Home » Mobil » Simak Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Voxy, Penerus Nav1 Berdesain Sporty

Simak Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Voxy, Penerus Nav1 Berdesain Sporty

Toyota Voxy
Toyota Voxy. Foto/Istimewa

Jakarta – Toyota Voxy yang bermain di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) diluncurkan pertama kali pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam. Di sisi lain, mobil ini disebut-sebut memiliki spesifikasi yang mirip dengan Nav1.

Dilansir dari jurnal Carmudi, Toyota Voxy ini merupakan generasi penerus dari Nav1 yang pertama kali dirilis di Indonesia pada 2013. Sebutannya di negara asalnya, Jepang, adalah Toyota Noah baru yang memiliki tampilan lebih sporty.

Toyota Voxy yang dirilis di Indonesia merupakan Noah generasi ketiga yang memiliki kode bodi R80. Sedangkan Nav1, generasi keduanya berkode R70 dan pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 2007 silam.

Lebih Berkarakter

Jika dibandingkan dengan Nav1, Toyota Voxy memiliki sisi samping yang terlihat lebih menarik. Window line-nya terdapat lekukan di ujungnya yang tidak hanya lurus. Tetapi, juga sudah dilapisi dengan bahan krom.

Di sisi lain, Toyota Voxy ini memperlihatkan railing dari pintu geser elektriknya dengan jelas di bawah jendela. Selain itu, terdapat juga aksen floating roof yang timbul oleh kaca pilar C dan tersambung hingga lampu belakang.

Toyota Voxy sudah menggunakan Smart Key modern. Dimana, untuk membuka kunci mobil ini cukup dengan mengantongi anak kuncinya. Lalu, raih bagian dalam handel pintu pengemudi atau penumpang bagian depan.

Bila akan menguncinya kembali, pengguna mobil ini cukup menyentuh motif dua garis di handel pintu yang sama. Dan, semua pintu mobil pun terkunci.

Spesifikasi Toyota Voxy

Toyota Voxy
Tampilan generasi Nav1 yang sekarang berganti nama Voxy. Foto/Carmudi.

Saat diluncurkan di Indonesia, Toyota Voxy ini mendapatkan sambutan yang cukup baik dari para konsumen di Tanah Air.

Bagi Carmudian yang mencari mobil berbentuk boxy atau berukuran kotak, mobil besutan Toyota ini bisa menjadi salah satu pilihan yang direkomendasikan. Carmudi rangkum spesifikasi Toyota Voxy secara rinci dan lengkap sebagai berikut.

Dimensi Toyota Voxy

Spesifikasi pertama Toyota Voxy yang akan dibahas adalah dimensinya. Dari segi dimensi, mobil tersebut memiliki ukuran panjang 4.710 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.835 mm. Dibandingkan dengan Nav1, Voxy memiliki ukuran lebih besar. Toyota Nav1 memiliki panjang 4.600 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.850 mm.

Selain itu, Toyota Voxy memiliki ground clearance setinggi 165 mm. Sehingga, mobil ini dapat melewati berbagai medan jalan yang curam atau terjal sekali pun dengan aman dan nyaman. Di sisi lain, Toyota Voxy ini telah dibekali suspensi yang handal dan tangguh pada sektor kaki-kakinya di bagian depan maupun di bagian belakang.

Pada bagian depan, mobil ini mengandalkan suspensi tipe MacPherson Strut with Coil Spring Stabilizer. Sedangkan di bagian belakang, menggunakan suspensi tipe Torsion Beam with Coil Spring Stabilzier. Kedua suspensi ini dinilai tidak hanya dapat menjaga keseimbangan mobil. Tetapi, juga meredam setiap getaran jika melewati jalanan yang bergeronjal.

Tidak hanya itu saja, dalam menunjang keselamatan berkendara, mobil MPV Toyota ini sudah dilengkapi dengan rem cakram Ventilated Disc pada bagian depan, serta Solid Disc di bagian belakang yang berukuran 15 inci.

Mesin Irit

Pada bagian mesin, Toyota Voxy telah dibenamkan mesin DOHC berkapasitas sebesar 2 liter atau 1987 cc 4 silinder 16 dengan 16 katup yang dilengkapi teknologi 3ZR-FAE. Mesin ini nantinya disalurkan melalui sistem transmisi canggih, yaitu transmisi CVT-i. Kombinasi mesin dan sistem transmisi tersebut diklaim dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 152 Ps pada putaran 6.100 Rpm, serta torsi maksimal 19.7 Kgm pada putaran 3.800 Rpm.

Di sisi lain, konsumsi bahan bakar Toyota Voxy dinilai irit dan efisien. Ini dikarenakan mobil tersebut sudah dibekali teknologi bersistem injeksi Electronic Fuel Injection dengan kapasitas tangki bahan bakar yang sangat besar, yakni 55 liter.

Eksterior Elegan

Toyota Voxy yang diboyong di ajang GIIAS di Surabaya. Foto/Carmudi Indonesia.

Jika melihat tampangnya, mobil penerus Nav1 ini terlihat mirip dengan Alphard yang berdesain menarik, gagah, serta cukup elegan. Terdapat headlamp yang sudah menggunakan lampu berteknologi LED. Serta, DRL (Day Time Running Light) yang disematkan sejajar di kap mesin mobil. Dengan demikian, lampu tersebut dapat memberikan pencahayaan yang maksimal, khususnya saat berkendara di malam hari.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga air lips dan kisi-kisi kecil yang disematkan pada bumper depan yang dibuat memanjang hingga aero kit di sisi samping. Mobil ini pun terlihat agresif. Sedangkan pada sisi sampingnya, terlihat simpel namun mewah dengan adanya velg bergaya sporty berukuran 16 inci, serta handel pintu beraksen krom.

Sedangkan bagian belakangnya, Toyota Voxy mengusung konsep desain Majestic dengan menggunakan lampu rem atau stop lamp LED serta garnis berlapis krom tepat di bawah kaca. Tidak ketinggalan, disematkan pula sensor parkir pada bagian bumper belakang mobil.

Interior Mewah

Toyota Voxy
Ruang kabin Toyota Voxy kelihatan lega dengan konfigurasi lipat yang cukup banyak. (Foto : Google)

Tidak hanya memiliki sisi eksterior yang elegan, Toyota Voxy juga memiliki interior yang terlihat mewah. Berbagai fitur yang cukup lengkap turut disematkan pada sisi interior mobil ini. Pada bagian dasbornya, didesain dengan paduan dua warna hitam bergaya Burgundy, serta konsep multi-layer yang terlihat elegan.

Tidak hanya itu saja, untuk fitur hiburannya sendiri, Toyota Voxy ini sudah dibekali dengan fitur Advanced Entertainment System. Fitur ini terdiri dari Touch Screen atau layar sentuh yang berukuran cukup lebar. Serta, terdapat berbagai tampilan menu sebagai penunjang fitur hiburan. Antara lain, auto Store, MP3, dan DVD dengan jam serta kalender digital yang dapat memberikan hiburan bagi pengemudi serta para penumpang mobil ini agar tidak bosan selama di perjalanan.

Di sisi lain, setir kemudi Toyota Voxy ini telah dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi. Sehingga, memberikan kemudahan bagi pengemudi mobil tersebut saat berkendara. Tombol-tombol tersebut yaitu fitur cruise control, pengaturan audio, serta menu.

Tidak hanya itu saja, pada bagian sistem setir kemudinya juga terdapat berbagai tombol pengaturan. Seperti, tombol power sliding door di bagian kiri dan kanan, tombol engine start/stop, dan alarm parkir. Selain itu, mobil MPV premium ini juga memiliki MID (Multi Information Display). Layar tersebut dapat menampilkan berbagai informasi penting berupa instrument cluster. Antara lain, penanda putaran mesin atau Tachometer, speedometer, serta indikator bahan bakar mesin yang berdesain simpel dan sederhana.

Fitur Mumpuni

Sebagai salah satu mobil MPV premium, pihak Toyota pastinya membekali mobil buatannya ini dengan berbagai fitur canggih dan mumpuni serta modern agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitor di kelasnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagian dasbor mobil telah disematkan teknologi Touch Screen atau layar sentuh dengan ukuran yang cukup lebar.

Tidak hanya itu saja, layar sentuh tersebut dapat memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengguna mobil dengan beragam menu pilihan, serta menunjang fitur hiburan. Sehingga, pengemudi dan para penumpang merasa nyaman berada dalam mobil ini selama perjalanan berlangsung.

Di sisi lain, Toyota Voxy ini telah dilengkapi dengan fitur menu Exceptional Multi-Information Display. Fitur tersebut dapat menampilkan informasi seperti suhu mesin, ECO indikator, dan jam digital yang informatif. Dengan demikian, pengemudi dapat memahami kondisi mobil yang dikendarainya ini dengan lebih mudah.

Selain itu, jok yang digunakan Voxy ini terlihat mewah. Pasalnya, joknya sudah menggunakan bahan material kulit berwarna cerah. Sehingga, dapat memberikan kenyamanan secara lebih bagi penumpang dan para penumpang yang duduk di jok mobil ini.

Tidak ketinggalan, pada baris kedua Toyota Voxy sudah dibekali dengan fitur pengaturan Captain Seat, sama seperti Nav1. Meskipun belum bisa diatur sesuai keinginan, fitur tersebut sudah bisa diputar dengan sudut sampai 360 derajat. Sedangkan, di baris ketiga dari kabin Toyota Voxy ini, juga disematkan pengaturan jok seperti pada kursi baris kedua yang dapat memberikan kenyamanan secara maksimal.

Pada bagian atap mobil ini, telah dilengkapi dengan Panaromic Roof yang terlihat mewah. Salah satu bagian menarik pada Toyota Voxy adalah jok kursi belakang bisa dilipat dengan mudah. Sehingga, dapat memberikan ruang lebih memadai untuk menaruh barang bawaan dalam jumlah banyak.

Untuk fitur keselamatannya sendiri, mobil ini sudah dibekali dengan fitur standar. Seperti, teknologi ABS (Anti-lock Braking System) yang diklaim dapat memberikan pengereman sempurna jika pengemudi melakukan pengereman mendadak serta mencegah ban mobil terselip sehingga mengurangi resiko kecelakaan.

Dengan mengetahui berbagai keunggulan pada interior Toyota Voxy di atas, pastinya baik pengemudi maupun penumpang mobil ini dapat merasakan kenyamanan secara sempurna saat berada dalam ruang kabin mobil tersebut.

Harga Toyota Voxy Terbaru

Toyota Voxy
Tampang All New Toyota Voxy yang melantai di GIIAS 2017. (Foto : Google)

Memiliki spesifikasi yang mumpuni baik pada sisi eksterior maupun interiornya, tidak heran jika Toyota Voxy ini dibanderol dengan harga mahal. Harga Toyota Voxy 2.0 A/T dibanderol Rp495,75 juta.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
7 Alasan Mengapa Toyota Corolla DX Layak Dipelihara
Next post
Logo VW dan Audi Berubah untuk Kampanye Social Distancing

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *