Home » Berita » Pasar Mobil Indonesia Lesu, Daihatsu Kena Dampaknya

Pasar Mobil Indonesia Lesu, Daihatsu Kena Dampaknya

Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra yang penjualannya masih stabil. Foto/ADM.

Jakarta – Tahun politik menjadi momok bagi industri otomotif di Indonesia. Pasalnya hampir semua produsen mobil mengalami penurunan penjualan. Berdasarkan data retail sales (dari diler ke konsumen) nasional, tercatat periode Januari-Juli 2019 total mobil yang terjual sebanyak 587 unit.

Angka tersebut turun sekira 11% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kondisi serupa juga terjadi pada wholesales nasional, di mana sebanyak 570 ribu mobil telah dikirim dari pabrik ke diler. Angka ini turun sekira 13,7% dibanding tahun lalu.

Penurunan penjualan secara nasional menunjukkan pasar mobil Indonesia lesu sepanjang tujuh bulan terkahir. Daihatsu turut merasakan dampak dari lesunya pasar mobil di Indonesia. Mengacu pada data penjualan mobil yang dibeberkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), tercatat selama tujuh bulan perusahaan hanya mencetak angka retail sales sebesar 100.831 unit. Tahun lalu penjualan retail mobil Daihatsu mencapai 111.519 unit.

Sementara dari sisi wholesales, total mobil yang dikirim ke diler periode Januari-Juli 2019 sebanyak 100.036 unit. Angka tersebut turun cukup drastis dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 112.893 unit.

Walaupun pasar otomotif dan angka penjualan Daihatsu mengalami penurunan, tetapi pangsa pasar Daihatsu secara nasional mengalami kenaikan. Daihatsu memberikan kontribusi sebesar 17,2%  untuk penjualan retail, dan wholesales sebesar 17,5% .

“Di tengah pasar mobil Indonesia lesu yang turun 11,1 persen, kami bersyukur Daihatsu turun hanya 9,6 persen, sehingga secara market share Daihatsu naik sebesar 0,3 persen menjadi 17,2 persen,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM dalam keterangan resminya.

Daihatsu Sigra Masih Unggul, di Tengah Pasar Mobil Indonesia Lesu

Lebih lanjut mengenai penjualan mobil per-model, Daihatsu Sigra masih unggul dibanding produk lainnya. Angka retail Daihatsu Sigra periode Januari-Juli 2019 sebanyak 29.923 unit atau menyumbang sekira 30% dari total pencapaian selama tujuh bulan. Kemudian di posisi berikutnya ada Gran Max (PU) yang berhasil terjual 19.658 unit (19 %), dan Xenia 14.102 unit (14 %).

Sedangkan Daihatsu Ayla 13.664 (14 %), Terios laku sebanyak 12.221 unit (12 %), Gran Max (MB) 8.256 unit (8 %). Model Daihatsu lainnya seperti Luxio, Sirion dan hi-Max menyumbang sebanyak 3.007 atau 3%.

Sementara itu angka wholesales Daihatsu Januari-Juli 2019 menunjukkan Sigra masih menjadi model dengan pengiriman terbanyak ke diler. Total ada 29.980 unit (30%) mobil Daihatsu Sigra yang sudah didistribusikan.

Lalu diikuti dengan Gran Max (PU) sebanyak 20.217 unit (20 %), Xenia 13.969 unit (14 %), Ayla 14.941 unit (15 %), Terios 9.784 unit (10 %), dan Gran Max 7.519 unit (8 %). Model Daihatsu lainnya Luxio, Sirion, dan Hi-Max berkontribusi sebanyak 3.626 unit atau 3% dari total pencapaian wholesales.

Previous post
Ekspor Mobil Meningkat, Bagaimana Pertumbuhan Komponen Lokal Otomotif?
Mengendarai mobil manual saat mudik
Next post
Pengamat Otomotif: Pembatasan Kendaraan Banyak Imbasnya