HomeSepeda motorSpesifikasi Lengkap BMW R18 First Edition, Punya Fitur Mundur Lewat Starter

Spesifikasi Lengkap BMW R18 First Edition, Punya Fitur Mundur Lewat Starter

Jakarta – BMW R18 First Edition merupakan motor terbaru yang dirilis oleh BMW Motorrad Indonesia. Motor berjenis cruiser pertama di keluarga sepeda motor BMW ini bisa dibilang sangat spesial.

Karena BMW R18 mengusung konsep budaya klasik dari sepeda motor BMW R5 yang dirilis 80 tahun lalu. Lalu, apa keistimewaan motor yang baru meluncur di Indonesia ini?

“Hadirnya BMW R18 First Edition ini tentu menjadi citarasa yang unik dibanding lini yang ada, dan juga ini mesin boxer terbesar yang pernah ada,” kata Agung Dewanto, Sales and Marketing Director BMW Motorrad Indonesia kepada Carmudi, Kamis (26/11/2020) lalu.

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di awal, BMW R18 First Edition ini seakan dibuat untuk mereinkarnasi BMW R5 yang dirilis pada tahun 1936.

Ada beberapa hal dari BMW R5 yang tetap dipertahankan pada BMW R18. Misalnya penggunaan mesin boxer 2 silinder, penggunaan kopel yang dibiarkan terbuka, chasis double loop tubular, dan suspensi teleskopik di bagian depan.

Selain itu, knalpotnya juga dibuat seperti model sirip ikan. Walaupun secara desain cukup historikal, tetapi fitur canggih tetap disematkan di motor ini.

Spesifikasi Mesin BMW R18 First Edition

Berdasarkan data, BMW R18 ini menggunakan mesin berkapasitas 1.802 cc, 2 silinder dengan model boxer. Mesin ini merupakan mesin boxer dengan kapasitas terbesar yang pernah dibuat oleh BMW Motorrad dalam sejarah.

Tenaganya bisa mencapai 91 hp dengan torsi maksimal 158 Nm. Adapun system fuel injection, BMS-K + electronic engine management turut tertanam di mesin motor ini.

Walaupun kapasitasnya besar, tetapi pendinginan mesinnya dibuat bersirip berpendingin udara. Sebagai tambahan, pendingin oli dipasangkan agar mesin tetap terjaga suhunya.

Transmisi yang dipakai menggunakan 6 percepatan dengan penggerak gardan. Adanya kopel yang dibiarkan terbuka diakui untuk menambah kesan klasik pada motor cruiser ini.

Bobot BMW R18

Karena kapasitas mesinnya cukup besar, maka bobotnya terbilang cukup berat. Secara total motor ini punya bobot mencapai 340 kg.

Enaknya, karena joknya pendek pengendara enggak perlu takut kaki bakalan jinjit. Karena pengendara dengan tinggi 170 cm bisa menapak ke tanah dengan mudah.

Fitur BMW R18 First Edition

Apa aja fitur yang ada di motor yang dijual seharga Rp969 juta off the road ini?

Pertama adalah lampu LED di semua bagian lampunya. Baik di bagian depan maupun belakang sudah memakai LED. Kuncinya juga sudah memakai model keyless, dengan anak kunci untuk membuka tangki bensin.

Selain itu motor ini juga dibekali dengan automatic stability control (ASC). Salah satu yang keren adalah fitur reverse assist yang bisa membuat motor bergerak mundur dengan elektronik.

Cara pakainya lumayan mudah, di bagian cover bawah jok sebelah kiri terdapat tuas. Tuas inilah yang bisa digunakan untuk mengaktifkan reverse assist pada BMW R18 First Edition.

“Jadi kalau mau mundur, tuasnya dipindahkan aja. Nanti buat mundurnya si pengendara bisa starter motornya. Sambil starter ditekan motornya bakal mundur pelan-pelan. Kalau tombol starternya dilepas, otomatis motornya juga tidak akan mundur,” kata Achmad Nur Ardhi Putra, Product Manager BMW Motorrad Indonesia.

Fitur ini sengaja dibuat agar memudahkan pengendara buat memindahkan motor. Maklum, bobotnya lumayan berat. Bisa-bisa punggung pada rontok semua nih dorong-dorong motor ini.

Riding Mode

Ada 3 riding mode di motor ini. Mulai dari Rain yang bisa menjaga traksi saat hujan, Roll dan Rock. Untuk Rock, bisa membuat motor jadi sedikit lebih liar.

Karena ECU bakal memerintahkan mesin untuk jadi sedikit lebih liar. Suspensi dari motor ini juga tersembunyi di bagian bawah jok.

Tujuannya supaya menguatkan kesan klasik. Sementara BMW R18 generasi pertama ini cuma punya satu warna aja, hitam.

“Jadi setiap pembeli motor ini itu bakalan mendapatkan 1 box. Itu isinya dapat emblem klasik, baut untuk memasang emblem, buku sejarah motor BMW dan topi special edisi R18,” sambung Benny, Marketing Manager BMW Motorrad Indonesia.

Sudah Dipesan 20 Orang

Agung menambahkan kalau motor ini sudah dipesan oleh 20 orang di Indonesia.

“Jadi first edition ini sudah dipesan sama 20 orang. Mereka sangat antusias sekali dengan motor ini, terutama Ariel Noah yang jadi pembeli pertama,” sambungnya.

Ke depannya BMW Motorrad akan menjual R18 tipe Classic. Harganya pun akan sedikit berbeda dengan tipe first edition.

BMW R18 Classic rencananya bakal dijual dengan harga Rp1,039 miliar off the road.

Ternyata walaupun pandemi begini masyarakat Indonesia masih bisa tetap beli motor sultan, yah.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Ini Kisaran Harga BMW R18 Classic yang Bakal Meluncur di Indonesia

Previous post
Persaingan Sengit, Ini Perbandingan Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L
Suzuki Ignis
Next post
Suzuki Ignis Diganjar Penghargaan Mobil Terfavorit Gen-Z