HomeMobilReferensi Mobil Setara Toyota Alphard, Apa Saja Pilihannya?

Referensi Mobil Setara Toyota Alphard, Apa Saja Pilihannya?

JakartaToyota Alphard dikenal sebagai salah satu mobil mewah dengan kelapangan dan kenyamanan kabin yang luar biasa. Selain luas, Toyota Alphard juga memiliki unsur kemewahan yang cukup baik. Tak heran jika banyak orang membeli Toyota Alphard untuk dijadikan mobil keluarga ataupun mobilitas dengan kenyamanan yang baik. Sebenarnya, selain Alphard masih terdapat beberapa mobil setara yang bisa dijadikan alternatif.

Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut. Kami akan mencoba membeberkan beberapa mobil alternatif yang bisa dijadikan pilihan lain dari Toyota Alphard.

Kira-kira apa saja ya? Sebelum membahas mobil selain Alphard, ketahui dahulu seluk beluk Toyota Alphard itu sendiri.

Spesifikasi Toyota Alphard

Toyota Alphard merupakan mobil berukuran besar yang dijual secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Mobil ini memiliki panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.895 mm. Secara tampilan, mobil berdimensi kotak ini benar-benar punya aura mewah yang kental. Sehingga banyak kalangan atas membeli mobil ini karena dinilai memiliki gengsi tinggi.

Ibarat kata,”Belum Kaya Kalau Belum Punya Alphard”.

Untuk harga kedua, ada tipe 2.5 G AT yang dijual seharga Rp1,1 miliar. Sedangkan varian tertingginya merupakan tipe 3.5 Q AT yang dijual seharga Rp1,9 miliar.

Nah, berikut daftar mobil setara Toyota Alphard.

Hyundai H1

Salah satu kompetitor terdekat Alphard datang dari Hyundai Motor Indonesia (HMI) yang memiliki satu mobil dan dijual secara resmi, yakni Hyundai H1.

Hyundai H1 memiliki dimensi panjang 5.125 mm, lebar 1.920 mm dan tinggi 1.925 mm. Jika melihat spesifikasi tersebut, Hyundai H1 memiliki dimensi yang lebih panjang dibandingkan dengan Toyota Alphard. Selain itu, Hyundai H1 punya harga jauh lebih murah.

Hyundai H1 jadi mobil alternatif setara Toyota Alphard
Hyundai H1 jadi mobil alternatif setara Toyota Alphard

Jika Alphard harga barunya dibanderol hingga Rp1 miliar lebih, maka untuk memboyong Hyundai H1 hanya perlu Rp505 juta untuk tipe Elegance CRDi, Rp545 juta New H1 XG CRDi dan Rp618 juta tipe Royale Limited CRDi yang merupakan varian tertingginya. Ini artinya ketiganya memakai mesin Diesel, tak ada yang dijual dengan mesin bensin. Sangat menarik bukan jika melihat dari harganya. Lantas, apa saja kelebihan dari mobil dari merek asal Korea Selatan ini?

Eksterior Hyundai H1

Bagian eksterior dari Hyundai H1, memang tidak terlalu banyak lekukan seperti Alphard generasi terbaru. H1 lebih menegaskan kesan membulat dengan lekukan halus yang tersebar di sekujur bodi mobil. Di bagian depan, grilnya sudah memakai aksen krom, dan di bagian bawah bumper juga terdapat body kit add-on yang membuatnya kelihatan lebih sporty.

Hyundai H1 punya 4 pilihan warna mulai dari Arctic White, Hyper Silver, Timeless Black dan Tan Brown.

Lampu depan sudah memakai projector dengan LED berwarna putih yang cukup kekinian. Spion samping juga sudah disertai pelipatan otomatis memakai tombol dengan tambahan sein di covernya.

Berlanjut di bagian samping, Hyundai H1 juga punya pintu geser. Bedanya, ada tipe pada H1 yang tidak disertai dengan dual power sliding door alias hanya 1 saja pintu yang bisa membuka dan menutup secara otomatis.

Hyundai H1
Hyundai H1 juga disebut sebagai mobil setara Toyota Alphard

Tipe terendah dan tengah hanya dibekali dengan single power sliding door. Sedangkan jika ingin dual power sliding door bisa memilih tipe Royale dengan fitur yang lebih lengkap.

Varian tertinggi dari H1 pun memiliki harga yang masih jauh di bawah Alphard. So, masih sangat terjangkau dan masuk akal untuk dibeli, lah.

Pelek yang digunakan juga berbeda-beda. Untuk tipe terendah, memakai velg R16 yang dibalut ban ukuran 215/70. Sedangkan tipe Royale dan XG memakai ban 17 inci dengan dibalut ban 235/60. Desain kedua pelek tersebut berbeda. Untuk tipe XG dan Royale sudah memakai pelek dengan model warna two tone.

Interior Hyundai H1

Interior dari Hyundai bisa dibilang lebih sederhana jika dibandingkan dengan Alphard. Hal itu dapat dilihat dari dominasi warna beige. Selain itu, di bagian dasbornya menggunakan paduan warna hitam dan beige.

Salah satu kelebihan dari Hyundai adalah bagian posisi tempat duduknya. Posisi duduk atau pengaturan jok dari H1 jadi kelebihan utamanya. Hyundai memberikan konfigurasi 6 penumpang hingga 9 orang. Bahkan jok baris kedua dan ketiga bisa dibuat berhadap-hadapan layaknya posisi sedang melakukan rapat di dalam mobil.

Pengaturan interior Hyundai H1
Pengaturan interior Hyundai H1

Wow, keren ya! Jok di bagian tengah juga memiliki model seperti Alphard, dengan adanya Ottoman electric (penyangga kaki) dan penyangga kepala bagian samping. Soal fitur, Hyundai H1 harus mengakui kekalahan dari Alphard. Pasalnya mobil ini hanya dibekali dengan 2 buah airbag saja. Ada juga rem cakram dengan ABS, AC yang dapat diatur hingga baris ketiga, sensor parkir belakang.

Mercedes Benz V-Class

Tidak ingin melihat Alphard bermain sendirian, produsen otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz pun merilis pesaingnya. Ia adalah V-Class, MPV mewah yang juga pesaing Toyota Alphard di Indonesia. Dimensinya bisa dibilang merupakan yang terbesar di kelasnya.

Mercedes-Benz V-Class mobil setara toyota alphard
Mercedes-Benz V-Class

Ia memiliki panjang 5.140 mm, lebar 1.928 mm dan tinggi 1.880 mm. V-Class ditawarkan dalam dua versi, yakni versi standard dengan versi extra long dengan ukuran lebih panjang. Di Indonesia, V-Class ditawarkan dengan harga Rp1,4 miliar dan menjadi mobil MPV mewah yang paling mahal yang ada di Indonesia.

Eksterior Mercedes-Benz V-Class

Jika dilihat dari depan, mobil ini tak perlu menunjukkan jika dirinya adalah sebuah mobil mewah. Dengan lambang bintang di bagian gril yang cukup besar, maka orang dapat dengan mudah menyimpulkan jika ini adalah mobil yang sangat mewah.

Desain ala Mercedes-Benz cukup kental jika melihat dari lampu, bumper, kap mesin, dan lekuk bodi di bagian samping. Ban yang dipakai memakai ukuran 18 inci dengan dibalut ban 245/45 sehingga profilnya terlihat tipis ala mobil sedan.

Interior Mercedes-Benz V-Class

Di bagian dalam, V-Class menawarkan interior yang cukup mewah dan elegan. Ia dilengkapi dengan aksen kayu yang bertebaran di bagian dasbor mirip dengan Alphard. Penggunaan bahan kulit kualitas terbaik membuatnya tak perlu diragukan lagi soal kenyamanan. Dasbor dari V-Class ini terlihat mirip dengan kepunyaan sedan Mercedes-Benz lainnya. Ia dilengkapi dengan layar model floating, dengan touch pad sebagai pengaturan di bagian tengah.

Tuas transmisinya terletak di balik setir, cukup berbeda dari kedua kompetitornya yang menempatkan persneling di bagian tengah. Jok di depan juga sudah dilengkapi dengan arm rest serta setir yang juga terdapat tombol pengaturan.

Menariknya, mobil ini juga memiliki pengaturan kursi layaknya Hyundai H1. Kursi baris kedua bisa dibuat berhadap-hadapan dengan kursi baris ketiga. Sehingga memudahkan untuk bicara di dalam mobil. Bedanya, jok baris kedua dari V-Class ini belum disertai penyangga kepala di sisi samping.

Interior Mercedes-Benz V-Class
Interior Mercedes-Benz V-Class

Kelebihan lain dari mobil adalah kualitas suara yang tentunya akan memanjakan penumpang di dalamnya. Mercedes-Benz menanamkan speaker lansiran Burmester dengan pengaturan surround layaknya bioskop. Sehingga untuk mendengarkan musik penumpang akan merasakan layaknya mendengarkan konser berjalan di dalam mobil.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Hal Apa Saja yang Mempengaruhi Mobil Boros Bahan Bakar?

Previous post
Usai Indonesia, Kini Giliran Filipina yang Kedatangan New Toyota Agya
sim resmi dan nembak
Next post
Bikin SIM Sendiri atau dan Nembak, Ini Kisaran Biayanya