Home » Sepeda motor » Harga Kawasaki KLX 250 Susah ‘Digoyang’, Murah Juga Tangguh

Harga Kawasaki KLX 250 Susah ‘Digoyang’, Murah Juga Tangguh

Harga Kawasaki KLX 250 murah meriah mewah

Jakarta – Kawasaki KLX terkenal dengan kemampuannya menerjang berbagai medan baik on road atau off road. Sebelum era motor trail naik daun seperti sekarang, Kawasaki lah yang mulai mempopulerkan motor trail bermesin 4-tak. Bagi para penghobi garuk tanah yang butuh motor trail handal, PT Kawasaki Motor Indonesia memasarkan Kawasaki KLX 250 dengan harga paling murah di kelas trail 250 cc

Berbekal mesin seperempat liter, KLX 250 sanggup memuaskan dahaga menjelajah pelosok dengan jalur terjal. KLX menjadi primadona karena hadir lebih dahulu ketimbang Yamaha WR250 dan Honda CRF250. Alhasil, kubu garputala dan sayap kepak harus angkat topi kepada popularitas ‘geng hijau’ di kalangan crosser.

Setelah Kawasaki KLX 150 hadir, Kawasaki meriilis KLX 250 yang membuat seri KLX hadir satu tingkat lebih tinggi. Kawasaki KLX 250 telah hadir sejak 2009 dimana model yang masuk Indonesia kala itu merupakan generasi kedua secara global. Pada Mei 2019 lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia selaku agen pemegang merek meluncurkan KLX 230 sebagai peralihan antara KLX 150 atau KLX 250.

Kawasaki KLX230 diproduksi di Indonesia

Bagi pecinta off-road yang ingin naik kelas, tentu akan mencari motor trail 250cc yang terjangkau lalu memiliki power dan torsi lebih besar. Salah satu opsi menarik untuk motor garuk tanah yaitu KLX 250 ini. KLX 250 tangguh melibas medan terjal karena didukung rangka jenis diamond yang terbuat dari bahan baja ringan yang kuat dan lentur.

Rangka tubular semid double crandle selama ini dikenal kuat dan ringan, juga memiliki tingkat keleturan yang tinggi. Jenis rangka yang lentur pastinya meningkatkan pengendalian motor dan mempermudah handling. Mesinnya punya tenaga besar dan memberikan kesan fun to drive saat berkendara.

Sementara dari sisi kenikmatan berkendara, motor trail ini memiliki power, akselarasi, balance, riding position yang nyaman, lalu bobot yang ringan. Sebagai informasi, bobot KLX 250 mencapai 138 kg sehingga tergolong ringan untuk ukuran motor 250cc.

Harga Kawasaki KLX 250 Baru dan Perbandingan dengan Motor Trail Lain

Kawasaki pintar dalam mencari segmen pasar untuk motor trail mereka ini. KLX 250 adalah adalah motor trail yang kelasnya tergolong mewah yang harganya murah meriah. Kawasaki KLX 250 dijual hanya dalam satu tipe dengan harga Rp. 63.700.000 untuk wilayah Jabodetabek dan Serang.

Sekarang, yuk kita bandingkan harga KLX 250 dengan dua rival terberat geng hijau dari sesama merek Jepang. Untuk Yamaha WR250 R dijual seharga Rp 97.000.000 on the road Jakarta. Sementara dari kubu sayap kepak, ada CRF250 Rally yang bersifat semi enduro.

Honda CRF
Honda CRF250RALLY

Motor trail keluaran PT Astra Honda Motor ini dijual seharga Rp. 74.172.000 on the road Jakarta. Bisa dilihat kalau harga baru Kawasaki KLX 250 jauh lebih murah ketimbang dua rival senegaranya. Meskipun murah, fitur yang diusung tidak murahan dan nyaris setara seperti suspensi upside down dan mesin seperempat liter.

Namun ada satu bagian yang jadi nilai minus dari KLX 250, yaitu sistem pengkabutan bahan bakar yang memakai karburator. Bisa dibilang, Kawasaki ketinggalan zaman dibandingkan dua rivalnya yang sudah memakai injeksi. Namun, teknologi karburator ini menurut Kawasaki lebih mudah dioprek dan melakukan perawatan rutin bila muncul masalah khususnya di tengah hutan.

Yamaha WR250R

Demi menunjang kestabilan, KLX 250 dibekali suspensi depan Upside Down 43 mm dan untuk bagian belakangnya memakai monoshcok uni-trax. Kedua suspensi tersebut bisa diatur tingkat peredamannya, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan handling dan kenyamanan pengendara KLX 250.

Harga Kawasaki KLX 250 Bekas Murah Meriah

Bagi kalian yang ingin beralih dari motor trail 150 cc ke kelas 250 cc, tak ada salahnya melirik KLX 250 ini. Tidak cuma harga baru yang cukup murah, harga bekas Kawasaki KLX 250 juga nggak bikin kantong bolong. Namun perlu dicatat, KLX 250 ini termasuk motor yang langka di pasaran motor bekas.

Berdasarkan pencarian dari beberapa marketplace, harga KLX 250 ini bervariasi tergantung dari kondisi unit bersangkutan. Harga jual motor trail ini tidak begitu bergantung dari kondisi tahun sebagaimana unit roda dua lainnya.

Untuk harga termurah yaitu keluaran tahun 2011 yang dijual antara Rp 29.500.000 sampai Rp. 40.500.000. Sementara itu, harga termahal KLX 250 bekas yaitu mencapai Rp 47.000.000 dengan tahun produksi 2017. Tak jarang, unit KLX 250 ini telah diubah menjadi motor enduro atau bahkan supermoto.

Tidak heran, karena Kawasaki juga merilis versi supermoto dalam sosok D-Tracker bagi kalangan penghobi dual purpose. Ubahan antara KLX dan D-Tracker pun hanya mengganti velg roda dan ban dari ring 18 menjadi ring 17. Sementara itu, jenis ban bisa mengganti ban tahu bawaan dengan ban motor bertapak lebar pada umumnya.

Mesin KLX 250 serupa Ninja 250 SL

Kawasaki memiliki keuntungan ketika hanya menggarap motor jenis sport baik itu off road atau on road. Beberapa model mereka memakai jenis mesin yang sama, salah satunya KLX 250 ini. Sang penggaruk tanah dibekali dapur pacu serupa dengan Kawasaki ninja 250 SL yaitu 249 cc satu silinder.

Dimensi bore x stroke 72 X 61.2 mm namun terdapat perbedaan pada output keduanya. Tenaga pada KLX 250 hanya 24,14 ps pada 9.000 rpm sedangkan Ninja 250SL mencapai 28 ps pada 9.700 rpm. Pengaruh dari digunakannya sistem injeksi pada Ninja 250 SL pun berdampak pada torsi yang juga lebih besar yaitu 22.6 Nm pada 8.200 rpm sementara KLX 250 sebesar 21 Nm/7.000 rpm.

Kawasaki KLX250 pakai mesin Ninja 250SL

KLX 250 memang kalah tenaga dan torsi, namun ini menyesuaikan karakter dari motor trail itu. bisa dilihat bila karakter output titik puncaknya berada di putaran menengah. Ini membuat performa motor enteng saat akselerasi dan berkendara di jalur terjal yang memang butuh angkatan awal yang besar.

Bila bosan dengan style motor trail, Carmudian tinggal memodifikasi kaki-kaki supaya menjadi motor dual purpose atau supermoto. Minimnya modifikasi yang dilakukan membuat biaya perawatan atau ubahan KLX ini cukup bersahabat.

Motor Trail Ramping Rasa 150 cc

Sebutan dalam sub judul di atas tidak mengacu untuk tenaga, tapi pada handling KLX 250 yang tak kalah lincah dengan motor trail 150. Sebab, KLX 250 punya postur ramping namun lebih tinggi. KLX 250 memiliki dimensi panjang 2.200 mm, lebar 820 mm, dan tinggi 1.190 mm dengan jarak terendah ke tanah 285 mm.

Rancangan desain KLX yang tinggi langsing membuatnya mudah melahap jalan terjal dan bebatuan atau lumpur. Bila dilihat sepintas, akan terlihat bila ini adalah KLX 150 cc karena desain keduanya memang mirip dan cuma beda pada dimensinya. Untuk yang beralih dari kelas 150 cc mengendarai KLX 250 ini jelas butuh sedikit adaptasi.

Pasalnya, tinggi tempat duduk berkisar 889 mm, ini sedikit menyulitkan bikers Indonesia yang tingginya kurang dari 170 cm menapak di tanah. Pengendara bakal kewalahan memakai motor kawasaki KLX 250 karena ground clearance ke tanah yang sangat jauh, sehingga sulit untuk menapak. Namun bicara soal kenyamanan berkendara sih sudah oke.

Desain Kawasaki KLX 150 BF hampir mirip dengan kakaknya yang bermesin 250 cc

Kedua suspensi pada KLX 250 bisa diatur tingkat kekerasannya dan ban dual purpose berukuran besar. Ini membuat guncangan jalan berbatu bisa diredam dengan baik. Sekalipun joknya ramping dan panjang, namun tidak begitu membuat pantat pegal karena bantingan suspensi yang bisa disetel empuk.

Handling atau pengendalian KLX 250 juga terkenal lincah karena desain setang yang lebar dengan posisi tinggi. Motor trail ini lebih mudah bermanuver melewati berbagai medan jalan. Untuk terabas hutan pun tetap asyik karena enteng ketika selap-selip diantara pepohonan.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Catat, Ini Alasan Presiden Jokowi Mau Meresmikan Pabrik Mobil Esemka
Next post
Presiden Jokowi: Mobil Esemka Ini Adalah Produk Dalam Negeri