Home » Berita » Recall, 29 Ribu Toyota Rush Sudah Menjalani Perbaikan Airbag

Recall, 29 Ribu Toyota Rush Sudah Menjalani Perbaikan Airbag

Airbag Toyota (Foto: Autoweek)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia sekira pertengahan Juli lalu mengumumkan recall mobil Rush tahun produksi tertentu terindentifikasi bermasalah pada bagian airbag. Melalui pernyataan resmi, TAM mengajak para pemilik Toyota Rush untuk melakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

Berdasarkan catatan TAM, kurang lebih 60 ribu Toyota Rush tahun produksi antara akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019 bermasalah pada airbag. Sejak pemberitahuan penarikan kembali (recall) dikeluarkan, respons pemilik mobil Toyota Rush sangat baik. Dari total unit yang terindentifikasi bermasalah, sekira 29 ribu Toyota Rush sudah menjalani perbaikan.

“Sampai tanggal 28 Agustus jam 16.30 itu 49 persen atau sudah 29.662 unit Toyota Rush yang diperbaiki. Ini termasuk sangat baik, responsnya cepat sekali dari masyarakat. Mereka langsung aktif menghubungi kami atau kalau kami hubungi langsung buat janji ke bengkel resmi untuk melakukan perbaikan,” ungkap Anton Jimmy Suwandi, selaku Marketing Director PT TAM di Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2019) lalu.

Semua Toyota Rush yang bermasalah pada bagian airbag ternyata sebagian di antaranya sudah diekspor ke lebih dari 50 negara. Mengenai pergantian komponen airbag Toyota Rush yang berada di luar Indonesia, Anton mengatakan semua itu sudah diserahkan ke para distributor resmi mobil Toyota di masing-masing negara

“Kami belum tahu karena diurus distributor negara lain. Di Indonesia sendiri Rush yang sudah menjalani pergantian hampir setengahnya,” terang Anton.

Bahaya Jika Airbag Tidak Diperbaiki

Ilustrasi Airbag Toyota Rush (Foto: Zigwheels)

TAM telah menginformasikan kepada para pemilik Rush yang terindentifikasi masalah untuk mengganti komponen ECU Airbag kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Seluruh diler resmi mobil Toyota dilibatkan untuk melayani pelanggan yang ingin melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen.

ECU Airbag pada Toyota Rush harus diganti karena curtain airbag berpotensi mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu. Itu disebabkan oleh adanya pemrograman komputer yang tidak sesuai. Tentunya hal ini dapat menyebabkan penumpang maupun pengemudi mengalami cedera.

Toyota merekomendasikan para pemilik Rush, untuk mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang disiapkan. Konsumen bisa langsung menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat. Selain itu bisa juga dengan memasukkan nomor rangka di situs resmi Toyota untuk mengetahui informasi apakah kendaraannya masuk dalam kampanye penggantian ECU Airbag Rush tersebut.

Jika kendaraan Rush pelanggan masuk ke dalam kampanye recall, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat, untuk dilakukan pengecekan dan upgrade ECU Airbag.

Dalam waktu kurang dari 48 jam, pelanggan akan dihubungi kembali untuk informasi mengenai booking time di bengkel. Pengerjaan pengecekan dan penggantian ECU Airbag Rush berlangsung sekira 30 menit dan tidak dikenakan biaya untuk penggantian komponennya.

“Kami sangat menyarankan agar pelanggan dapat segera memastikan/mengecek kendaraannya dan melakukan penggantian ECU Airbag di bengkel resmi Toyota. Ini berlaku khususnya pada Rush dengan rentang waktu produksi akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019,” kata Anton.

Baca juga:

Kredit Toyota Rush 2019, Cicilan Mulai Rp 15 Jutaan

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Previous post
Mobil Listrik Tesla Model 3 Pikat Perusahaan Taksi Sampai Pengacara Kondang
Next post
Meluncur Tanpa Seremonial, Harga Toyota Sienta Terbaru Tidak Naik

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *