Sepeda motor

Simak Spesifikasi dan Harga Honda Beat Terbaru Tipe Deluxe 2021

Beat terbaru tipe Deluxe banyak diminati. (Foto: kaskus)

JakartaHonda Beat terbaru telah diluncurkan pada awal 2020 lalu menawarkan empat tipe. Salah satunya adalah tipe Deluxe sebagai tipe termahal.

Harus diakui kalau varian Honda Beat banyak diminati oleh para konsumen di Indonesia. Jika dibandingkan dengan tipe lainnya, Beat terbaru tipe Deluxe mempunyai lebih banyak keunggulan.

Keunggulan paling menonjol pada motor ini yaitu tampilannya yang terlihat lebih simpel dan elegan, dimana terdapat kelir dengan satu warna dominan berjenis doff.

Selain itu, terdapat juga emblem Beat yang didesain menarik di bagian samping. Di sisi lain, Beat terbaru tipe Deluxe memiliki beberapa fitur yang canggih dan mumpuni dalam memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Carmudi telah rangkum spesifikasi dan harga Honda Beat terbaru tipe Deluxe yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

Spesifikasi Honda Beat Terbaru Tipe Deluxe

Mesin Honda Beat Terbaru Deluxe

Honda Beat terbaru tipe Deluxe dibenamkan mesin yang mirip dengan Honda Genio. Motor ini memiliki mesin tipe 4-Langkah, SOHC, eSP dengan jantung mekanis berkapasitas 109,5 cc.

Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 8,8 hp pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Di sisi lain, Beat terbaru tipe Deluxe mempunyai konsumsi bahan bakar yang irit, yaitu mencapai 60,6 km per liter. Daya jelajahnya bisa mencapai 254 km jika tangki bahan bakarnya diisi penuh.

Hal ini berkat adanya teknologi eSP yang membuat tenagan mesin motor tersebut bertenaga, namun tetap irit konsumsi bahan bakarnya.

Honda Beat terbaru tipe Deluxe telah menggunakan kompresi yang tinggi, yakni 10:1. Selain itu, desain pistonnya memakai gaya overstroke.

Untuk sistem transmisinya sendiri, motor ini mengandalkan transmisi otomatis V-Matic, sedangkan untuk suspensinya, menggunakan suspensi teleskopik pada bagian depan dan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal di bagian belakang.

Rangka Honda Beat Terbaru Deluxe

Beat terbaru tipe Deluxe menggunakan rangka eSAF. (Foto: Carmudi/Rizen)

Honda Beat tipe Deluxe juga memiliki keunggulan lain pada bagian rangkanya yang sudah menggunakan eSAF (Enhandced Smart Arcitecture Frame).

Bobot rangka ini lebih ringan dibandingkan rangka Beat model sebelumnya. Bobot rangka Beat terbaru tipe Deluxe sebesar 11 kg, sedangkan Beat model sebelumnya memiliki bobot 19 kg.

Selain itu, rangka motor ini juga lebih sederhana dan bisa meminimalisir getaran. Motornya terasa stabil saat melalui jalan yang bergelombang, serta nyaman dibawa bermanuver.

Dengan adanya rangka eSAF ini, pengemudi Beat terbaru tipe Deluxe dapat percaya diri, termasuk pengemudi yang masih pemula karena motornya yang terasa ringan dan aman dibawa berkendara.

Di sisi lain, motor ini dibekali bagasi dan tangki bensin dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan Beat model sebelumnya.

Honda Beat terbaru tipe Deluxe memiliki bagasi berkapasitas 12 liter dan tangki bensin 4,2 liter. Pengguna motor tersebut dapat menaruh barang yang berukuran kecil seperti jas hujan, tas kecil, dan lainnya.

Desain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Honda Beat terbaru tipe Deluxe memiliki desain simpel dan elegan.

Dari segi dimensi, Honda Beat terbaru tipe Deluxe ini memiliki ukuran panjang 1.887 mm, lebar 669 mm, dan tinggi 1.074 mm, serta ground clearance atau jarak terendah ke tanah setinggi 147 mm.

Jika melihat tampilannya secara keseluruhan, motor tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan tipe-tipe Beat terbaru di bawahnya.

Pada bagian depan, terdapat lampu LED yang diklaim dapat memberikan pencahayaan secara maksimal saat motornya dibawa berkendara di malam hari.

Selain memiliki kelir berjenis doff, Beat terbaru tipe Deluxe mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki Beat terbaru tipe lainnya, yaitu catnya yang tidak mengilap serta disematkan emblem 3D di bodi bagian samping dengan warna krom.

Selain itu, motor tersebut mempunyai warna solid seperti silver, serta motif yang agak matte sehingga dinilai mirip dengan motif punya Honda Vario 150 terbaru.

Secara keseluruhan, Honda Beat terbaru tipe Deluxe memiliki desain yang simpel dan elegan, serta terlihat modern.

Fitur

All New Honda Beat dibekali fitur soket pada varian tertinggi. (Foto: Carmudi/Rizen)

Sempat disinggung sebelumnya bahwa motor ini memiliki beberapa fitur canggih. Perlu diketahui, Honda Beat terbaru tipe Deluxe memiliki basis yang sama dengan Beat terbaru tipe CBS ISS, sehingga keduanya mempunyai fitur mirip.

Mulai dari fitur ISS (Idling Stop System) untuk menghemat konsumsi bahan bakar motornya, panel instrumen kombinasi analog dan digital, serta kunci kontak yang sudah terintegrasi dengan bukaan bagasi.

Selain itu, turut disematkan power outlet dengan kapasitas 12 volt dan daya 1 ampere di dekat kontak kunci motor. Untuk menggunakannya, pengguna motor harus menggunakan USB connector.

Di sisi lain, Beat terbaru tipe Deluxe mempunyai sistem CBS (Combi Brake System). Sistem ini merupakan pengereman ganda, dimana saat pengguna motor menarik tuas rem sekali, maka rem di bagian depan dan belakang akan mengerem secara bersamaan.

Tuas rem yang dimaksud adalah tuas rem belakang pada bagian kiri.

Harga Honda Beat Tipe Deluxe 2021

Harga Beat terbaru tipe Deluxe 2021. (Foto: 100kpj)

Bagi yang tertarik membeli motor ini, cukup memiliki budget di bawah Rp20 juta. Beat terbaru tipe Deluxe ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Dilansir dari web resminya, Honda Beat terbaru tipe Deluxe ditawarkan seharga Rp17,25 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta. Motor tersebut ditawarkan dalam dua pilihan warna, yaitu warna silver dan hitam.

Kekurangan Honda Beat Terbaru Tipe Deluxe

Selain memiliki beberapa keunggulan di atas, Honda Beat terbaru tipe Deluxe ini pastinya juga mempunyai kelemahan-kelemahan seperti motor lain pada umumnya.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Beat terbaru tipe Deluxe.

Ukuran Bodi Kecil

Kelemahan pertama Beat tipe ini adalah memiliki ukuran bodi yang termasuk kecil, sehingga tidak semua orang bisa mengendarainya dengan nyaman.

Khususnya bagi pengemudi yang memiliki badan tinggi dan besar, pastinya merasa kesulitan saat mengendarai motor tersebut.

Honda Beat terbaru tipe Deluxe dinilai lebih cocok dibawa berkendara oleh pengemudi wanita yang kebanyakan memiliki tinggi badan tidak terlalu tinggi.

Motor tersebut mungkin memang diperuntukan untuk pengemudi wanita. Namun, tidak ada salahnya pengemudi laki-laki menggunakan Beat tipe ini selama nyaman dibawa berkendara.

Memiliki Ruang Pijak Sempit

Tidak hanya memiliki bodi yang berukuran kecil, Beat terbaru tipe Deluxe juga mempunyai ruang pijak tidak terlalu luas, sehingga kaki pengemudi tidak memiliki ruang gerak leluasa.

Saat dibawa berkendara dalam perjalanan jarak jauh, pengemudi akan mudah merasa kelelahan.

KapasitasBagasi Tidak Terlalu Memadai

Bagasi Beat terbaru tipe Deluxe tidak terlalu besar. (Foto: otofemale)

Baca juga:

Memang kapasitas bagasi motor ini lebih besar dibandingkan Beat model sebelumnya, namun tetap belum memadai.

Pengemudi tidak bisa membawa barang yang ukurannya besar seperti helm motor sebagai barang penting yang harus dipakai saat berkendara.

Kapasitas bagasi Beat terbaru tipe Deluxe hanya dapat menampung barang bawaan berukuran kecil, seperti jas hujan, buku, dan sebagainya. Selain itu, bagasinya juga tidak dapat membawa barang dalam jumlah banyak.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts