Berita Sepeda motor Sumber informasi

RC213V 2017, Tunggangan Anyar Marquez dan Pedrosa

Jakarta – Tim Repsol Honda resmi memperkenalkan RC213V, motor tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di ajang MotoGP 2017. Konsep motor ini sudah dikembangkan sejak 2012 lalu.

Dibanding model sebelumnya, beberapa perubahan sudah dilakukan oleh pabrikan berlogo sayap mengepak ini. Saat uji coba pramusim di sirkuit Sepang, Malaysia, Honda RC213V sudah menggunakan sasis dan mesin terbaru.

RC213V

Tim Repsol Honda (hondaracingcorporation)

Mesin yang disebut dengan ‘big bang’ ini diharapkan mampu mendongkrak kecepatan para pebalap. Berikut merupakan komponen-komponen terbaru yang dibenamkan pada RC213V untuk musim balap 2017.

Sasis

Sasis untuk musim balap 2017 sudah dimodifikasi untuk ketahanan keseimbangan. Sasis ini dirancang mencapai kesesuaian maksimal ketika menikung dan stabilitas.

RC213V

Sasis terbaru dipergunakan tim Repsol Honda di musim balap 2017 (hondaracingcorporation)

Sasis twin-spar aluminum sangat ringan dan kuat serta mampu menyesuaikan karakteristik motor. Selain sanggup mengantarkan tenaga RC213V lebih dari 180 kW ke roda belakang,  sasis ini juga di desain untuk meningkatkan daya cengkram ban.

Mesin

RC213V

Mesin ‘big bang’ digunakan pada musim balap 2017 (hondaracingcorporation)

Honda mengadopsi mesin mesin model ‘V’ 4 silinder, dengan kapasitas 1.000cc. Mesin ini mampu mengeksploitasi tenaga maksimalnya. Honda merancang mesin ini agar lebih ringan, bertenaga.

Rem dan Suspensi

Rem depan menggunakan material serat karbon lansiran Brembo. Sedangkan untuk rem depan dan belakang pada saat kondisi basah, RC213V mempercayakan pada rem cakram buatan Yutaka.

RC213V

Rem RC213V menggunakan Brembo dan Yutaka, Sedangkan suspensi dari Ohlins (hondaracingcorporation)

Motor untuk musim balap 2017, suspensi depan dan belakang disematkan suspensi buatan Ohlins. Suspensi ini memiliki kaitan penting antara roda dan sasis. Tujuannya adalah memastikan ban tetap mencengkram aspal saat goncangan yang akan terus terjadi dalam setiap putaran.

Rancangan Bodi

Bodi Motor terbaru tim repsol honda (hondaracingcorporation)

Rancangan bodi motor menggunakan material berbahan serat karbon. Material ini memiliki peranan penting dalam sistem aerodinamika RC213V. Fairing sudah dimodifikasi agar bisa memberikan keserasian performa, antara handling dan drag.

Ban

RC213V

Ban untuk ajang MotoGP 2017 disuplai oleh Michelin (hondaracingcorporation)

Ban yang dipergunakan pada ajang MotoGP kali ini secara eksklusif disokong oleh Michelin. Setiap pebalap diijinkan untuk memakai 22 buah ban slick dan 11 buah ban basah (wet) selama berlangsungnya grand prix di akhir pekan. (Zie)

Specifikasi Teknis

Overall length (mm) 2052
Overall width (mm) 645
Overall height (mm) 1.110
Wheelbase (mm) 1.435
Road clearance 115
Weight (kg) As per FIM regulations
Engine type liquid-cooled, four-stroke, DOHC 4 valve, V-4
Displacement 1.000cc
Maximum power Over 180 KW
Frame type Aluminum twin-tube
Wheels Front (inch) 17
Wheels Rear (inch) 17
Suspension Front Telescopic fork
Suspension Rear Pro-link
Fuel tank capacity (litres) 22

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts