Reviews

Konsumsi BBM Nissan Livina, Punya Mesin Sama dengan Xpander

Nissan Livina akhirnya mengalami pembaharuan setelah 12 tahun. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta – Nissan Motor Indonesia (NMI) telah meluncurkan MPV (Multi Purpose Vehicle) kembaran Xpander di Indonesia, yaitu Nissan Livina baru. Dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc, Nissan Livina ini dinilai memiliki konsumsi BBM yang irit.

Sebelum membahas soal konsumsi BBM Nissan Livina, kita ulas dulu beberapa sektor ekseterior, interior, hingga spesifikasi mesinnya.

Nissan Livina terbaru memiliki desain eskterior yang berbeda jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Namun di sisi lain banyak yang menyebut bahwa interior mobil ini terlihat mirip dengan Xpander.

Bahkan mesin Nissan Livina sendiri sama dengan yang dipakai oleh Xpander.

Nissan Livina terbaru dibenamkan mesin 4 silinder segaris, DOHC dan Twin VTC (Variable-vale Timing Control).

Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 102 hp pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Tenaga mesin ini nantinya disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Namun, Livina terbaru tidak dibekali dengan sistem CVT pada transmisi otomatisnya. Hal ini menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki mobil tersebut.

Konsumsi BBM Nissan Livina Terbaru

Konsumsi BBM Nissan Livina terbaru dinilai irit. (Foto: Instagram)

Berdasarkan pengujian Nissan Livina terbaru oleh reviewer Carmudi mobil ini memiliki konsumsi BBM yang termasuk irit di kelasnya.

Nissan Livina terbaru memiliki catatan konsumsi BBM 11,5 km per liter dengan kecepatan rata-rata 21 km per jam. Rute yang diambil adalah rute kombinasi tol, jalan macet, dan idle saat shooting yang menempuh jarak 700 km.

Selain itu, untuk pemakaian di luar kota, konsumsi BBM Livina terbaru mencapai 16 km per liter, sedangkan konsumsi BBM ECO driving-nya sebesar 20–21 km per liter dengan kecepatan 70-80 km per jam.

Jika dibandingkan dengan Mobilio atau Ertiga, konsumsi BBM luar kota Nissan Livina terbaru ini sedikit di bawah kedua mobil tersebut.

Akselerasi Nissan Livina Terbaru

Dilansir dari Youtube Carmudi, kecepatan 0-60 km per jam, Nissan Livina terbaru melesat dalam waktu 5,2 detik, sedangkan dari 0 hingga 100 km per jam, mobil tersebut mencatat waktu 12,2 detik.

Saat Livina terbaru dibawa melaju pada kecepatan 0-100 km per jam, mobil ini mencatat waktu di angka 12,2 detik.

Selain itu, pada kecepatan 40-80 km per jam, Livina terbaru melesat dalam waktu 5,4 detik, sedangkan untuk kecepatan 0-402 meter, mobil tersebut mencatat angka waktu 18,8 detik.

Tips Menghemat Konsumsi BBM Nissan Livina Terbaru

All New Nissan Livina

Tampilan All New Nissan Livina berbeda dibandingkan model sebelumnya. (Foto: Santo/Carmudi)

Jika melihat review di atas, tidak ada yang istimewa dari Nissan Livina pada bagian konsumsi BBM-nya. Bagi pengguna mobil ini, terdapat tips agar konsumsi BBM agar bisa tetap irit, yaitu dengan menerapkan teknik ECO driving.

Ini merupakan teknik mengemudi yang fokus pada efisiensi penggunaan bahan bakar mobil.

Tidak hanya mengoptimalkan konsumsi BBM-nya, tetapi juga untuk mencegah risiko kecelakaan di jalan raya, sehingga ECO driving menjadi salah satu teknik penting yang wajib dimiliki setiap pengemudi.

Berikut Carmudi rangkum beberapa poin penting dalam menerapkan ECO driving pada Nissan Livina terbaru yang dilansir dari berbagai sumber.

  • Menekan pedal gas secara perlahan. Jangan mulai berkendara dengan akselerasi tinggi karena memakai konsumsi BBM mobil yang berlebihan.
  • Tidak mengandalkan mesin dengan putaran Rpm yang tinggi. Disarankan untuk membatasi pindahan gigi pada putaran mesin 2.000 rpm untuk membuat konsumsi BBMnya tetap optimal.
  • Jika melalui jalanan yang macet, sebaiknya menekan pedal gas dengan halus dan manfaatkan engine break untuk mengerem.
  • Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan sekitar 2-3 meter.
  • Saat idling, hindari mesin mobil menyala terlalu lama.
  • Jangan agresif saat mengemudi.
  • Di kecepatan tinggi, jangan lupa menutup jendela. Ini bertujuan untuk menjaga kestabilan mobil.
  • Hindari lakukan posisi kaki setengah kopling yang terlalu sering.

Jika ingin menerapkan teknik ECO driving ini dalam sehari-hari, pengguna Livina terbaru perlu melakukan beberapa hal.

Pertama, gunakan bahan bakar sesuai dengan oktan yang disarankan. Kedua, selalu periksa tekanan angin ban dan hindari membawa muatan yang berlebihan.

Terakhir, jangan lupa untuk lakukan servis mobil secara berkala. Ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada Nissan Livina terbaru saja, tetapi juga bisa diterapkan pada mobil Nissan lainnya.

Spesifikasi Nissan Livina Terbaru 2020

Review Spesifikasi dan Harga Nissan Livina Baru 2019

Review Spesifikasi dan Harga Nissan Livina terbaru. (Foto: Ilustrasi)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Nissan Livina terbaru memiliki desain eksterior berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pada bagian muka, disematkan gril V-Motion dan aksen V tebal berupa krom silver. Selain itu, turut disematkan lampu depan dengan teknologi LED dan DRL berbentuk bumerang yang merupakan desain khas Nissan.

Di bawahnya, terdapat lampu utama, di mana bentuknya sekilas terlihat mirip dengan Xpander yang mengandalkan halogen biasa.

Pada bagian kaki-kaki, Livina terbaru menggunakan pelek berukuran 16 inci dengan motif two tone machining. Sedangkan di bagian belakang, sudah disematkan lampu LED kombinasi yang berdesain modern dan dapat memberikan pencahayaan maksimal.

Tidak ketinggalan, disematkan juga fitur kamera dan sensor parkir untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi saat parkir mundur.

Nissan Livina

Interior All New Nissan Livina. (Foto: Ilustrasi)

Di sisi lain, banyak yang bilang bahwa interior Nissan Livina terbaru mirip dengan interior Xpander. Livina terbaru memiliki ruang kabin yang berukuran luas dan nyaman.

Kenyamanan interior Livina terbaru dapat dirasakan dengan adanya jok kursi yang sudah dibalut dengan bahan kulit berkualitas tinggi di setiap baris.

Sebagai mobil keluarga dengan kapasitas penumpang hingga 7 orang, mobil tersebut juga memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan barang bawaan.

Beralih ke bagian dasbor, desainnya terlihat stylish dan dinamis. Disematkan panel instrumen di belakang setir kemudi serta MID (Multi Informastion Display).

Selain itu, setir kemudinya sendiri sudah dilengkapi dengan fitur tilt dan teleskopik. Tidak ketinggalan, di sebelah kanannya, disematkan tombol start/stop engine untuk menyalakan mesin dan tombol pengaturan spion.

Tidak hanya itu, Livina terbaru juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan model sebelumnya.

Untuk fitur keselamatannya, terdapat fitur Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control, dan Traction Control yang dapat melindungi serta meningkatkan rasa percaya diri pengemudi saat berkendara.

Mobil ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur kenyamanan berupa head unit dengan touch screen atau layar sentuh berukuran 7 inci. Pada head unit tersebut, terdapat fitur koneksi ke smartphone penumpang (Apple Car Play dan Android Auto).

Di sisi lain, ruang kabin yang senyap telah didukung enam buah speaker, AC manual, serta power outlet 12 V di setiap barisnya.

Harga Nissan Livina Terbaru 2020

Nissan Livina terbaru ditawarkan dalam 5 tipe di Indonesia. Berikut Carmudi rangkum daftar harga Nissan Livina terbaru 2020 On The Road (OTR) Jakarta.

  • 1.5 E MT Rp208,3 juta
  • 1.5 EL MT Rp231,8 juta
  • 1.5 EL AT Rp242,8 juta
  • 1.5 VE AT Rp259,4 juta
  • 1.5 VL AT Rp272,1 juta

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Adu Keren Nissan Livina Sporty Package dan Mitsubishi Xpander Black Edition

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts