Home » Berita » Hyundai Kona VS Honda HR-V, Mana yang Lebih Kaya Fitur?

Hyundai Kona VS Honda HR-V, Mana yang Lebih Kaya Fitur?

KOMPARASI

Jakarta – Mobil dengan kelas crossover di Indonesia setiap tahunnya semakin diminati. Segmen ini terus berkembang setiap tahun dengan banyaknya produk crossover yang selalu diluncurkan. Salah satunya adalah Hyundai Kona yang secara resmi meluncur di ajang IIMS 2019 pekan lalu.

Jika melihat peta persaingannya, Hyundai Kona memiliki beberapa lawan. Diantaranya adalah Honda HR-V, Nissan Juke, Chevrolet Trax, Suzuki SX-4 S-Cross, Mazda CX-3, dan Toyota C-HR. Namun, kami akan mengupas lebih dalam antara Hyundai Kona dengan Honda HR-V. Mengapa melawan HR-V? Secara kuantitas, Honda HR-V menjadi crossover yang cukup banyak dibeli masyarakat Indonesia.

Honda BR-V
Honda HR-V/photo: HPM

Jika membandingkan dari harga, mobil ini termasuk lebih mahal dibanding Hyundai Kona untuk HR-V termahal. Honda HR-V sendiri dijual mulai dari Rp 284,5 jutaan hingga Rp 400 jutaan. Sedangkan Hyundai Kona ditawarkan mulai dari Rp 363,9 jutaan. Bagi Anda yang hendak mencari mobil baru, semoga artikel ini dapat menjadi referensi sebelum membeli mobil.

Eksterior Honda HR-V

PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis varian terbaru Honda HR-V pada 2018 silam. Mobil berpenumpang 5 orang ini mengusung jargon ‘Nothing But Outstanding’. Dimana jargon tersebut memiliki makna sebagai mobil yang kental dengan aura maskulin nan sporty.

HR-V ini punya eksterior yang cukup elegan dan sporty. Karakter yang diberikan oleh Honda ini memang menyasar target market kepada jiwa muda yang gemar petualangan.

Jika dilihat dari depan, mobil ini memiliki gril besar yang terbentang diantara lampu. Untuk tipe terendah, mobil ini memakai lampu LED yang disertai DRL. Sedangkan tipe termahal sudah memakai lampu projector dengan DRL yang membuatnya terlihat mewah.

Di bagian samping, Honda membuat HR-V ini sekilas mirip dengan mobil coupe. Lokasi handle pintu belakang terletak di atas. Desain inilah yang membuat banyak orang jatuh hati kepada mobil ini.

Honda BR-V
Honda HR-V/photo: HPM

Di bagian belakang, HR-V punya desain yang menurut kami biasa saja. Tetapi, estetika yang diberikan pada paduan lampu dan posisinya membuat mobil ini terlihat menarik. Lampu belakang sudah memakai LED, sedangkan seinnya menggunakan bohlam biasa. Diantara lampu, juga terdapat aksen krom dan juga ada rear spoiler di bagian atas.

Interior Honda HR-V

Honda menawarkan dua varian pada model HR-V ini, yakni mesin 1.500 cc dan 1.800 cc. Keduanya tentu memiliki perbedaan di bagian interiornya. Untuk tipe 1.8 interiornya sudah memakai bahan semi kulit di setiap joknya.

Untuk varian termahal, interiornya di desain dengan dua warna, beige dan hitam. Selain itu, yang membedakan adalah adanya panoramic roof yang dapat dibuka dengan elektronik. Interior inilah yang membedakan HR-V tipe termahal dengan tipe lainnya.

Honda BR-V
Honda HR-V/photo: HPM

Secara desain, interior Honda HR-V sangat menarik. Nuansa mewah, elegan berpadu dengan kecanggihan teknologi ala Honda. Dashboardnya terlihat asimetris, justru hal inilah yang menjadi kelebihan dari Honda HR-V. Pada lingkar kemudi yang dilapisi kulit asli terdapat tombol di bagian kiri dan kanan untuk melakukan pengaturan.

Yang cukup menarik adalah desain dari kisi-kisi AC. Kisi ac Honda HR-V di sebelah kiri dibuat memanjang. Jika Anda ingat dengan BMW E36, model kisi-kisi ac nya terlihat serupa, lho.

Honda BR-V
Honda HR-V/photo: HPM

Yang membedakan adalah kisi-kisi Honda BR-V di sebelah kiri ini ac semua, sedangkan BMW E36 tidak. Di bagian tengah, terdapat head unit layar sentuh yang dibekali dengan banyaknya fitur entertainment. Di bagian bawah head unit terdapat pengaturan AC yang sudah menggunakan model digital. Desain pengaturan ac ini menurut kami sangat baik, dan sedap dipandang. Di sebelah kanan pengaturan ac, merupakan tombol start/stop button.

Head Unit dengan Fitur Berlimpah

Head unit yang menempel pada dashboard ini berukuran 8 inci dengan desain floating, mirip kepunyaan Honda CR-V. Head unit ini dapat digunakan untuk memutar radio, MP3, konektifitas smartphone, USB, AUX, dan bluetooth. Head unit ini juga kompatibel dengan iPhone dan Android untuk melakukan mirroring. Layar yang besar ini juga dapat memberikan visibilitas pengendara saat sedang melakukan parkir mundur.

Honda BR-V
Honda HR-V/photo: HPM

Layar tersebut akan menampilkan posisi mobil pada saat mobil sedang mundur. Selain punya fitur berlimpah, mobil ini juga memiliki 6 buah speaker. Dengan banyaknya speaker yang dijejalkan, kenyamanan pengguna sudah pasti akan menjadi lebih baik.

Instrumen cluster pada Honda HR-V juga menampilkan informasi yang cukup lengkap. Oya, setirnya juga dapat diatur naik-turun dan maju-mundur. Jok pengemudi juga dapat diatur ketinggiannya. Di bagian bawah, mobil ini juga diberikan pedal dengan desain sporty memakai alumunium berwarna silver.

Mesin Honda HR-V

HPM menawarkan dua pilihan mesin, 1.500 cc dan 1.800 cc. Untuk mesin 1.500 cc, 4 silinder, i-VTEC ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 118 hp dengan torsi maksimal 145 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi, manual 6 percepatan dan CVT. Lalu, untuk mesin berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder, i-VTEC mampu mengeluarkan tenaga 137 hp dengan torsi 169 Nm. Mesin ini hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi CVT saja.

Sebagai crossover dengan harga yang cukup mahal, Honda HR-V menawarkan paddle shift pada tipe tertingginya. Sensasi balap dan sporty akan cukup terasa saat Anda menggunakan ini di tengah perjalanan Anda. Mesin tersebut juga sudah lolos uji emisi Euro4. Soal tenaga yang dihasilkan dan kararkter mesinnya memang terasa cukup halus. Ketika di kick down, tenaga yang dihentakkan ternyata cukup besar terlebih varian 1.8.

Fitur Keamanan Honda HR-V

Soal fitur keamanan, Honda HR-V ini dibekali dengan 6 airbag di tipe tertinggi. Sedangkan pada varian standard, hanya terdapat 2 airbag. Ada juga rem tangan elektronik, brake override system, emergency stop signal, HSA, motion adaptive EPS. Selain itu, ia juga masih dibekali dengan ABS, EBD, brake assist, dan mobil ini telah mendapatkan predikat mobil ASEAN NCAP dengan 4 bintang. Cukup lah untuk membuat penggunanya merasa aman saat berkendara.

Lalu, berapa harga lengkapnya? Honda HR-V 1.5 tipe S MT dibanderol Rp 284,5 juta, Honda HR-V 1.5 tipe S CVT Rp 294,5 juta, 1.5 tipe E CVT Rp 317,8 juta dan 1.5 tipe E CVT Special Edition seharga Rp 334,5 juta. Sedangkan untuk tipe tertinggi, yakni 1.8 Prestige dibanderol Rp 400 juta. Sebagai sebuah crossover, harga yang ditawarkan oleh HR-V sebenarnya cukup mahal jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Honda BR-V
Honda HR-V/photo: HPM

Tetapi, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Honda HR-V ini. Kelebihannya adalah desain yang modern, elegan dan kenyamanan kabin yang cukup baik. Kekurangan dari mobil ini ada di bagian suspensi. Suspensi yang dihasilkan tergolong sangat keras, sehingga kurang nyaman saat melibas jalur berlubang atau jalan rusak. Lalu, bagaimana dengan sang pendatang baru? Hyundai Kona.

Eksterior Hyundai Kona

Sebagai pendatang baru, Hyundai Kona menawarkan desain yang cukup anti mainstream. Bodinya khas crossover, namun mobil ini benar-benar memberikan kesan tangguh. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya over fender berwarna hitam doff yang ada di samping. Selain itu, bagian bawah bumper depan dan belakang juga dilabur aksen hitam doff. Sebenarnya Honda HR-V juga memiliki aksen hitam doff yang sama, tetapi besarnya over fender Hyundai Kona membuatnya terlihat lebih tangguh.

Hyundai Kona
Hyundai Kona

Jika melihat dari bagian depan, mobil ini punya bentuk yang cukup aneh bagi yang tidak terbiasa. Bagian atas lampunya merupakan LED, sedangkan bagian bawah sudah dibekali projector headlamp.

Kona mengusung konsep cascading grille ala bahasa desain terbaru Hyundai. Di bagian atas gril terdapat garis memanjang yang berfungsi sebagai saluran udara yang masuk ke dalam mesin. Head lamp housing Hyundai Kona juga dipadukan dengan warna abu-abu.

Di bagian samping, terdapat side sill yang dipadukan dengan warna hitam dan abu-abu doff. Sedangkan bagian belakangnya juga menggunakan warna yang sama dengan sisi samping Hyundai Kona.

Lampu belakang sudah menggunakan LED, spion juga sudah electric folding dengan LED. Juga terdapat rear spoiler di bagian belakang dengan lampu rem LED. Salah satu yang menarik adalah velgnya yang mempunyai desain cukup bagus berukuran 17 inci ini dibalut dengan ban 215/55.

Interior Hyundai Kona

Bagian interior dari Hyundai Kona ini juga cukup mewah, list pada jok dan jahitan disesuaikan dengan warna bodi. Jika membeli warna merah, jahitan dan aksen ini akan disamakan di bagian jok, tombol start-stop, kisi-kisi ac, transmisi, jahitan pada setir dan juga sabuk pengaman.

Hal seperti ini merupakan salah satu yang baru di segmen crossover. Sebelumnya belum pernah ada yang menggunakan desain interior semacam ini pada kompetitornya. Panel instrumen Hyundai Kona juga dibekali dengan layar 3,5 inci TFT LCD.

Desain dashboard pada Hyundai Kona sebenarnya terlihat biasa saja, tetapi paduan warna ini yang membuatnya bagus. Head unitnya menggunakan floating type berukuran 9 inci. Head unit ini bisa menyetel radio, mp3, aux, usb, Android dan Apple Car Play, hingga view monitor saat parkir. Mobil ini juga sudah menggunakan pengaturan ac model digital.

Hyundai Kona
Hyundai Kona

Setirnya juga dapat diatur naik-turun, maju-mundur hingga mengatur kecepatan lewat tombol cruise control. Pada Honda BR-V fitur cruise control ini tidak ditemukan. Desain kisi-kisi ac Hyundai Kona berbentuk bulat untuk sisi kirinya. Sedangkan bagian tengah berbentuk lonjong dengan tombol hazard di bagian tengah.

Performa Mesin Hyundai Kona

Untuk mesinnya sendiri, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder, Atkinson cycle, DOHC, MPi Dual CVVT. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 147 hp dengan torsi 180 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan Torque converter. Dengan layout penggerak roda depan, Kona juga dibekali dengan kapasitas bahan bakar hingga 50 liter.

Hyundai Kona
Hyundai Kona

Sayangnya, karena baru diluncurkan mobil ini belum dapat kami coba impresi berkendaranya. Namun Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mengklaim jika mobil ini sanggup memberikan kesenangan berkendara yang sangat apik. Di luar negeri, Hyundai Kona ditawarkan dengan dua pilihan mesin, 1.600 cc turbo dan 2.000 cc.

Namun yang masuk ke Indonesia hanya yang versi 2.000 cc. Hyundai beralasan hanya ingin memasukkan yang terbaik kepada konsumen di Indonesia. Bahkan fitur yang ada pada Hyundai Kona di negara asalnya ini tak ada yang mengalami kekurangan saat di Indonesia.

Fitur Keamanan Hyundai Kona

Sebagai salah satu pemain baru, Hyundai Kona mencoba menawarkan keamanan yang baik. Kona dibekali dengan airbag berjumlah 6 titik, kamera mundur, emergency stop signal, dan tire pressure monitoring system. Ada juga sensor parkir, downhill back control, HSA, ABS, dan ESC. Dengan harga Rp 363,9 juta tentunya Hyundai Kona memiliki banderol yang lebih murah jika dibanding dengan Honda HR-V. Namun ada beberapa kekurangan pada Hyundai Kona ini.

Stigma negatif tentang mobil Korea masih menjadi momok bagi Hyundai untuk menjajakan produknya. Namun, produk-produk yang diberikan oleh Hyundai jujur saja sudah sangat baik dan sangat nyaman dikendarai. Sayangnya, Hyundai Kona belum memiliki sunroof jika dibandingkan dengan Honda HR-V. Namun, jika Anda lebih mementingkan desain, Hyundai Kona ini terlihat lebih tangguh. Terlebih jika Anda memilih warna Acid Yellow sebagai hero color dari Kona ini.(dol)

Ferrari 488 Pista
Previous post
Ferrari 488 Pista Resmi Hadir di Indonesia, Apa Spesialnya?
Daihatsu
Next post
Daihatsu: Pemilu Bikin Orang Menunda Beli Mobil Baru