Home » Reviews » Jutaan Orang Tidak Menyadari, Ini Perbedaan Toyota Avanza dengan Veloz

Jutaan Orang Tidak Menyadari, Ini Perbedaan Toyota Avanza dengan Veloz

New Avanza
Toyota new Avanza laris manis. Foto/Carmudi

Jakarta – Bicara soal mobil keluarga, rasanya orang Indonesia masih belum bisa melupakan dua mobil andalan, Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Keduanya menjadi mobil keluarga atau MPV produk jualan PT Toyota Astra Motor (TAM) paling laris di Indonesia. Walaupun keduanya sepintas terlihat sama, sebenarnya kedua mobil tersebut memiliki perbedaan yang cukup kentara.

Apa saja perbedaan tersebut? Kami akan membeberkan sedikit informasi mengenai perbedaan antara Toyota Avanza dengan Toyota Veloz. Bagi kamu yang sedang bingung membeli kedua mobil tersebut, simak dulu nih bedanya.

  • Wajah

Toyota Avanza punya desain yang bisa dibilang lebih sederhana dibandingkan dengan Toyota Veloz. Walaupun kalau dilihat dari bagian lampunya itu sama. Desain bagian bawah dari lampunya benar-benar berbeda. Toyota Avanza punya lubang gril bergaris yang ukurannya lumayan besar. Kalau dilihat, bagian dalam dari lubang tersebut bisa langsung melihat ke arah radiator dari mobil. Di bagian bawah gril terdapat desain bumper yang seperti bentuk segitiga di bagian bumper kiri dan kanan. Pada bagian segitiga tersebut juga terdapat lampu kabut yang dapat dinyalakan untuk membantu penerangan.

Wajah depan dari Toyota Avanza, foto:Toyota

Sedangkan pada wajah Toyota Veloz, desainnya dibuat lebih elegan dan mewah. Lampunya masih tetap sama, memakai model bertumpuk yang sudah menggunakan LED. Bagian lampu menjadi perbedaan pertama yang bisa kalian temui. Di bagian bawah lampu, terdapat desain bumper yang menarik garis dari bawah ke atas. Tarikan garis ini terlihat menyerupai model kerucut. Agar tidak terlihat terlalu kosong, Toyota juga memberikan lampu kabut sebagai alat pembantu penerangan di saat malam. Jika Avanza memiliki desain gril besar berlubang, maka Veloz tidak memiliki hal tersebut.

Toyota Veloz memiliki desain gril bergaris yang terlihat lebih ‘masuk akal’ ketimbang desainnya Toyota Avanza yang kami nilai sangat jelek. Wajah Toyota Veloz ini terlihat lebih manusiawi dan lebih elegan untuk dipandang. Tapi kembali lagi, Namanya selera pasti berbeda-beda.

  • Pelek

Perbedaan kedua yang dapat dilihat adalah bagian dari pelek. Kita bahas yang Toyota Avanza dulu, ya. Toyota Avanza menggunakan pelek berukuran 15 inci dan 14 inci. Kedua pelek tersebut dapat ditemui pada beberapa model yang dijual secara resmi oleh TAM. Cara lain paling mudah untuk melihat perbedaan di bagian peleknya adalah warna. Toyota Avanza memiliki pelek dengan desain satu warna, yakni silver.

Pelek Toyota Avanza
Pelek Toyota Veloz

Beberapa orang menyebutkan jika pelek satu warna ini dikarenakan untuk memudahkan saat dilihat. Ada juga yang menilai jika perbedaan harga menjadi salah satu alasan mengapa ia memakai pelek satu warna. Sedangkan Toyota Veloz menggunakan pelek berukuran 15 inci di setiap variannya. Identitas lain yang digunakan oleh varian ini adalah penggunaan warna two tone atau dua warna pada pelek yang digunakan olehnya.

  • Desain Belakang

Selain kedua hal di atas, perbedaan lain yang dapat dilihat antara Toyota Avanza dan Veloz adalah bagian belakangnya. Toyota Avanza punya desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan Toyota Veloz. Spoiler belakang di bagian atas Toyota Avanza terlihat lebih sederhana, sedangkan milik Toyota Veloz terlihat cukup sporty dan elegan. Perbedaan lain adalah rumah dudukan pelat nomor yang ada di bagian belakang. Toyota Avanza tidak memiliki tempat dudukan pelat nomor berwarna hitam di bagian belakang. Sedangkan Toyota Veloz memiliki tempat dudukan pelat tersebut dengan warna hitam.

Bagian belakang Toyota Avanza
Bagian belakang Toyota Veloz

Perbedaan lain yang bisa dilihat adalah bagian bumper belakang di bawah. Bagian bumper belakang Avanza hanya dibekali dengan lampu mata kucing berwarna merah di bagian kanan dan kiri. Sedangkan Toyota Veloz punya bumper dengan sedikit lekukan sporty dengan aksen hitam doff yang juga dipadukan dengan mata kucing berwarna merah. Di bagian samping, Toyota Veloz mempunyai side skirt yang membuatnya terlihat sporty dan matang. Sedangkan Toyota Avanza tidak memiliki side skirt tersebut.

  • Interior

Masuk ke bagian dalam, keduanya juga memliki perbedaan yang dapat kamu ketahui hanya dengan melihatnya saja. Cie, bisa jadi reviewer kondang nih, hehehehe. Untuk varian Toyota Avanza, interiornya yang paling mudah diketahui adalah masih menggunakan anak kunci. Model ini belum dibekali dengan tombol start/stop button yang bisa kalian pencet-pencet sesuka hati. Perbedaan lain yang bisa dilihat adalah penggunaan warna. Untuk varian Toyota Avanza, interiornya menggunakan paduan dua warna, yakni beige dengan hitam.

Interior Toyota Avanza

Sedangkan di bagian door trim, varian Toyota Avanza masih menggunakan bahan plastik. Untuk model Toyota Veloz, sudah menggunakan satu warna yakni hitam sepenuhnya. Perbedaan lain yang bisa dilihat adalah penggunaan tombol start/stop button pada Toyota Veloz. Di bagian door trim, Toyota Veloz juga sudah dibekali dengan door trim berbahan kain. Persamaan di bagian interior dari kedua mobil ini ada di bagian head unit yang sudah memakai model layar sentuh.

Interior Toyota Veloz

Instrument cluster pada AC juga sudah memakai model digital, sehingga memberikan kesan mewah dan modern pada mobil keluarga. Oiya, jangan lupa, setir pada Toyota Veloz juga sudah dilapisi bahan kulit sehingga menjadi nyaman saat digenggam.

  • Layar di Baris Kedua

Pada poin kelima ini, Toyota Veloz sudah dibekali dengan layar entertainment yang dipasang di bagian plafon dari mobil. Layar ini mampu menjadi hiburan bagi penumpang yang ada di baris kedua. Sayangnya, layar di bagian atas ini belum tersedia pada semua model Toyota Avanza. Layar ini bisa digunakan untuk menonton film, mendengarkan musik, dan juga menyetel berbagai video dari head unit yang ada di bagian depan.

Layar di bagian baris kedua Toyota Veloz
  • Kamera Mundur

Mungkin bagi sebagian orang, kamera mundur saat ini menjadi salah satu fitur yang sangat penting untuk ada di mobil keluarga. Kalau kalian adalah orang yang seperti itu, maka kalian cocok untuk menjatuhkan pilihan kepada Toyota Veloz. Karena Toyota Veloz sudah dibekali dengan kamera mundur di bagian belakang mobil. Kamera mundur ini akan menampilkan garis untuk membantu pengendara parkir dengan mudah. Untuk varian Toyota Avanza, fitur ini belum tersedia. Bisa tersedia, tapi kalian harus memasangnya sendiri.

Kamera mundur dari Toyota Veloz
  • Desain Jok

Toyota Avanza kini punya desain jok berbahan fabric dengan desain bergaris. Desain dari jok berbahan fabric ini menggunakan warna abu-abu yang mampu membuat mobil jadi terlihat lebih mewah di bagian interior. Sedangkan Toyota Veloz menggunakan desain dengan paduan warna hitam dan merah. Jok bahan fabric dari Toyota Veloz ini menggunakan aksen garis-garis merah di bagian door trim dan semua bagian joknya.

Bagian jok bahan fabric Toyota Veloz

Cara ini menjadi salah satu cara termudah untuk membedakan kedua mobil tersebut dari dalam. Nah, itu tadi 7 perbedaan antara Toyota Avanza dengan Toyota Veloz. Memang, mungkin saja jutaan orang tidak menyadarinya. Akan tetapi ketujuh hal tersebut merupakan perbedaan antara Toyota Avanza dengan Toyota Veloz yang bisa kalian cari tahu informasinya lebih dalam lagi.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Avanza, Kijang Innova dan Calya “Ngamuk”, Penjualan Naik Drastis

Previous post
21 Mobil Adu Keren Interior di MBtech Awards, Ini Juaranya
Next post
Resmi, Penggunaan Skuter Listrik di Jalan Raya Dilarang Polisi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *