Reviews

Keunggulan dan Kekurangan Daihatsu Rocky Dibanding Para Rival

Tak salah jika kita menyebut Daihatsu Rocky sebagai mobil yang canggih. Deretan fitur keselamatan aktif terkini melengkapi kehadirannya. Hal tersebut menjadi keunggulan di samping beberapa kekurangan yang berhasil kami temukan.

Harga Daihatsu Rocky 1.2L

Harga Daihatsu Rocky 1.2L bisa turun jika peraturan perpanjangan PPnBM 100% terbit (Foto: Carmudi/Badjo)

Melihat ke situs web resmi pabrikan, saat ini Daihatsu Rocky ditawarkan dengan harga Rp222,6 juta sampai Rp248,9 juta untuk model yang menggunakan mesin 1.000 cc turbo. Selain itu ada pula model bermesin 1.200 cc naturally aspirated yang dijual antara Rp185,8 juta sampai Rp223,1 juta.

Harga varian yang menggunakan mesin 1.000 cc turbo lebih mahal karena model tersebut diposisikan sebagai flagship. Maka itu pembahasan mengenai keunggulan dan kekurangan Daihatsu Rocky ini pun akan lebih condong pada varian tersebut.

Keunggulan dan Kekurangan Daihatsu Rocky

Sebagai informasi, mobil yang menjadi kembaran Toyota Raize ini bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang memang tengah naik daun. Tak sendirian, beberapa brand juga tengah berusaha menarik hati konsumen di segmen ini. Misalnya saja Nissan yang mengedepankan Magnite atau Kia yang berusaha menggoda konsumen lewat Sonet.

Di samping itu, Toyota Raize yang notabene masih satu pabrik dengan mobil ini juga dapat dikatakan sebagai kompetitor. Lantas, apa saja yang menjadi bekal Daihatsu Rocky untuk terjun ke dalam persaingan? Mari simak keunggulan dan kekurangannya.

Keunggulan Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky menawarkan cukup banyak keunggulan. Pabrikan mengklaim mobil ini berdiri di atas platform baru bernama Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang pada intinya bisa membuat mobil lebih efisien. Selain itu, jantung mekanisnya pun mendapat imbuhan turbo.

Tapi selain itu masih ada beberapa poin lagi yang menjadi nilai tambah dari mobil ini. Seperti yang coba Carmudi rangkum di bawah ini.

Promo Daihatsu

Daihatsu Rocky (Foto: Carmudi/Badjo)

Jumlah Varian Banyak

Sudah menjadi kebiasaan Daihatsu untuk menawarkan varian yang beragam untuk model jagoannya. Kini strategi tersebut kembali ditemui pada Daihatsu Rocky yang ditawarkan dalam dua puluh varian lebih.

Model bermesin 1.000 cc turbo saja sudah memiliki dua puluh varian. Belum lagi ditambah model yang menggunakan mesin 1.200 cc sebanyak enam varian.

Varian Toyota Raize saja tak sebanyak itu. Satu-satunya kompetitor yang mendekati jumlah varian Daihatsu Rocky adalah Kia Sonet yang hadir dengan dua belas pilihan. Jumlah itu adalah gabungan antara model yang menggunakan konfigurasi 5-seater dan 7-seater.

Dua Pilihan Mesin

Keunggulan selanjutnya dari Daihatsu Rocky ialah adanya opsi mesin yang bisa dipilih konsumen. Hanya mobil ini dan Toyota Raize yang menawarkan keberagaman sumber tenaga di segmen SUV kompak.

Mesin 3 Silinder

Mesin 3 silinder yang tersemat di Daihatsu Rocky minim getaran (Foto: Carmudi/Badjo)

Harga Murah

Dengan ada banyaknya varian yang ditawarkan, Daihatsu Rocky juga memiliki rentang harga sangat luas dari model terendah sampai yang tertinggi.

Adapun pilihan paling terjangkau adalah Daihatsu Rocky 1.2 M MT yang ditawarkan Rp185,8 juta. Walaupun, konsumen mesti puas dengan penggunaan kaleng yang membuat tampilannya seperti mobil dari tahun 1980-an.

Sedangkan untuk varian paling mahal adalah Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two Tone SC yang ditawarkan Rp248,9 juta.

Di lain sisi, kompetitornya yang punya varian dengan harga bawah Rp200 juta adalah Kia Sonet 5-seater Standard MT yang ditawarkan Rp193 juta.

Fitur Keselamatan Aktif Canggih

Sudah bukan rahasia lagi fitur keselamatan aktif canggih adalah keunggulan utama Daihatsu Rocky. Anda bisa mendapatkan pre-collision warning, pre-collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning, dan lane departure prevention.

Tapi untuk menikmati semua fitur itu maka Camudian mesti memilih varian yang dilengkapi Advanced Safety Assist (ASA) dan hanya tersedia pada model bermesin 1.000 cc turbo.

Sebenarnya, mobil lain di segmen juga punya banyak fitur keren. Misalnya saja Kia Sonet yang sudah memiliki sunroof, wireless charging, sampai ventilated seat.

Fitur keselamatan canggih Daihatsu ASA terdapat di Rocky varian tertinggi (Doto: ADM)

Pelek Berukuran 17 Inci

Beranjak ke tampilan luarnya, Daihatsu Rocky tampil lebih gagah dengan penggunaan pelek lebar berukuran 17 inci. Hal ini sedikit berbeda dibanding beberapa kompetitornya yang dilengkapi pelek 16 inci.

Ground Clearance Cukup Tinggi

Daihatsu Rocky menempatkan dirinya sebagai SUV kompak. Itu berarti mobil ini harus bisa memberi rasa percaya diri bagi pengendara saat melintas di jalanan rusak. Hal ini bisa dicapai dengan ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 200 mm.

Angka tersebut setidaknya menunjukkan mobil ini lebih jangkung dari Nissan Magnite yang memiliki jarak terendah ke tanah 186 mm. Walaupun masih kalah dari Kia Seltos dengan ground clearance 205 mm.

Head Unit Lebih Besar

Daihatsu Rocky berhasil meraih citra SUV kompak modern dengan adanya fitur keselamatan aktif ASA. Tapi tak berhenti sampai di situ saja karena konsumen juga bisa merasakan sentuhan kekinian pada sisi hiburan.

Daihatsu Rocky menggunakan head unit terbesar di kelasnya dengan ukuran 9 inci. Para kompetitor seperti halnya Kia Sonet dan Nissan Magnite menggunakan head unit lebih kecil 1 inci.

Bukan hanya besar, tapi head unit Daihatsu Rocky juga sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Hal ini yang membedakannya dengan head unit milik Toyota Raize.

Daihatsu Rocky 1.2 liter

Bagasi Daihatsu Rocky (Foto: ADM)

Pelipatan Bangku Rata Lantai

Daihatsu berhasil memanfaatkan dimensi mobil yang terbatas untuk memiliki ruang bagasi berukuran besar. Caranya ialah dengan memberikan pengaturan lantai dua tingkat. Pabrikan menyebutnya dengan istilah 2 stage luggage board.

Pengguna bisa memilih opsi lantai bagasi yang lebih rendah pada kondisi normal. Tapi ketika bangkunya dilipat habis, lantai bagasi bisa diposisikan lebih tinggi untuk menciptakan ruang yang rata dari depan sampai belakang.

Hanya Toyota Raize yang juga memiliki konfigurasi semacam ini karena memang konstruksi kedua mobil ini serupa.

Headrest Adjustable di Semua Bangku

Daihatsu pastinya paham betul bahwa konsumen Indonesia sangat suka pergi beramai-ramai. Makanya kabin dibikin senyaman mungkin sekalipun saat diisi penuh. Hal ini terlihat dari adanya headrest adjustable di setiap bangkunya.

Jadi mereka yang duduk di tengah bangku belakang pun tak perlu merasakan pegal di leher saat perjalanan jauh. Lagi-lagi hanya Toyota Raize yang memiliki fitur semacam ini.

Sedangkan para rivalnya mengambil pendekatan berbeda dalam mendesain bangku belakang produk-produknya.

Test drive Daihatsu Rocky

(Foto: Carmudi/Badjo)

Kekurangan Daihatsu Raize

Selanjutnya mari lihat beberapa poin minus dari pembahasan keunggulan kekurangan Daihatsu Rocky kali ini.

Sejak pertama kali diluncurkan banyak orang memiliki anggapan miring terhadap penggunaan mesin 3-silinder. Hal ini bisa dimaklumi lantaran mesin dengan jumlah silinder ganjil terlanjur dikenal memiliki getaran lebih tinggi.

Tapi Daihatsu mengaku telah melakukan beberapa upaya untuk menyiasatinya. Hal itu termasuk penggunaan balancer dan engine mounting yang dikembangkan secara khusus. Semoga saja pengembangan yang dilakukan membawa hasil positif dan tidak ada keluhan dari konsumen.

Terlepas dari hal tersebut, Carmudi coba merangkum beberapa poin kekurangan Daihatsu Rocky jika dibandingkan dengan para kompetitornya.

Tidak Memiliki Cruise Control

Kekurangan Daihatsu Rocky yang pertama ialah tidak memiliki cruise control. Berbanding terbalik dengan para pesaing..

Ketiadaan fitur ini cukup disayangkan mengingat Toyota Raize saja sudah memilikinya. Bukan cruise control biasa, bahkan produk Toyota tersebut mengadopsi yang dinamakan adaptive cruise control.

(Foto: Carmudi/Badjo)

Tenaga Mesin Biasa-Biasa Saja

Lewat kehadiran mobil ini akhirnya Daihatsu punya mesin modern berkapasitas kecil yang dilengkapi turbo. Tapi memang tenaga yang dihasilkannya tidak bisa dibilang istimewa. Di atas kertas masih kalah dibanding mesin sejenis yang dipakai Nissan Magnite.

Daihatsu Rocky menggendong mesin berkode 1KR-VET dengan kapasitas 998 cc. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 96,5 Hp dan torsi 140 Nm.

Di lain sisi mesin Nissan Magnite yang juga menggunakan konfigurasi 3-silinder turbo memiliki kapasitas 999 cc. Tenaga yang bisa dihasilkannya mencapai 98,6 Hp dan dengan torsi 152 Nm.

Tapi, kan, Daihatsu Rocky masih punya pilihan mesin 1.200 cc? Betul sekali. Tapi jika kapasitas mesin besar yang dicari maka Kia Sonet dengan jantung pacu 1.500 cc 4-silinder adalah pilihannya.

Tidak Ada Ventilasi AC Belakang

Telah disampaikan sebelumnya bangku belakang Daihatsu Rocky bisa jadi tetap menyuguhkan kenyamanan ketika dipakai untuk mengangkut tiga orang sekalipun. Hal ini dikarenakan adanya tiga buah adjustable headrest.

Tapi sayangnya tidak ada kelengkapan penunjang kenyamanan lain, contohnya ventilasi AC yang didedikasikan khusus bagi penumpang di bangku baris kedua. Berbeda dengan Nissan Magnite atau Kia Sonet yang sama-sama memilikinya. Bahkan di Kia Sonet penumpang belakang juga kebagian USB port.

Harga Daihatsu Rocky 1.2L

Daihatsu Rocky (Foto: Carmudi/Badjo)

Tidak Ada Sandaran Tangan Bangku Belakang

Dari poin di atas jelas bahwa kabin belakang Daihatsu Rocky lebih mengutamakan kenyamanan penumpang saat diisi penuh. Sementara para rivalnya condong pada kemewahannya.

Bukti lain, Kia Sonet dan Nissan Magnite sama-sama memiliki sandaran tangan di bangku baris kedua. Hal ini tidak dimiliki Daihatsu Rocky.

Fitur ini mungkin cukup sepele, tapi berhasil membawa Kia Sonet atau Nissan Magnite punya tawaran fasilitas selayaknya mobil-mobil dari kelas di atasnya.

Tidak Memiliki TPMS

Segmen SUV kompak diisi persaingan fitur yang cukup ketat. Sebagai contoh Nissan Magnite dan Kia Sonet sama-sama memiliki Tyre Pressure Monitor System (TPMS). Fitur yang berguna memantau tekanan angin ban ini biasanya hanya ada di mobil-mobil mewah.

Sayangnya, kami tidak menemukan keberadaan TPMS dalam lembar spesifikasi Daihatsu Rocky ataupun Toyota Raize.

Tangki Bahan Bakar Kecil

Catatan yang terakhir ialah tangki bahan bakar Daihatsu Raize tergolong kecil dibanding milik para kompetitor dengan kapasitas hanya 36 liter. Sementara itu Nissan Magnite punya tangki bahan bakar 40 liter dan Kia Sonet 45 liter.

(Foto: Carmudi/Badjo)

Kesimpulan Keunggulan dan Kekurangan Daihatsu Rocky

Kehadiran Daihatsu Rocky jelas menambah pilihan konsumen di segmen SUV kompak yang sedang banyak digemari.

Terlebih lagi mobil ini tersedia dengan pilihan varian yang sangat banyak. Konsumen jadi lebih mudah menentukan model sesuai kebutuhannya.

Keunggulan utama mobil ini jelas terdapat pada sistem keselamatan aktifnya yang canggih. Tapi di sisi lain juga ada beberapa kekurangan, misalnya tenaga mesin lebih kecil atau kabin belakang yang kalah mewah.

Dengan melihat keunggulan dan kekurangan Daihatsu Rocky di atas, setidaknya calon pemilik memiliki informasi lebih banyak sebelum menentukan pilihan.

Keunggulan & Kekurangan Daihatsu Rocky
KeunggulanKekurangan
Jumlah Varian BanyakTidak Memiliki Cruise Control
Ada Dua Pilihan MesinTenaga Mesin Biasa-Biasa Saja
Harga MurahTidak Ada Ventilasi AC Belakang
Fitur Keselamatan Aktif CanggihTidak Ada Sandaran Tangan Bangku Belakang
Pelek Berukuran 17 InciTidak Memiliki TPMS
Ground Clearance Cukup TinggiTangki Bahan Bakar Kecil
Head Unit Lebih Besar
Pelipatan Bangku Rata Lantai
Headrest Adjustable di Semua Bangku

Simak video berikut untuk mengetahui fitur-fitur canggih Daihatsu Rocky:

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts