Home » Berita » Rumor Suzuki Wagon R 7 Seater Akan Meluncur Juni 2019

Rumor Suzuki Wagon R 7 Seater Akan Meluncur Juni 2019

Suzuki Wagon R 7-penumpang
Suzuki Wagon R 7-penumpang

New Delhi – Rumor mobil Suzuki Wagon R dengan kemampuan menampung tujuh orang di kabin bukanlah hal baru. Mobil dengan tiga baris jok itu pernah diperlihatkan di Indonesia dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Belum ada kejelasan apakah mobil tersebut akan masuk dapur produksi atau hanya berhenti sebagai mobil konsep saja.

Tapi berdasarkan sebuah laporan terbaru mengungkap bahwa Suzuki Wagon R 7 seater sedang dalam pembuatan dan diperkirakan meluncur Juni. Sebagaimana diberitakan Indianautosblog, kemungkinan besar Suzuki Wagon R 7 seater untuk pasar India akan dijual secara eksklusif.

Mobil keluarga ini hanya tersedia di jaringan dealer kendaraan premium milik Maruti Suzuki yaitu Nexa. Salah satu alasan mengapa Wagon R versi Multi Purpose Vehicle (MPV) ini hanya tersedia di Nexa, karena beberapa bagian dari mobil seperti interior dibekali dengan nuansa premium, dan punya banyak fitur kenyamanan.

Masih dari laporan yang sama, Suzuki Wagon R 7 seater akan memiliki logo serta nama lain sebagai upaya untuk membedakannya dengan keluarga Wagon R.

Dalam hal performa, Suzuki Wagon R versi MPV ini diramalkan menggunakan mesin bensin 1.2 liter K12M, sama seperti Wagon R versi hatchback. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 81 hp dan torsi puncak 113 Nm. Pilihan transmisi mencakup manual dan otomatis lima percepatan.

Suzuki Indonesia Tutup Pintu

Suzuki Wagon R atau di Indonesia dikenal juga dengan Karimun Wagon R memiliki persamaan bentuk dengan yang dipasarkan di India. Mengenai Suzuki Wagon R 7 seater, saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum menunjukkan ketertarikan untuk menghadirkannya di dalam negeri.

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS mengungkapkan bila Suzuki Indonesia belum ada rencana membuat versi tujuh penumpang untuk Wagon R.

“Wagon R tiga baris kayaknya mungkin belum ada planning ke sana. Kalau dibikin tiga baris dari Wagon R belum pas juga,” Jelas Surya beberapa waktu lalu saat peluncuran Ertiga Suzuki Sport.

Surya menyebut bila alasan Suzuki Indonesia enggan membuat versi tujuh penumpang karena harus meriset ulang dari model yang sudah ada. Proses pengembangan Wagon R 7-penumpang jelas rumit sebagaimana layaknya membuat model baru.

“Itu riset lagi, sama saja bikin baru. Mending bikin baru logikanya daripada mengubah dengan model yang sudah ada sekian lama,” tegas Surya.

Surya juga mengakui bila pasar otomotif nasional cukup berat dalam dua bulan pertama tahun 2019 ini. Penjualan Suzuki secara domestik ikut turun terkena imbas dari pasar nasional.

“LCGC kita merasa agak berat 2 bulan terakhir. kalau pasar otomotif turun, kita turun,” tuturnya.(dol)

Previous post
Kredit Mobil Wuling Pakai Wuling Finance, DP Ramah di Kantong
Next post
Bulan Ini, Waktu yang Tepat Untuk Membeli Toyota Calya