Berita Komunitas Mobil Sumber informasi

Sejarah Mercedes Benz Beserta Kode Mobilnya

Jakarta – Kalau mendengar kata Mercedes-Benz, pasti hal pertama yang akan diingat adalah Jerman atau merk mewah Eropa. Sebenarnya, masih banyak yang belum tahu asal muasal dari sejarah Mercedes-Benz ini.

Merk asal Jerman yang satu ini menjadi merk tertua yang ada di dunia dan masih bertahan hingga sekarang. Perusahaan berlogo bintang dengan sebutan ‘Three Pointed Stars’ ini punya sejarah yang cukup menarik untuk dibahas.

Asal-usul sejarah Mercedes-Benz sebenarnya dimulai pada Januari tahun 1886, dimana Karl Benz mematenkan mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia pada 1886. Paten tersebut diberi nama Benz Patent Motorwagen.

Ia kala itu ditemani oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach untuk mendirikan perusahaan. Di awal mendirikan perusahaan, nama yang dipilih adalah DMG yang memiliki arti Daimler Motoren Gesellschaft.

Mobil pertama Mercedes-Benz

Mobil pertama Mercedes-Benz

Singkat cerita, DMG mendapatkan pesanan dari pengusaha Jerman yang menetap di Perancis bernama Emil Jellinek. Emil meminta secara khusus pada Wilhelm Maybach untuk membuat mobil yang cepat, ringan, dan aman untuk dikendarai.

Singkat cerita, pada 2 April 1990 Maybach pun mulai melakukan pembuatan mobil yang diminta Emil. Pemesanan yang dilakukan oleh Emil ini menjadi tonggak sejarah bagi DMG, karena selain memesan mobil Emil juga meminta untuk menggunakan nama sang anak.

Mercedes merupakan nama anak dari Emil. Ada alasan tersediri mengapa Emil memilih memasukkan nama anaknya. Ia merasa jika membangun sebuah image yang memiliki merk dagang merupakan hal yang sangat penting. Mobil pertama tersebut akhirnya diberi nama Mercedes.

Mobil ini diluncurkan pada 22 Desember 1900, dan nama ini kemudian dipatenkan sebagai merk dagang yang digunakan pada 1902. Jumlah mobil yang dipesan Emil cukup banyak, mencapai 36 unit. 26 tahun kemudian pada 1926, Daimler dengan Benz melakukan merger dan sepakat menggunakan nama Mercedes-Benz.

Kode Mobil Mercedes-Benz

Banyaknya line up yang diproduksi oleh Mercedes-Benz tentu saja membuat masih banyak orang kebingungan. Apalagi untuk mengidentifikasi model antara seri A, C, S, hingga beberapa model yang dijual.

Penamaan mobil ini berlangsung hingga tahun 1994 dengan memakai sistem alfanumerik. Angka ini menunjukkan kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dengan diikuti huruf yang memberikan info mengenai tipe bodi dan mesin.

Kode mobil Mercedes-Benz

Kode mobil Mercedes-Benz

Memang, ada beberapa mobil yang tidak sesuai dengan penamaan alfanumerik tersebut. Tetapi, nomor ini diberikan hanya untuk menentukan posisi mobil dalam jajaran unit Mercedes-Benz. Setelah tahun 1994, mereka pun mempebarui sistem tersebut dengan mengelompokkan kelas yang penamaannya sampai 3 huruf. Di tahun 1998, Mercedes-Benz menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Chrysler Corporation.

Jalinan kerjasama ini terbentuk untuk pembuatan beberapa parts, dan juga mobil yang hendak dijual di kedua negara. Ada cerita tersendiri dari nama Chrysler. Chrysler merupakan nama dari penemu perusahaan tersebut yang juga berasal dari Amerika Serikat. Di Asia, Chrysler menjalin kerjasama dengan beberapa produsen otomotif ternama macam Mitsubishi, dan juga Hyundai.

Nama besar Mercedes-Benz pun tetap terjaga hingga saat ini. Produsen otomotif yang lekat dengan sebutan mobil mewah dan elegan ini masih menjadi salah satu mobil premium di era modern ini.

Kode Huruf

Biasanya para pecinta Mercedes-Benz hafal dengan kode huruf yang digunakan di setiap mobil. Sebagai contoh, C menandakan jika mobil tersebut adalah mobil Cabriolet atau Coupe. D memiliki arti sebagai mesin Diesel. E memiliki arti mesin bensin dengan sistem injeksi.

Untuk huruf G, mungkin sebagian paham jika huruf ini memiliki arti sebagai kendaraan offroad, Gelandewagen. K merupakan arti dari Kompressor yang berarti supercharger. L memiliki arti Leicht atau ringan pada model sedan sport, sedangkan Lang untuk model sedan berarti Long wheel base.

S punya arti sebagai performa tinggi, T punya arti touring dan R merupakan Rennen, atau mobil balap. Itu merupakan kode yang digunakan pada era sebelum tahun 1994. Selain punya arti yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada beberapa kode yang digunakan pada model Mercedes-Benz terbaru. Daripada terlalu banyak membaca, pahami dulu nih kodenya Mercedes-Benz yang pernah dipakai.

Kenyamanan Kelas Wahid

Sebagai salah satu produsen otomotif yang sudah malang melintang cukup lama di dunia, Mercedes terkenal memiliki kenyamanan kelas wahid. Alias, kenyamanan yang diberikan mobil ini benar-benar sangat nyaman. Maka dari itu, mobil ini kerap dijadikan mobil yang digunakan oleh para pemimpin dan kalangan pria berduit di Indonesia. Beberapa mobil yang sering menghiasi jalanan Ibukota Jakarta seperti macam E-Class, C-Class, A-Class, GLS, GLE hingga S-Class yang punya banderol sangat mahal.

Di Indonesia, membeli sebuah Mercedes-Benz tidak hanya dari model baru saja, tetapi mobil bekasnya pun dapat dibeli dari diler. Keuntungan yang akan di dapatkan oleh konsumen adalah kejelasan asal-usul kendaraan. Selain itu kondisi mobil juga lebih terjaga karena sudah melewati proses pengecekan kendaraan oleh teknisi Mercedes-Benz yang sudah bersertifikat.

Jika membeli kendaraan bekas di diler resmi, apakah harganya akan lebih mahal? Atau jika ingin menjual, apakah lebih rugi? Pertanyaan macam ini dijawab dengan mudah oleh Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations and Product Management PT MBDI. Ia mengatakan jika mobil yang akan dijual tergantung dari kondisi mobil tersebut.

“Tergantung kondisi. Nanti masing-masing diler akan memberikan harga. Kondisi kilometernya, perawatannya seperti apa. Untuk yang ingin membeli, harga itu tergantung dari kondisi mobilnya juga. Konsumen saat ini juga bisa melihat harga pasaran lewat situs online dan media. Jadi bisa lebih memperhatikan soal harga dan membandingkannya,” bebernya.

Bagi pembeli mobil bekas di diler resmi Mercedes-Benz, masih akan mendapatkan jaminan servis selama 1 tahun kedepan. Perihal mobil yang paling banyak dicari, Kerry mengaku jika C-Class, E-Class dan GLE menjadi model yang paling populer. Karena ini berbanding lurus dengan penjualan yang masih di dominasi model tersebut,” tutupnya.

Kode yang Jarang Diketahui

Mobil-mobil buatan Mercedes-Benz pada umumnya mengandung kode-kode yang terkadang belum dimengerti oleh para pemiliknya. Jangankan pemiliknya, orang awam saja pasti sulit membedakan kode-kode yang tertera pada bagian buritan kendaraan. Kode-kode ini memiliki arti tersendiri yang menunjukkan spesifikasi yang ada pada mobil Mercedes-Benz.

  • 4Matic : Mobil berpenggerak 4 roda.
  • CGI : Charged Gasoline Injection yang artinya mesin direct injection.
  • CDI : Commonrail Direct Injection mesin Diesel.
  • Huruf (d) di belakang angka : Mesin Diesel.
  • Kompressor : Mesin dengan supercharger.
  • Biturbo : Mesin dengan dua buah turbo.
  • V8 : Mesin konfigurasi V dengan 8 silinder.

Bagaimana? Sudah lebih paham mengenai sejarah Mercedes-Benz apa belum? (dol)

Tertarik membeli Mercedes Benz? Periksa model terbaru di sini

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/