HomeSepeda motorPasang Papan Iklan di Motor Gugurkan Garansi dan Salah Satu Penyebab Kecelakaan

Pasang Papan Iklan di Motor Gugurkan Garansi dan Salah Satu Penyebab Kecelakaan

pasang papan iklan di motor
Memasang iklan menjadi cara mudah mendapat uang, Foto: (Karta)

Jakarta – Pasang papan iklan di motor menjadi alternatif lain untuk mendapatkan uang. Namun tak semua menghasilkan nilai plus, malahan sebaliknya.

Biasanya iklan yang dipasang dengan papan di bagian belakang sepeda motor ini dipasang oleh beberapa marketplace. Marketplace sendiri merupakan bisnis atau situs jasa atau bisnis yang sedang melakukan promosi.

Selain itu, bisa juga berbagai perusahaan yang ingin memasang iklan di motor ini. Biasanya mereka akan menawarkan kepada pengguna sepeda motor yang ingin dapat tambahan uang secara mudah.

pasang papan iklan di motor
Iklan bisa menyala dan terlihat dari belakang, Foto: (Moladin)

Salah satu yang ramai memakai metode promosi ini adalah transportasi online. Go-Jek misalnya. Driver yang ingin memasang iklan pada motor ini harus menaati sejumlah persayaratan yang ditentukan.

Keuntungan

Secara kasat mata, dengan memasang benda ini memang terlihat menggiurkan. Karena sambil berjalan kemana-mana, kamu bisa mendapatkan uang. Tapi bagaimana soal untungnya?

Keuntungan yang ada di depan mata adalah mendapat uang dengan mudah. Pemilik motor dapat dengan mudah mendapatkan uang dengan hanya berkeliling. Mereka hanya perlu mencapai jarak tertentu yang sudah ditentukan.

Bagi pengemudi transportasi online, hal ini jelas sangat menguntungkan. Karena sambil bekerja seperti biasa, ia secara tidak langsung sudah bisa menghasilkan uang dari papan iklan tersebut.

pasang papan iklan di motor
Dapat uang sembari bekerja ojol, Foto: (Gridoto)

Bahkan sebagian penyedia iklan di sepeda motor ini ada yang memberikan bonus tertentu. Misalnya jarak yang ditentukan tercapai lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Bisa saja ia mendapat bonus.

Namun, kekurangan dari papan iklan yang ada di motor ini sebenarnya juga ada. Bahkan bisa dibilang lebih banyak kekurangannya dibanding kelebihannya.

Kekurangan Pasang Papan Iklan di Motor

Kekurangan yang jelas adalah kenyamanan penumpang belakang menjadi jauh berkurang. Mayoritas penumpang transportasi online mengeluh jika mendapat sepeda motor yang ada papan iklannya.

Hal ini membuat posisi duduk menjadi lebih menempel ke arah driver. Bagi penumpang wanita, hal ini jelas sangatlah tidak nyaman. Karena selain lebih bersentuhan fisik, penumpang juga dipaksa duduk dalam posisi tegak.

Bila jarak dekat mungkin tidak terlalu masalah. Tapi jika duduk jarak jauh dengan ada papan iklan di belakang, rasanya sangat capek sekali. Pegel banget punggung ini bwaang!

Kerugian lain yang jelas adalah sulit untuk naik ke atas motor. Bagi penumpang pria maupun wanita, akan lebih sulit untuk duduk.

papan iklan di motor
Duduk menjadi lebih sempit dan sulit, Foto: (MotorPlus Online)

Karena kaki harus berjibaku melewati papan iklan yang ada di motor ini. Apalagi buat penumpang wanita yang pakai rok panjang atau pendek. Waduuuh, nyiksa! Makanya biasanya penumpang mengeluhkan hal ini.

Kerugian lain masih ada nih. Beban motor jadi lebih berat. Papan iklan di motor ini biasanya dibuah dengan braket bahan besi. Ditambah adanya layar LED yang bisa menyala di malam hari. Otomatis, bobot motor jadi meningkat lebih berat.

Efeknya, memindahkan motor di tempat parkir atau tempat sempit jadi lebih susah. Selain itu papan iklan di motor bisa menyebabkan  garansi hilang. Produsen pembuat motor bisa menghilangkan garansi, sekalipun itu adalah motor baru.

Paling penting adalah papan iklan motor ini sangat mengganggu konsentrasi pengendara lain. Apalagi papan iklan ini bukan menyajikan gambar diam, melainkan gambar bergerak.

Konsentrasi pengendara yang ada dibelakangnya akan terganggu karena fokus konsentrasi akan terpecah melihat gambar yang ada di papan iklan motor yang ada di depannya. Ini salah satu sumber penyebab kecelakaan lalu lintas.

Penyebab Hilangnya Garansi Motor

Hal ini dikarenakan arus listrik yang dipakai untuk menyalakan LED. Pihak produsen sepeda motor tidak mengetahui proses instalasi pengambilan arus kelistrikan untuk keperluan papan LED yang menyala.

Selain itu, bagian rangka belakang terkena modifikasi akibat adanya braket besi dan papan iklan. Kedua faktor inilah yang membuat garansi menjadi hangus saat pemasangan motor.

Sepeda motor Honda melakukan servis di AHASS
Sepeda motor Honda melakukan servis di AHASS

Sayangnya, pihak produsen sepeda motor tidak bisa melarang pemasangan papan iklan. Karena ini merupakan hak yang dimiliki oleh konsumen yang sudah membeli produk.

Nah, lebih baik dipahami betul untung dan ruginya sebelum memasang iklan di bagian belakang motor ini.

 

 

Previous post
Mercedes-Benz GLA 200 dan GLB 200 Meluncur, Harga Setara 2 Innova
New GLC 200 dan New GLE 450 kini resmi diproduksi di pabrik Wanaherang.
Next post
Mercedes-Benz Tanggapi Wacana Pajak Nol Persen