Home » Mobil » Pasar Fleet Untuk Taksi, Daihatsu Punya Harga Diskon

Pasar Fleet Untuk Taksi, Daihatsu Punya Harga Diskon

Armada taksi Next Daihatsu Sigra

Bandung – Pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku tak tahu-menahu soal Daihatsu Sigra dijadikan armada taksi yang sedang ramai dibicarakan di media sosial. Padahal jika perusahaan ingin membeli Sigra untuk kebutuhan fleet, Daihatsu akan memberikan diskon khusus.

Hal tersebut diungkapkan oleh Marketing & CR PT Astra Internasional Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso. “Jadi mereka waktu memesan Sigra (untuk taksi) ini memang masih untuk pribadi, pelat hitam. Nah kita nggak pernah tahu ini akan jadi taksi atau nggak. Walaupun kita tahu pemakaian Sigra ini memang cukup tinggi katanya untuk taksi online,” ujarnya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10).

Lebih lanjut Hendrayadi mengatakan jika ada perusahaan yang ingin menjadikan armada taksi, ADM akan memberikan harga spesial. “Fleet itu pembelian ada levelnya. Misal dia beli 50 unit, atau 100 unit diskonnya pasti berbeda,” tambah Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM di sela test drive New Daihatsu Sigra.

Konsumen fleet atau perusahaan akan mendapatkan harga spesial
Konsumen fleet atau perusahaan akan mendapatkan harga spesial

Lebih lanjut Hendrayadi menambahkan,”Jadi fleet itu ada tingkatannya, kita lihat bagaimana recordnya selama satu tahun. Jadi belinya di tahun ini berapa unit, terus tahun depannya beli lagi. Hitungannya sudah beda. Tergantung dari frekuensi banyaknya dia beli unit di tahun ini dan tahun depan”.

Keuntungan Bagi Pembeli Fleet

Hendrayadi dan Amel mengatakan jika mereka memiliki pelayanan khusus untuk konsumen fleet. “Kami memang punya fleet customer dengan special treatment misalnya training untuk para mekanik, kita kasih. Kalau mau akan diadakan kelas khusus untuk para mekanik mereka,” jelas Amelia Tjandra.

Para mekanik ini nantinya akan diajarkan mengenai standar operasi prosedur (SOP) mengerjakan servis kendaraan Daihatsu. “Support dari kita untuk fleet adalah ya itu, support training ke para mekanik mereka. Trainingnya ini cukup sebentar kok, buat level guru bisa 2 sampai 3 hari saja,” lanjut Amel.

Armada taksi Next Daihatsu Sigra

Sedangkan dari sisi spare part, Hendrayadi mengatakan jika konsumen fleet akan mendapatkan harga spesial. “Itu masuknya di kontrak servis tadi. Jadi di kontrak servis tadi bukan hanya jasanya saja, tapi harga spare partnya juga akan berbeda. Spare part yang dipakai pun walaupun harganya khusus, tetap pakai yang genuine atau asli pabrik,” tambah Hendrayadi.

Suku cadang dan oli yang digunakan pun juga genuine atau sesuai rekomendasi Daihatsu. Karena kalau memakai oli yang mereknya lain, perusahaan ini diakui tidak akan mau. Salah satu perusahaan yang sudah bekerjasama secara resmi mengenai fleet ini adalah Grab. Para pengemudi ini mendapatkan manfaat tersebut saat mereka mengikuti organisasi koperasi.

Driver atau pengemudi yang mengikuti koperasi akan mendapatkan harga spesial saat melakukan servis di diler resmi Daihatsu. “Kalau kerjasama dengan Grab ini kerjasamanya ke organisasi koperasi. Jadi dari koperasinya itu yang mengajukan,” terang Hendrayadi.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Sebulan Meluncur, New Daihatsu Sigra Jadi Primadona Bandung
Next post
Wajah Baru BMW Seri 7, Rakitan Lokal Bercita Rasa Sporty Elegan