Sepeda motor

Jadi Pionir, Berapa Banyak Honda PCX Hybrid yang Laku Terjual?

Honda PCX Hybrid

Honda PCX Hybrid terjual ribuan unit di Indonesia (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Honda PCX Hybrid resmi dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia pada 2018. PCX Hybrid menjadi sepeda motor hybrid pertama di dunia dan sudah diproduksi lokal di pabrik AHM, Sunter, Jakarta Utara.

Sampai sekarang Honda PCX Hybrid masih dijual ke konsumen, bahkan untuk model terbaru yaitu PCX 160 datang dengan nama e:HEV.

Saat awal peluncuran, PCX Hybrid dijual dengan harga Rp40,3 juta. Harga tersebut menjadi yang paling mahal di antara tipe lainnya.

Kendati demikian, PCX Hybrid mendapat sambutan cukup baik dari konsumen, terutama pecinta sepeda motor premium bertubuh bongsor. Total unit yang terjual sejak awal diluncurkan hingga 2020 mencapai ribuan.

“Kalau kita lihat selama penjualan awal 2018 itu, kurang lebih tiga tahun sampai 2020, kurang lebih di atas 2.000 unit penjualan dari sepeda motor PCX hybrid,” ungkap Thomas Wijaya, Marketing Director PT AHM, saat diskusi virtual bersama sejumlah media, Jumat (5/2/2021).

Menurut Thomas, Honda PCX Hybrid segmennya cukup unik. Umumnya para pembeli adalah mereka-mereka yang ingin mencoba sekaligus merasakan langsung teknologi hybrid yang kini hanya ada di PCX.

Honda PCX Hybrid

Honda PCX Hybrid diluncurkan di Indonesia 2018 (Foto: Carmudi)

Meski ada embel-embel hybrid, tetapi secara fungsi dan cara kerjanya tidak sama seperti teknologi hybrid pada mobil. Sistem hybrid yang ada di PCX bukan untuk irit bahan bakar melainkan sebagai pemberi dorongan tambahan pada saat tarikan awal.

“Kosumen yang ingin mencoba bisa melakukan riding test di beberapa jaringan kami untuk merasakan bagaimana akselerasi awal yang memang terasa banget pakai PCX Hybrid,” terang Thomas.

Baca Juga:

Fitur Tambahan yang Ada di PCX 160 e:HEV

Honda PCX 160 e:HEV merupakan versi penerus dari PCX 150 Hybrid terdahulu. Dibanderol Rp43,55 juta, PCX 160 e:HEV punya beberapa tambahan fitur sebagai pembeda dari tipe dibawahnya.

Dalam keadaan standar, skuter matik (skutik) ini dibangun menggunakan rangka baru sehingga memberikan peningkatan kapasitas bagasi untuk tipe CBS dan ABS menjadi 30 liter. Sedangkan tipe e:HEV menjadi 24 liter.

Kapasitas tangki bahan bakar pun semakin besar menjadi 8,1 liter.

Perubahan juga terdapat pada ruang area kaki pengendara, kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman.

Honda PCX 160 Hybrid

All New Honda PCX 160 tipe e:HEV (Foto: AHM)

All New Honda PCX 160 juga dilengkapi oleh ban tubeless berukuran 110/70-14 di depan dan belakang 130/70-13, serta pelek baru Y shaped 5 spoke.

Selain itu, juga terdapat perubahan pada bagian suspensi belakang dengan poros yang semakin panjang hingga 1 cm.

All New Honda PCX 160 mengusung mesin generasi terbaru berkapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan.

Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 15 Hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm pada 6500 rpm.

Khusus tipe e: HEV diberi tambahan berupa motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S).

Fungsinya untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal.

Dibekali pula dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang dapat memberikan rasa aman saat berada di jalan yang licin.

Tipe e: HEV mendapat warna bodi Horizon White. Serta memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX yang semakin memberikan kesan istimewa.

 

Penulis: Santo Sirait

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts