Event Mobil

Layanan Purna Jual Mitsubishi Paling Memuaskan Konsumen di Indonesia

Penghargaan J.D Power menjadikan Mitsubishi paling memuaskan konsumen (Foto: Carmudi)

Jakarta – Kepuasan konsumen jadi tolok ukur keberhasilan suatu layanan purna jual dari agen pemegang motor. J.D Power sebagai lembaga riset baru saja merilis data Mass Market Customer Service Index (CSI) 2018. Dalam penilaian J.D Power, Mitsubishi paling memuaskan konsumen.

Studi ini dilakukan J.D Power kepada 2.827 pemilik kendaraan yang melakukan pembelian pada periode Maret 2015 hingga Juli 2017 kemudian melakukan servis kendaraan pada Periode Maret 2017 hinga Juli 2018.

Terdapat lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan ketika melakukan perbaikan kendaraan di diler, yaitu: Kualitas Service (24%), Inisiasl Service (20%), Pengambilan Kendaraan yang telah di service (19%), Service Advisor (19%) dan fasilitas service (18%).

Dalam survei itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Distributor resmi kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meraih skor tertinggi yaitu 817 poin. Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang Iebih tinggi menunjukkan kepuasan yang Iebih tinggi.

“Kesuksesan sebuah perusahaan adalah kepuasan dari seluruh pelanggannya. ’Customer Obsession’ menjadi salah satu fokus utama dari PT. MMKSI yang tidak terbatas pada produk berkualitas dan tenaga penjual yang handal, namun termasuk Iayanan puma jual yang prima,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Seremoni penyerahan penghargaan diserahkan oleh Kaustav Roy selaku Regional Director, Automotive Practice J.D Power dan diterima oleh Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur PT MMKSI di kantor PT MMKSI Pulomas pada 24 Oktober 2018. Penilaian dari J.D Power kepada Mitsubishi telah dilakukan sejak 2011 dan tahun ini pabrikan berlogo tiga berlian mencapai nilai tertinggi. Terakhir, Mitsubishi paling memuaskan konsumen di tahun 2014 lalu.

“Hasil tahun 2018 adalah yang tertinggi. Keramahan, kecepatan, dan ketelitian, adalah hal yang kami janjikan dalam layanan Mitsubishi. Sejalan dengan berkembangnya populasi mobil Mitsubishi, hingga akhir fiskal year 2018 kami berencana membuka total 315 dealer di seluruh Indonesia, tambah Irwan Kuncoro Direktur Sales dan Marketing PT MMKSI.

Aftersales Mitsubishi Paling Memuaskan Konsumen

kartu booking service mitsubishi

Kartu Service Booking pengguna Mitsubishi Xpander (Foto: Enda/Carmudi)

PT MMKSI menyiapkan layanan purna jual yang lengkap untuk memudahkan pelanggan dalam perawatan berkala. Jaringan dealer terus bertambah untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.

MMKSI telah memperluas jaringan diler khusus kendaraan penumpang Mitsubishi, dengan total saat ini 122 diler di seluruh Indonesia. Direncanakan 143 diler kendaraan penumpang Mitsubishi akan diresmikan hingga akhir Maret 2019 mendatang.

MMKSI juga mengembangkan layanan mobile apps untuk pengguna smartphone (android maupun ios) My Mitsubishi Motors ID. Aplikasi ini bisa digunakan dalam melakukan service booking, yaitu kemudahan dalam pengaturan jadwal kunjungan service ke dealer resmi.

“Konsumen baru itu akan sangat sensitif, beda dengan konsumen lama yang punya loyalitas. Tahun ini dan tahun depan akan datang ke dealer dan workshop untuk melakukan perbaikan, kami harus menjadikan mereka puas. Bila mereka puas akan menjadi loyalis, sekali tidak puas akan beralih ke merek lain,” jelas Irwan.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts