Modifikasi

Modifikasi Ala Rally Look, Sederhana Tapi Fungsional

AP4 rally

Konsep Modifikasi Rally Look selalu punya penggemar

Tren modifikasi mobil di Indonesia sangat beragam, mulai dari yang sederhana sampai yang ekstrim. Dari sekian banyak tema modifikasi, ubahan ala rally look masih tetap bertahan lintas zaman. Ubahan pada mobil ini dilakukan untuk meningkatkan penampilannya agar tidak lugu dan standar.

Rally style biasanya banyak diadopsi pemilik mobil lama, namun saat ini gaya tersebut kembali naik daun. Panduan modifikasi untuk mengubah mobil menjadi bergaya rally look hanya butuh memasang tiga aksesoris pendukung.

Bagi pemilik mobil dengan budget terbatas namun ingin penampilannya bergaya balap, rally look ini bisa jadi pilihan yang tepat. Waktu pengerjaan juga relatif singkat dan tidak harus mengubah karakter dasar mobil.

Konsep rally look bahkan sempat memenangkan kontes modifikasi virtual Honda Brio yang digelar oleh Honda di tahun 2018 lalu. Rally look terpilih karena konsep ini tidak mengubah desain atau karakter Honda Brio secara ekstrim.

Jenis Modifikasi Rally Look

Celica GT-Four menjadi ikon rally era 90-an

Gaya modifikasi rally look secara umum terbagi dua, yaitu tarmac dan gravel. Tarmac itu merupakan balap reli yang digelar di lintasan aspal. Sementara untuk gravel, balap reli yang melewati jalan offroad.

Dari dua konsep balap tadi ternyata memakai velg dan ban yang juga berbeda. Untuk tarmac, karena balapannya di aspal maka biasanya menggunakan velg ring 15 inci, 16 inci, atau 17 inci.

Lain lagi untuk reli di gravel, butuh lebih kecil. Umumnya modifikasi reli gravel memakai velg ring 14 inci atau 15 inci.

Sedangkan untuk ban yang dipakai, konsep rally look jenis tarmac bisa menggunakan ban biasa, menyesuaikan ukuran velg saja. Sedangkan untuk jenis rally look gravel, sebaliknya menggunakan ban yang lebih kasar atau semi offroad.

Karakteristik Berbeda Mobil Rally Tarmac atau Gravel

Hyundai i20 dengan tampilan baru lebih sporty. Foto: Dony Lesmana.

Untuk reli tarmac, umumnya ground clearance mobil lebih rendah, karena jalur yang dilalui juga relatif rata. Sementara balap reli gravel, jarak terendah ke tanah sebaiknya dibuat lebih tinggi. Tujuannya agar lebih mudah melalui jalur-jalur berbatu yang bergelombang atau tidak rata.

Pelek jenis tarmac dan gravel juga memiliki perbedaan. Pada Tarmac, bagian palangnya lebih panjang sehingga rongga lebih besar, fungsinya untuk mendinginkan rem lebih optimal. Bobot velgnya juga lebih ringan.

Sementara pelek untuk reli di gravel, bagian palangnya berukuran pendek-pendek. Fungsinya untuk meredam guncangan di jalan yang tidak rata. Bobotnya juga lebih berat dibanding pelek tarmac karena tuntutan durabilitas di jalan kasar tadi.

Aksesoris Pendukung Modifikasi Rally Look, Tidak Sulit Dicari

Toyota Starlert

Toyota Starlert On Progress menjadi mobil Rally/Foto/Carmudi Indoensi/Ben

Dalam modifikasi bertema rally look ini cukup mudah digarap, dan bisa dikerjakan nyicil misalnya saja, memasang velg dan menyetel per dahulu, kemudian memasang lampu sorot, dan terakhir mengaplikasikan stiker decal. Aksesorisnya pun banyak tersedia di bursa mobil.

Lampu sorot

Pemasangan lampu sorot jadi hal wajib di modifikasi rally look (foto: NMAA)

Paling utama, mobil-mobil reli pasti memasang lampu tembak atau lampu sorot tambahan di depan.
Lampu sorot yang terpasang di antara grille dan bumper depan ini adalah salah satu gaya andalan yang wajib digunakan pada rally look.

Tujuannya untuk memberi penerangan maksimal saat balapan di malam hari. Setidaknya, sepasang lampu tembak tambahan perlu ada di mobil reli.

Untuk tema rally look, pemilik mobil perlu membekali tunggangan kesayangan dengan lampu sorot ini.
Oleh karena itu bracket dan juga wiring pada saat pemasangan harus benar-benar diperhatikan, agar tetap rapi dan tidak menyebabkan terjadinya hubungan pendek dari kabel yang berantakan.

Tidak sekedar jadi pajangan, lampu sorot ini bisa digunakan saat perjalanan luar kota ketika penerangan minim. Saat tidak digunakan, lampu sorot ini bisa ditutup cover yang biasanya tersedia ketika pembelian.

Velg dan Kaki-kaki

Velg rally look menegaskan kesan gagah dan tangguh (foto: NMAA)

Aksesoris yang semakin menegaskan gaya rally look yaitu velg. Desain velg untuk balap reli begitu khas dan hampir tidak berubah sepanjang waktu. Pilihan velg rally ini beragam, tinggal menyesuaikan ukuran fender mobil.

Jika kalian menggunakan velg berukuran 13-15 inci, maka ban yang biasa dipakai profilnya sampai 65. Untuk warna velg yang banyak dipakai modifikasi rally look adalah putih, agar terlihat kontras. Tapi tak sedikit juga pemilik mobil yang menggunakan velg warna gold, silver, dan gunmetalic.

Velg rally look ini versi tarmac biasanya hanya naik satu atau dua inci dari standar. Dengan demikian, ubahan ini masih berada dalam batas toleransi yang diberikan pabrikan.

Kenyamanan pun tidak banyak berkurang untuk penggunaan mobil sehari-hari. Di sisi lain, traksi ban ke aspal lebih baik sehingga kontrol mobil lebih optimal.

Seiring ubahan velg ini, Anda tidak perlu mengubah suspensi atau per jadi lebih ceper. Bahkan, suspensi bila perlu malah ditinggikan agar lebih gagah. Ubahan dengan velg reli dan ban lebih tipis sebenarnya cukup membuat kaki-kaki mobil tampil kekar.

Beberapa pemilik mobil dengan konsep rally gravel turut mengubah suspensi dan merancang supaya ground clearance lebih tinggi. Biasanya suspensi naik sekitar 2 cm. Ubahan ini dilakukan karena medan yang dihadapi sangat bervariasi.

Peninggian suspensi ini selain untuk menunjang tampilan, juga berguna untuk melewati jalanan yang bergelombang atau tidak rata. Ini berguna ketika mobil lewat jalan rusak bisa langsung dilewati tanpa khawatir mentok.

Mudguard

Nah, aksesoris yang satu ini juga identik dengan mobil reli. Di habitat aslinya, sebagian besar mobil rally ini berkompetisi di atas tanah alias gravel.

Mudguard berukuran lebih panjang berguna untuk menahan cipratan lumpur yang mental dari ban. Bila untuk mobil harian, mudguard ini bisa meminimalisi cipratan becek kala hujan supaya tidak langsung mengenai kendaraan di belakang.

Pilihan untuk kepet ini bisa juga kalian custom sendiri dengan membeli karpet tebal dan dipotong sesuai keinginan dan dipasangkan diatara mud flip standar bawaan. Mudguard wajib terpasang kuat sehingga ketika mobil melaju di kecepatan tinggi tidak terlepas di perjalanan.

Aksesoris Tambahan Pemanis Konsep Modifikasi Rally Look

Livery

AP4 rally

Mobil AP4 rally

Membangun mobil dengan gaya rally sifatnya bisa parsial atau mungkin habis-habisan. Maksudnya, ubahan penampilan dibuat sedemikian rupa agar tercipta image balap yang kental. Aksen stiker sebagai livery pun bisa semakin mempercantik mobil.

Livery ini bisa mengikuti tim reli sesuai merek mobil yang Anda miliki atau hanya ubahan minimalis. Tentu saja, biaya membuat livery ini tergantung dari tingkat kesulitan desain.

Bila benar-benar mengacu ala tim balap dengan berbagai sponsornya jelas mahal, karena corak tersebut full body. Biaya yang dibutuhkan untuk livery full body ini jutaan sampai belasan juta, tergantung juga dari bahan yang diminta.

Untuk ubahan corak minimalis seperti pada bagian samping dengan desain sederhana. Pemasangan decal ini cukup terjangkau, biayanya berkisar ratusan ribu sampai dua jutaan rupiah.

Bucket seat

Jock Recaro + Heater diimport langsung dari Jepang.Foto/Carmudi Indonesia

Jock Recaro + Heater diimport langsung dari Jepang.Foto/Carmudi Indonesia

Pemilik mobil yang punya dana cukup besar mungkin bisa ikut mengubah bagian interior. Bucket seat bisa memperkuat aura balap dari mobil.

Merek-merek terkenal bisa jadi referensi Anda dalam memilih bucket seat, seperti Recaro, Momo, atau Sparco. Pemakaian bucket seat ini sebaiknya tetap mempertimbangkan utilitas mobil, apakah untuk harian atau weekend diving.

Di sisi lain, Anda juga perlu ikut menyesuaikan jok bagian belakang agar sesuai motif dan desainnya dengan bucket seat di kursi depan. Jangan sampai, tema desain malah jomplang, kursi depan bergaya balap sedangkan kursi belakang terlihat sederhana bawaan pabrik.

Hal yang bisa dilakukan yaitu melapisi kulit jok bawaan dengan bahan berwarna dan motif serupa jok depan berikut dengan pelapis trim pintu. Dengan ubahan minimalis, penampilan mobil kesayangan juga bisa terlihat sangar kan?

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts