia membeli produk Esemka ini, mobil Esemka ini adalah produk dalam negeri, brand bangsa Indonesia dan karya anak bangsa” ujar Presiden Jokowi, Jumat dalam laman Kemenhub (6/9/2019).

Meski buatan dalam negeri, Jokowi mengakui sampai saat ini mobil Esemka yang diproduksi oleh PT Manufaktur Solo Kreasi (SMK) belum banyak menggunakan komponen otomotif buatan lokal. Namun kedepannya Presiden berharap komponen otomotif mobil Esemka berasal dari dalam negeri.

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo mengatakan keberadaan pabrik Esemka ini menimbulkan dampak positif untuk perekonomian nasional terutama bagi daerah Boyolali.

“Untuk itu kita semua harus mendukung pabrik ini kedepannya” kata Jokowi.

Mobil Pikap Esemka Dapat Membantu Masyarakat di Desa

Bersamaan dengan peresmian pabrik, PT SMK memperkenalkan Esemka Bima. Mobil pikap ini tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.200 cc dan 1.300 cc. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang pagi tadi turut mendampingi presiden Jokowi mengungkapkan kedepan mobil Esemka dapat diserap oleh pasar. Selain itu berguna bagi masyarakat, karena produk Esemka yang diluncurkan berjenis pikap sehingga membantu masyarakat khususnya di pedesaan.

“Harapan saya Esemka dapat diserap oleh pasar, apalagi produk yang dikeluarkan adalah produk-produk untuk pedesaan untuk mengangkut barang-barang. Kita tahu dipedesaan sekarang ink sudah begitu intensif sehingga produktivitas harus ditingkatkan” ujar Menhub Budi.

Tak lupa, Menhub menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan selamat atas peresmian pabrik dan perkenalan mobil pikap Esemka Bima.

Presiden Jokowi menjajal Esemka Bima (Foto: BPMI Setpres)

“Saya sangat bangga sekali, banyak orang dari wilayah Solo bisa bekerja untuk suatu produk dalam negeri yang bernama Esemka, saya mendukung apa yang dilakukan Esemka dan menyampaikan selamat telah berproduksi” ucap Menhub Budi.

Turut hadir dalam acara tersebut Jaksa Agung HM. Prasetyo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Ignatius Jonan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Harga Kawasaki KLX 250 Susah 'Digoyang', Murah Juga Tangguh
Next post
Esemka Bakal Punya Mobil Listrik?

1 Comment

  1. […] post Presiden Jokowi: Mobil Esemka Ini Adalah Produk Dalam Negeri appeared first on Carmudi […]