Mobil

Alasan Toyota GR Yaris Bakal Jadi Mobil Langka

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya memperkenalkan Toyota GR Yaris secara resmi di Indonesia. Mobil ini menyasar segmentasi yang spesifik dengan harga tergolong mahal. Jumlah unit terbatas juga menjadikan Toyota GR Yaris mobil langka di masa depan.

Toyota GR Yaris Mobil Langka

Jumlah terbatas menjadikan Toyota GR Yaris mobil langka. (Foto: TAM)

Dalam jumpa pers virtual yang digelar, Kamis (19/8/2021) lalu Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM mengatakan harga yang berlaku untuk GR Yaris di Indonesia sekitar Rp850 juta.

Itu artinya hampir tiga kali lipat harga Yaris reguler varian tertinggi. Maklum, mobil ini bukanlah model produksi massal. Melainkan produk global yang dibuat dalam jumlah terbatas untuk memenuhi syarat homologasi balap World Rally Championship (WRC).

Menurut Anton, mobil ini hanya dibuat sebanyak 25.000 unit secara global sementara Indonesia kebagian 100 unit. Di lain sisi TAM menerima 600 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk mobil ini.

Eksterior Toyota GR Yaris

(Foto: Toyota)

“Karena animo demand-nya sangat tinggi, dibantu oleh teman-teman diler juga, besok akan diadakan pengundian unit-unit ini akan diterima oleh konsumen yang mana,” kata Anton.

Ia juga menyampaikan konsumen yang beruntung akan menerima unitnya sekitar bulan November 2021.

“Kita sekarang masih proses untuk perizinan semuanya, harapan kita sudah bisa selesai bulan ini untuk uji tipenya. Nanti kita perlu buat TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) impor, kemudian baru bisa kita delivery ke konsumen,” ujarnya.

Interior Toyota GR Yaris

(Foto: Toyota)

Spesifikasi Sangat Istimewa

TAM menyampaikan mobil ini dibuat dengan metode reverse engineering. Mengacu pada desain mobil balap yang kemudian diadopsi untuk sebuah mobil jalan raya.

Disebutkan bahwa proses produksinya pun menggunakan line khusus di pabrik Toyota yang berada di Motomachi, Jepang.

Aspek performa ditunjang mesin berkode G16E-GTS yang memiliki kapasitas 1.600 cc 3 silinder dilengkapi dengan turbo.

Mesin G16E-GTS

(Foto: Toyota)

Berbeda dengan Yaris produksi massal yang menggunakan sistem penggerak roda depan, GR Yaris dilengkapi sistem penggerak semua roda full time 4W berkode GR-FOUR.

Kehadiran GR Yaris melengkapi jajaran mobil GAZOO Racing tulen di Indonesia yang sebelumnya sudah diisi GR Supra.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts