Berita

Mobil Listrik Wuling Laris Manis, Pimpin Pasar di Dua Bulan Pertama 2024

Jakarta – Mobil listrik Wuling Motors (Wuling) punya keunggulan tersendiri, tak heran jika penjualannya sangat laris manis bahkan menjadi pemimpin pasar kendaraan listrik di Indonesia.

Wuling mulai berkecimpung di pasar kendaraan listrik di Indonesia sejak 2022 diawali dengan kemunculan si mungil, Air ev. Mobil berdimensi kecil ini resmi meluncur pada Agustus 2022 di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Baca Juga: Deretan Mobil Baru Wuling Selama 2023 Lengkap dengan Harga Terbaru (Part 1)

Mobil Listrik Wuling

Mobil listrik Wuling berhasil memimpin pasar kendaraan listrik di Indonesia

Ada dua varian Air ev yang ditawarkan kala itu, yakni Standard Range dan Long Range. Kedua varian tersebut di awal kehadirannya dijual dengan harga Rp200 jutaan.

Seolah tak puas hanya punya dua varian, Wuling lantas mendatangkan satu varian baru, yakni Air ev Lite pada Agustus di GIIAS 2023. Varian ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau ketimbang dua varian terdahulu.

Kala itu harganya dibawah Rp200 juta setelah mendapatkan potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen.

Masih di tahun yang sama tepatnya pada November 2023, Wuling kembali mendatangkan produk baru yang bermain di segmen kendaraan listrik, yakni BinguoEV.

Peluncuran resmi dari hatchback listrik tersebut baru dilakukan satu bulan kemudian. Di awal kedatangannya ada dua varian yang dipasarkan, yaitu Long Range dan Premium Range dengan harga Rp300 sampai Rp400 jutaan.

Mobil Terlaris 2023

Kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia, Air ev, untuk beragam kebutuhan turut ditampilkan di GIIAS 2023

Demi dapat memperluas pasar, Wuling mendatangkan BinguoEV versi termurah pada pertengahan Januari 2024. Varian baru yang diberi nama Long Range AC ini masih dibanderol di angka Rp300 jutaan tapi lebih murah dari varian di atasnya.

Penjualan Mobil Listrik Wuling

Kehadiran Wuling Air ev dan BinguoEV memberikan warna baru di segmen kendaraan listrik nasional.

Menariknya kedua mobil tanpa emisi tersebut mampu memikat hati banyak orang. Hal ini ditunjukkan melalui perolehan penjualan yang sangat positif terhitung sejak awal kedatangannya.

Wuling Air ev misalkan, mampu menorehkan penjualan lebih dari 12 ribu unit sejak awal diluncurkan hingga akhir 2023.

Memasuki 2024 penjualan Air ev masih menunjukkan capaian yang positif.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Varian Wuling Air EV, Terbagi Berdasarkan Jarak Tempuh

BinguoEV

Mobil listrik Wuling punya keunggulan tersendiri, tak heran jika penjualannya sangat laris manis bahkan menjadi pemimpin pasar kendaraan listrik di Indonesia. (Foto: Wuling)

Berdasarkan data penjualan retail (dari diler ke konsumen) yang dimiliki oleh Wuling, Air ev pada Januari 2024 terjual sebanyak 212 unit kemudian tumbuh cukup tajam di Februari dengan perolehan sebesar 262 unit.

Secara akumulatif penjualan retail Air ev periode Januari-Februari sebanyak 474 unit.

Sementara jika menilik penjualan retail BinguoEV pada Januari di tahun yang sama tembus 700 unit atau tepatnya 793 unit. Memasuki Februari dengan hari kerja yang lebih pendek dari bulan sebelumnya, BinguoEV masih tetap mampu menorehkan penjualan yang baik di angka 505 unit.

Total penjualan dari mobil listrik terbaru Wuling satu ini sepanjang dua bulan pertama 2024 mencapai 1.298 unit.

Jika penjualan retail Air ev dan BinguoEV digabung maka totalnya mencapai 1.772 unit atau menguasai 59 persen pangsa pasar kendaraan listrik secara nasional.

Di sisi lain, total penjualan Wuling Air ev dan BinguoEV secara wholesales (dari pabrik ke diler) pada periode yang sama angkanya lebih besar, yakni 2.761 unit dengan market share sebesar 78 persen.

Bila dirinci berdasarkan model, Wuling Air ev pada Januari mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 6 unit sedangkan di bulan berikutnya meningkat menjadi 451 unit.

Harga Wuling Binguo EV Terjangkau

Wuling Binguo EV Long Range 333 KM AC Mousse Green (Foto: Wuling)

Secara total penjualan wholesales Air ev selama Januari-Februari mencapai 457 unit.

BinguoEV pada awal bulan tahun ini berhasil terdistribusi ke diler sebanyak 1.876 unit, kemudian di Februari 428 unit. Total wholesales yang diraihnya di dua bulan pertama 2024 sebesar 2.304 unit.

Berkaca dari perolehan angka penjualan yang diraih oleh kedua model mobil listrik Wuling tersebut bisa dikatakan sangat cemerlang. Berkat keduanya pula Wuling berhasil memimpin segmen kendaraan listrik di Indonesia pada Februari di tengah pasar yang menurun.

Wuling Air ev berhasil menduduki peringkat pertama dalam hal penjualan di pasar kendaraan listrik Indonesia periode Februari, sedangkan BinguoEV tepat di bawahnya atau berada di peringkat kedua.

Keuntungan Membeli Mobil Listrik Wuling

Berbagai keuntungan bisa didapat oleh konsumen bila membeli mobil listrik Wuling, baik itu Air ev maupun BinguoEV.

Baca Juga: Harga Binguo EV Turun, Ada Varian Baru Lebih Terjangkau

Pasar Mobil Listrik Wuling

Interior Wuling Binguo EV bernuansa cokelat dan putih (Foto: Santo/Carmudi)

Garansi Seumur Hidup

Bisa membuat konsumen merasa tenang dan tanpa rasa khawatir selama memiliki mobil listrik Wuling. Pasalnya pabrikan berlogo lima berlian itu memberikan garansi seumur hidup atau Lifetime Core EV Component Warranty. Garansi ini berlaku untuk komponen inti kendaraan listrik yang terdiri dari power battery, drive motor, dan motor control unit.

Hemat Biaya

Hemat biaya perawatan dan pemeliharaan serta hemat pemakaian listrik selama berkendara.

Pajak Tahunan Ringan

Biaya pajak tahunan mobil listrik Wuling sangat ringan sehingga bisa irit pengeluaran.

Punya Jarak Tempuh Jauh

Wuling Air ev sudah dibekali dengan baterai tipe Lithium Ferro-Phosphate; IP67 rating. Kapasitas baterainya 26.7 kWh untuk varian Long Range dan 17.3 kWh pada varian Standard Range dan Lite.

Baca Juga: Wuling Air Ev Tawarkan Kemudahan Dan Kepraktisan Bagi Penggunanya

Pasar Mobil Listrik Wuling

Dasbor Wuling Air ev (Foto: Wuling)

Dengan kapasitas baterai tersebut masing-masing varian Air ev dapat menempuh jarak sejauh 300 km dan 200 km.

Sementara BinguoEV menggunakan baterai tipe Lithium Ferro-Phosphate;IP67 Rating. Varian Premium Range punya baterai berkapasitas 37.9 kWh dengan kemampuan berjelajah hingga 410 km sedangkan varian Long Range dan Long Range AC sama-sama dibekali baterai berkapasitas 31.9 kWh yang memiliki jarak tempuh terjauh 333 km.

Harga Lebih Murah

Keuntungan selanjutnya yang tak kalah menarik, yaitu harganya lebih murah berkat insentif PPN sebesar 10 persen dari pemerintah.

Insentif tersebut diperoleh karena mobil listrik Wuling sudah diproduksi di Indonesia dan mampu memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40 persen sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dengan beberapa keuntungan tersebut wajar saja bila Air ev maupun BinguoEV laris manis di pasar dalam negeri.

Pasar Mobil Listrik Wuling

Mobil listrik Wuling pimpin pasar kendaraan listrik di dua bulan pertama 2024 (Foto: Carmudi)

Daftar Harga Mobil Listrik Wuling

Dua model mobil listrik Wuling saat ini hanya dikenakan PPN sebesar 1 persen saja. Tentunya hal ini berimbas pada pengurangan harga jualnya.

Berikut daftar harga on the road Jakarta mobil listrik Wuling sesudah dan sebelum mendapat insentif PPN dari pemerintah, sebagaimana dikutip Carmudi dari situs web Wuling Indonesia.

Wuling Air ev

  • Air ev Long Range Rp275 juta (sebelumnya Rp302,5 juta)
  • Air ev Standard Rp224 juta (sebelumnya Rp246 juta)
  • Air ev Lite Rp190 juta (sebelumnya Rp209 juta)

Baca Juga: Mengulik Fitur Wuling Binguo EV, Bikin Berkendara Nyaman dan Aman

Angka Pemesanan Wuling Binguo EV

Wuling Binguo EV Galaxy Blue (Foto: Santo/Carmudi)

Wuling BinguoEV

  • BinguoEV Premium Range – AC/DC Rp372 juta (sebelumnya Rp408 juta)
  • BinguoEV Long Range – AC/DC Rp326 juta (sebelumnya Rp358 juta)
  • BinguoEV Long Range – AC Rp317 juta (sebelumnya Rp348 juta).

Miliki sekarang juga mobil listrik Wuling, segera kunjungi diler resmi terdekat. Saat ini Wuling telah memiliki 150 diler yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *