Sepeda motorTips dan Trik

Ketahui Kode Kerusakan di Honda PCX, Mirip dengan di ADV150

Saat MIL di Honda PCX menyala, jadi pertanda kode kerusakan (Foto: Biangcara)

Jakarta – Pada era motor keluaran terbaru seperti sekarang, nyaris semuanya telah memakai sistem injeksi. Apabila terjadi error atau kerusakan biasanya ditandai dengan kedipan pada Malfunction Indicator Lamp (MIL) di speedometer. Kalian sebagai pemilik Honda PCX atau ADV150 wajib tahu kode kerusakan tersebut.

Bila ditelisik lebih jauh, kode error (DTC) Honda PCX 150 dan ADV150 lebih lengkap dan lebih banyak ketimbang motor matic Honda lain. Sebab, keduanya masuk golongan motor matic premium dari Honda.

Honda menambah dua sensor baru di PCX dan ADV150 yaitu untuk mendeteksi kegagalan sistem pendinginan mesin dan koil di sistem pengapian. Saat kode error muncul bisa jadi tanda ada malfungsi di salah satu komponen.

DTC merupakan singkatan dari Diagnostic Trouble Code. Sinyal ini bakal muncul dalam bentuk angka tapi cukup sulit untuk dibaca dari MIL.

Mengetahui Kode Kerusakan di Honda PCX dan ADV150

Honda PCX 2018

Honda PCX 2018 . Foto/Istimewa

Berbeda dari motor matic Honda pada umumnya, yang ditandai lampu MIL muncul lewat berkedip. Untuk di PCX 150 dan ADV150 lampu MIL akan terus nyala kalau bermasalah. Untuk mengetahui kode kerusakan harus menggunakan diagnostic tools atau scanner.

Berikut daftar lengkap kode DTC atau kode kerusakan yang ada di Honda PCX 150 dan ADV150:

  • Kode DTC 1, kerusakan sensor Manifold Absolute Pressure (MAP)
  • Kode DTC 7, kerusakan sensor Engine Coolant Temperature (ECT)
  • Kode DTC 8, kerusakan sensor Throttle Position (TP)
  • Kode DTC 9, kerusakan sensor Intake Air Temperature (IAT)
  • Kode DTC 11, kerusakan sensor Vehicle Speed Sensor (VS)
  • Kode DTC 12, kerusakan sensor Injector
  • Kode DTC 21, kerusakan sensor O2 Sensor
  • Kode DTC 29, kerusakan sensor Idle Air Control Valve (IACV)
  • Kode DTC 33, kerusakan sensor Engine Control Module (ECM)
  • Kode DTC 52, kerusakan sensor Crankshaft Position (CKP)
  • Kode DTC 57, kerusakan sensor Engine Coolant Over Temperature

Sinyal Kode Kerusakan di Honda PCX Beda dengan Motor Metik Honda Lain

Sinyal MIL di Honda Vario (Foto: Wahana Honda)

Agak repot memang bila MIL ini tidak berkedip sebagaimana motor Honda lainnya. Kita perlu membawa ke bengkel atau memiliki diagnostic tools sendiri untuk membaca kerusakan yang muncul.

Pada motor metik injeksi Honda pada umumnya, kerusakan sistem injeksi dan kelistrikan ditandai dengan kedipan pada MIL. Lampu indikator injeksi berkedip terus menerus saat kunci kontak posisi ON, dan mengandung arti dan makna tertentu.

Lantas, bagaimana cara membaca kedipan di MIL tersebut? Tenang saja, karena ada hitungannya yang bisa kita pelajari dengan mudah.

Misalnya saja pada sensor speed dengan kode 11, maka cara membacanya yaitu sekali kedipan panjang dan sekali kedipan pendek. Kemudian, ada jeda sekian detik dan MIL kembali berkedip sekali panjang dan sekali pendek.

Kalian mesti mengetahui bagian mana yang vital dan perlu segera diperbaiki, dan mana yang bisa ditunda. Kadang, sinyal ini muncul karena sambungan soket yang kendor.

MIL Menyala Bukan Pertanda Kondisi Darurat

Kedipan MIL menunjukkan kode kerusakan injeksi di motor Honda. Foto/Istimewa.

Kedipan MIL menunjukkan kode kerusakan injeksi di motor Honda. Foto/Istimewa.

Jadi, periksa dahulu soket di bagian sensor yang menyala tadi. Apabila kendor, maka pasang kembali dengan erat kemudian lakukan reset ECU.

Reset ECU digunakan untuk menghilangkan semua memori yang terdapat pada ECU. Sistem merekam apa saja yang telah terjadi pada motor selama jangka waktu dari terakhir kali reset.

Namun apabila sambungan soket kabel tidak kendur, kalian terpaksa harus membongkar bagian yang rusak tadi untuk diperiksa dan diperbaiki.

Reset ECU Setiap Selesai Servis Rutin, Mengembalikan Sistem ke Setting Awal

MIL sebagai salah satu bagian sistem injeksi.

MIL sebagai salah satu bagian sistem injeksi. Foto/Ilustrasi.

Seiring pemakaian, terkadang ECU kesulitan membaca dan menghitung komposisi bensin berikut udara ke mesin. Ini karena adanya tumpukan debu di filter, kotoran di throttle body atau kondisi busi yang mulai menurun.

Suplai udara dan besarnya pembakaran yang berubah pastinya membuat ECU secara otomatis sulit menghitung komposisi yang sekiranya pas. Sistem close loop di motor Honda membuat ECU secara otomatis mengubah pengaturan suplai bensin dan udara saat bagian throttle body kotor.

Reset sistem injeksi ini berlaku untuk semua tipe motor injeksi, baik matik atau ESP dan ESP. Kalian bisa mengaplikasikan setting ulang ini karena mudah melakukannya. Reset ulang berfungsi mengembalikan performa mesin seperti ketika baru keluar pabrik.

Saat melakukan reset ECU ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu di mana posisi soketnya. Tiap motor punya posisi soket yang berbeda. Ada soket yang tersimpan di balik bagasi, ada yang di balik jok, ada juga yang di balik cover depan.

Untuk memudahkan mencarinya, soket ini berwarna merah dan tidak tersambung dengan apapun (soket buntu tertutup). Buka cover soket dengan cara dicongkel memakai obeng minus (-) karena sedikit keras.

Setelah dibuka, akan terlihat empat bagian colokan. Sebagai patokan, posisikan bagian kancingan atau klip pengunci tutup soket di bagian atas.

Cara Reset ECU di Motor Honda

Soket DLC untuk Reset ECU di Honda Beat.

Soket DLC untuk Reset ECU di Honda Beat. Foto: Istimewa.

Kita pilih dua colokan vertikal tepat di sisi kiri klip pengunci. Bila bingung, kita bisa menggunakan alat jumper ECU yang banyak dijual di toko online seharga Rp20 ribuan. Alat ini bentuknya sudah disesuaikan dengan soket ECU sehingga tinggal colok saja.

Pastikan saat mencolok konektor ke soket, kontak dalam kondisi OFF. Putar kontak ke posisi ON dengan kondisi konektor tersambung di soket.

Perhatikan lampu MIL, apabila tidak ada masalah maka lampu akan terus menyala terus tanpa berkedip. Setelah itu, cabut konektor dari soket sekitar tiga detik, kemudian colok lagi ke soket dengan posisi kontak masih ON.

Apabila lampu MIL tidak berkedip sama sekali, maka itu menandakan reset ECU berhasil. Bila sudah berhasil, putar kunci kontak ke posisi OFF.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts