Berita Mobil Sumber informasi

Merek Mobil yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia, Bukan Toyota

Jakarta – Penjualan mobil Toyota di Indonesia selalu menduduki peringkat teratas tiap tahunnya. Tapi lucunya Toyota bukanlah merek mobil yang paling banyak dicari oleh orang Indonesia lewat mesin pencari Google, melainkan merek lain yaitu Honda. Itu dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh perusahaan asuransi Veygo.

Baru-baru ini Veygo melakukan survei merek mobil yang paling diinginkan di seluruh dunia dengan menganalisis data penelusuran Google selama 12 bulan terakhir.

Daftar mobil paling banyak dicari di Google (Foto: Veygo)

Menariknya, meski bukan menjadi merek mobil paling banyak dicari oleh orang Indonesia di Google, tapi bila ditotal dari seluruh negara yang ada di dunia, Toyota menduduki peringkat teratas. Sebagaimana dilaporkan Veygo, Toyota sangat mendominasi pencarian sekaligus tercatat sebagai merek yang paling dicari di 57 dari 171 negara.

Toyota menduduki puncak pencarian di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Finlandia, dan Filipina.

Baca juga: Toyota Masih Jadi Merek Otomotif Paling Berharga di Dunia

Sedangkan di bawah Toyota terdapat merek BMW unggul di 25 negara dan Mercedes Benz di 23 negara. Toyota juga yang paling dicari secara global dengan 7,8 juta pencarian per bulan diikuti oleh Honda 7 juta dan Ford 6,4 juta.

Lamborghini, merek mobil sport mewah dengan harga miliaran ternyata memiliki cukup banyak pengemar. Produsen mobil asal Italia itu masuk dalam daftar merek mobil paling dicari di dunia. Tercatat sebanyak 12 negara termasuk Venezuela mencari Lamborghini di Google. Tesla menjadi merek mobil yang paling banyak dicari lewat Google di tujuh negara, termasuk Norwegia, Belanda, dan Hong Kong.

Sementara ada beberapa merek mobil yang rendah pencariannya di negara lain tapi tinggi di negara asalnya. Mereka adalah Renault paling banyak dicari oleh orang Prancis di Google, ada juga Mercedes Benz di Jerman, Maruti Sazuki di India, dan Perodua di Malaysia, serta Volvo di Swedia.

Metodologi Penelitian

Dalam menentukan daftar merek mobil paling banyak dicari di masing-masing negara, perusahaan asuransi Veygo menggunakan alat penjelajah kata kunci di ahrefs.com. Dari situ akan terkuak jumlah merek mobil paling banyak dicari di Google setiap bulannya.

Perusahaan hanya fokus kepada 42 merek merek mobil paling populer di dunia di 171 negara. Perusahaan sengaja menggunakan ahrefs.com sebab lebih akurat daripada Google Keyword Planner.

Data volume pencarian Ahrefs.com dikumpulkan dari clickstream kemudian disatukan dengan data volume pencarian yang terdeteksi oleh Google Keyword Planner. Dari situ akan keluar merek mobil yang paling banyak dicari di Google berdasarkan negara.

Toyota Masih Jadi Merek Otomotif Paling Berharga

Lembaga konsultasi merek terkemuka, Interbrand kembali menggumumkan 100 brand internasional terbaik 2018. Toyota menjadi merek otomotif teratas menduduki peringkat ketujuh secara keseluruhan (100 brand), dengan merek Apple, Google, Amazon, Microsoft, Coca Cola, dan Samsung berada di depannya. Dibawah Toyota ada Mercedes-Benz yang mengalami pertumbuhan nilai merek sekitar 2 persen di 2018.

BMW mengalami sedikit penurunan nilai merek sebesar 1 persen dan tidak berubah dari posisi ke-13 secara keseluruhan. Sementara Honda, menduduki posisi ke 20 dengan peningkatan nilai merek 4 persen, Ford di posisi 35 dan Hyundai di urutan 36.

Posisi Nissan, Volkswagen, dan Audi, saling berdekatan satu sama lain dengan menempati posisi ke-40, 41 dan 42. Porsche menduduki posisi ke-52 dari 100 brand terkemuka di dunia. Kia di posisi ke-71 dan Land Rover di angka nomor 78.

Ferrari dinobatkan sebagai perusahaan otomotif paling tinggi pertumbuhan nilai mereknya yaitu 18 persen. Meski begitu pabrikan mobil sport mewah asal Italia itu harus puas berada di posisi ke-80.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts