Mobil

Simak Biaya Servis Honda Civic Turbo dan Hal Unik Lainnya

Honda Civic generasi sepuluh, Civic turbo

Honda Civic generasi sepuluh, Civic turbo

Jakarta – Di Indonesia, nama besar Honda Civic Turboe cukup kesohor lantaran punya desain yang agresif. Makanya nggak heran kalau Honda Civic Turbo punya fans garis keras yang lumayan banyak di negara kita tercinta ini. Sayangnya, bagi sebagian orang harganya dianggap cukup mahal, terlebih biaya servis Honda Civic Teurbo yang dianggap tinggi.

Padahal, sebenarnya nggak seperti itu kok kenyataannya.

Biaya servis Honda Civic Turbo bisa dibilang tidak terlalu mahal. Jika dibandingkan dengan harganya, biaya servis Honda Civic Turbo malah terbilang murah. Karena kisaran biaya servis Honda Civic Turbo enggak sampai menyentuh angka Rp4 jutaan. Bahkan biaya servis termahalnya hanya ada di angka Rp3 jutaan saja.

Honda Civic Hatchback Turbo

Tampang depan belakang Honda Civic Hatchback Turbo (Istimewa)

Bagi sebagian orang rasanya sih mereka enggak bakal percaya kalau Honda Civic Turbo ini punya biaya servis yang lumayan terjangkau. Mobil yang menjadi pesaing terdekat dari Mazda3 ini diakui memang punya biaya servis yang murah.

Anggota komunitas Honda Civic Turbo bernama Fajar pun mengakui hal tersebut. Ia mengatakan jika biaya servisnya cukup hemat.

Biaya Servis Honda Civic Turbo

Lantas, seberapa murahkah biaya servis Honda Civic Turbo ini?

Sebagai gambaran, biaya servis yang harus dikeluarkan pemilik pada 10.000 km pertama ada di kisaran Rp735 ribu. Biaya ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk penggantian oli mesin dan ring tab oli pada servis pertama

Honda Civic Turbo Hatchback

Honda Civic Turbo Hatchback (HPM)

Lalu, biaya servis keduanya pun juga cukup murah. Pada saat memasuki 20 ribu kilometer, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp735 ribuan. Adapun penggantian yang dilakukan meliputi oli mesin dan filter oli yang baru. Servis ini sendiri punya tujuan agar memberikan pelumasan yang sempurna pada mesin mobil.

Pada saat memasuki 30 ribu kilometer, biaya servisnya akan menjadi lebih mahal sekitar Rp888 ribuan. Jumlah tersebut masih bisa dikatakan cukup murah, mengingat tak sampai Rp1 jutaan.

Lalu, biaya servis Honda Civic Turbo saat mencapai 40 ribu kilometer bisa menyentuh harga Rp1,3 jutaan. Biaya ini meliputi penggantian kampas rem, filter oli mesin, oli transmisi CVT, oli mesin, dan beberapa komponen yang sudah waktunya diganti.

Dengan melihat biaya tersebut, rasanya cocok sekali jika Honda Civic turbo ini diberi predikat sebagai mobil mewah dengan perawatan murah.

Lalu bagaimana saat mobil menempuh jarak 50 ribu kilometer?

Honda Civic Hatchback Turbo

Kabin Honda Civic Hatchback Turbo

Pada saat memasuki jarak tempuh 50 ribu kilometer, biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik mencapai Rp735 ribuan saja. Biaya tersebut sama dengan servis pertama dan kedua yang hanya mengganti oli mesin dan filter oli mesin saja.

Perlu dicatat juga, ini merupakan batas waktu terakhir kali Honda memberikan gratis biaya jasa pada setiap kali melakukan servis di bengkel resmi.

Pihak Honda sendiri memang memberikan gratis biaya jasa hingga 5 tahun atau 50 ribu kilometer yang mana dicapai lebih dulu. Makanya tidak heran jika biaya servis Honda Civic Turbo ini terbilang cukup murah untuk ukuran mobil Rp400 jutaan.

Lalu, bagaimana saat mobil sudah tidak mendapat biaya gratis jasa servis?

Honda Civic Hatchback Turbo

Honda Civic Hatchback Turbo (HPM)

Biaya Servis Honda Civic Turbo di Luar Gratis Jasa

Untuk mobil yang sudah menempuh jarak tempuh 60 ribu kilometer, biaya yang harus dikeluarkan akan mencapai Rp1,7 jutaan. Biaya tersebut tentunya meliputi penggantian oli mesin, filter oli, kanvas rem dan beberapa komponen fast moving yang disarankan bengkel resmi.

Biaya ini merupakan biaya yang dipatok dalam sekali servis di bengkel resmi, di luar gratis biaya jasa, ya.

Mungkin ada sebagian orang yang bertanya, apakah biaya tersebut hanya untuk versi sedan saja? Bagaimana dengan biaya servis Honda Civic Hatchback?

Jawabannya: sama.

Kedua model tersebut memiliki biaya servis yang sama, alias tidak ada perbedaan. Hal tersebut dikarenakan komponen yang digunakan kedua mobil sama, tidak ada perubahan.

Honda Civic Generasi ke-10

Mesin Turbo Honda Civic Generasi ke-10

Oli Mesin yang Disarankan

Karena Honda Civic ini memiliki turbo di dalam mesinnya, usahakan kamu memilih oli mesin dengan spesifikasi yang dikhususkan untuk mobil dengan turbo. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa mesin dan turbo agar lebih awet saat pemakaian. Oli mesin khusus turbo juga memang dirancang sedemikian rupa untuk menjaga turbo agar tetap awet.

Jika memakai oli dari bengkel resmi Honda, maka akan diberikan oli Honda Automobile Oil Turbo dengan spesifikasi 0W-20 SN GF-5 Fully Synthetic.

Oli yang dibutuhkan untuk mesin Honda Civic ini mencapai 4 liter jika tidak mengganti filter oli. Namun jika mengganti filter oli mesin, akan bertambah menjadi 4,5 hingga 5 liter.

Honda Civic Hatchback Turbo

Honda Civic Hatchback Turbo

Jumlah ini merupakan jumlah yang disarankan oleh bengkel resmi untuk mengganti oli mesin Honda Civic turbo yang ada di Tanah Air. Harga oli paket yang ditawarkan bengkel resmi mencapai Rp590 ribuan dengan filter oli mesin seharga Rp40 ribuan saja.

Sementara untuk harga Honda CVT Fluid-2 (HCF-2) yang dibutuhkan saat mengganti oli transmisi CVT mencapai 3,5 liter. Harga yang ditawarkan bengkel resmi buat mengganti oli transmisi ini berkisar di angka Rp327 ribuan saja.

Ada juga harga minyak rem per botol yang dijual mencapai Rp22 ribuan saja di bengkel resmi Honda. Lalu, filter udara untuk Honda Civic turbo dijual dengan harga Rp168 ribuan.

Harga Komponen Honda Civic Turbo di Bengkel Resmi

Biaya lain yang harus kamu siapkan saat melakukan servis adalah perawatan AC mobil. Di bengkel resmi, filter AC mobil untuk Honda Civic Turbo dibanderol di kisaran Rp225 ribuan.

Lalu, bagaimana dengan busi mobil ini? Busi tipe apa yang cocok untuk digunakan pada Civic Turbo?

Honda Civic Hatchback Turbo

Pihak bengkel resmi menyarankan untuk memakai busi tipe iridium pada Honda Civic Turbo.

“Khusus untuk Honda Civic Turbo harus pakai yang model iridium, tidak boleh yang biasa,” kata Mario, mekanik bengkel resmi Honda.

Harga busi iridium di bengkel resmi ini bisa dibilang cukup mahal, karena mencapai Rp405 ribuan per satuannya. Sedangkan Honda Civic Turbo membutuhkan 4 buah busi iridium. Jadi, Rp405 ribu dikali 4, maka konsumen harus mengeluarkan biaya sekitar Rp1,6 jutaan untuk 4 buah businya saja.

Tapi harus ingat, biaya ini merupakan biaya yang ditentukan oleh bengkel resmi. Setiap bengkel resmi terkadang memiliki harga yang sedikit berbeda-beda, dan harga jual ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Tapi, setidaknya kalian bisa tahu sedikit mengenai kisaran harga komponen yang ada di bengkel resmi Honda ini agar tidak kaget mendengar harganya.

New Honda Civic Hatchback RS resmi diluncurkan dengan beragam perubahan. (Foto: Carmudi/Santo)

Kekurangan Honda Civic Turbo

Built Quality Kurang Baik

Beberapa pembeli kerap mengeluhkan built quality atau kualitas material pada Honda Civic Turbo yang cukup jelek. Seperti misalnya aksesoris interior mudah lepas, mesin kadang bermasalah, hingga penggunaan material yang sangat buruk. Tak sedikit para pembeli Honda Civic Turbo yang mengatakan jika mobil ini memiliki kualitas yang setara dengan LCGC.

Hal inilah yang terkadang menjadi alasan bagi sebagian orang enggan membeli Honda Civic Turbo. Dengan harga Rp500 jutaan, material dan kualitas yang diberikan jelas sangat buruk bagi sebuah mobil. Membeli mobil mahal dengan kualitas yang buruk, lebih baik membeli mobil lain dengan kualitas jauh lebih baik.

Honda Civic Hatchback Facelift (Foto: Paultan)

Suara Ban Cukup Bising

Bagi sebuah sedan dengan label mewah, Honda Civic Turbo tidak diimbangi dengan peredaman suara yang baik. Mobil ini cenderung memiliki suara bising yang dihasilkan dari bagian ban.

Pada generasi awal yang rilis pada 2016, mungkin potensi bising ini masih cukup terasa. Namun untuk versi pembaruan rasanya suara bising ini sudah diredam cukup baik.

Harga Bekas Honda Civic Turbo

Harga bekas Honda Civic Turbo di Indonesia sebenarnya cukup bervariasi. Produksi tahun 2016 terpantau dihargai sekitar Rp340 jutaan hingga Rp390 jutaan. Harga ini tentunya disesuaikan dengan kondisi mobil dan wilayahnya.

Sedangkan untuk Honda Civic Turbo lansiran 2017 dijual bekas dengan rataan harga Rp340 jutaan hingga 400 jutaan.

New Honda Civic Hatchback RS tampak samping. (Foto: Carmudi/Santo)

Lain lagi dengan produksi tahun 2018, harganya terpantau berada di kisaran Rp370 jutaan hingga Rp405 jutaan. Sedangkan untuk versi yang lebih baru yakni buatan tahun 2019 dihargai kisaran Rp380 jutaan hingga Rp460 jutaan.

Harga bekas ini bagi sebagian orang tentu cukup menggiurkan dibanding membeli baru yang punya harga cukup tinggi untuk ukuran mobil sedan dan hatchback. Namun, fitur yang didapatkan juga lumayan banyak.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kupas Tuntas Spesifikasi Honda WR-V, Jazz Ala SUV

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts