BeritaSumber informasi

Toyota Jalin Kerjasama dengan Panasonic, Bikin Baterai Listrik

Jepang – Dua perusahaan besar asal Jepang, yakni Toyota dan Panasonic resmi menjalin kerjasama. Kedua perusahaan tersebut baru saja menandatangani perjanjian kerjasama yang ditujukan untuk pembuatan baterai. Baterai ini merupakan baterai yang nantinya akan digunakan untuk kendaraan listrik, atau electric vehicle.

Kedua perusahaan ini nantinya memiliki target untuk memproduksi baterai dengan kapasitas yang 50 kali lipat dari yang ada saat ini. Kendati menjalin kerjasama dengan Toyota, tetapi Toyota bukanlah produsen otomotif yang hanya akan diuntungkan. Nantinya, baterai yang diproduksi ini akan dijual juga ke beberapa pabrikan mobil seperti Mazda, Daihatsu, Subaru dan Honda.

Perusahaan patungan ini nantinya akan mengembangkan baterai dengan jenis lithium ion yang lebih canggih dari yang sudah ada saat ini. Selain itu, perusahaan ini juga akan memproduksi baterai sel solid state. Toyota percaya dengan menjalin kerjasama dengan Panasonic ini, diharapkan dapat memotong biaya produksi untuk membuat baterai.

Mengejar Volkswagen

Selain itu, hal ini bertujuan untuk mengejar ketertinggalan Toyota dari Volkswagen yang sudah lebih visioner dalam hal mobil listrik. Perusahaan ini menargetkan pada tahun 2030 dapat menjual setidaknya 5,5 juta kendaraan listrik setiap tahunnya.

Panasonic sendiri bukanlah pemain baru di dunia otomotif yang memproduksi batera listrik. Panasonic sebelumnya sudah pernah menjalin kerjasama dengan beberapa produsen otomotif seperti Tesla pada kemasan baterainya. Lewat perusahaan patungan ini, nantinya Toyota dan Panasonic akan memiliki bagian saham tersendiri. Toyota akan memiliki saham senilai 51 persen, dan Panasonic akan mendapatkan saham senilai 49 persen dari hasil perusahaan ini.

Sebagai gambaran, perusahaan patungan ini nantinya akan memindahkan 5 fasilitas produksi baterai listrik yang ada di China dan Jepang ke perusahaan baru ini. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai lokasi pabrik ini. Melihat kerjasama yang dilakukan oleh Toyota dan Panasonic ini, tentu saja ini menjadi inovasi baru. Pabrikan otomotif yang ada di Jepang semakin mencoba melebarkan sayap.

Dengan adanya kerjasama ini, apakah harga mobil listrik juga dapat ditekan? Rasanya kita wajib melihat beberapa tahun kedepan ya.

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts