Berita Mobil

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Siap Hadang Honda Mobilio Facelift

Jakarta – Setelah ramai ulasan spesifikasi Suzuki Ertiga hybrid, sosoknya pun mulai bermunculan di jagad maya. Wajar, karena memang hanya tinggal mnghitung minggu untuk waktu peluncurannya.

Menariknya, diawal tahun ini segmen low MPV seolah mengambil alih segmen SUV yang diawal tahun 2016 lalu begitu hot dibicarakan. Honda menjadi yang pertama dengan Honda Mobilio facelift, namun Suzuki tak tinggal diam.

New Honda Mobilio

Tampilan baru New Honda Mobilio. Foto/Carmudi Indonesia/Dony Lesmana.

Diprediksi selang beberapa minggu dari hadirnya Honda Mobilio facelift, Suzuki pun sudah punya senjata baru dari segmen low MPV pada sosok Ertiga yang sudah disematkan teknologi terbaru, diesel hybrid SHVS.

Honda dan Suzuki Beda Strategi Dalam Memanaskan Segmen Low MPV

Dari spesifikasi, langkah yang dilakukan Suzuki berbeda dengan Honda. Kalau Honda mengungkap penyegaran dilakukan pada tampang dan tambahan fitur pendukung, karena masyarakat Indonesia dianggap masih menomor satukan tampang.

Sedang Suzuki, bermodal sosok familiar yang sama, Suzuki Ertiga, namun mengedepankan teknologi pada sektor mesin. Eksperimen pertama mesin diesel, yang beraninya langsung disematkan pada sosok low MPV.Suzuki Ertiga hybrid

Seberapa kuat Honda Mobilio melawan Suzuki Ertiga? Hanya pasar yang bisa menentukan. Namun, setidaknya pilihan konsumen jadi lebih beragam. Entah hanya sebatas emosional maupun sampai pertimbangan biaya kepemilikan.

“Kita terus berinovasi, menawarkan hybrid mild agar biaya kepemilikan jadi lebih murah. Selain itu, tentu saja untuk mendukung semangat Go Green,”

Harold Donnel, Section Head of Product Development and accessories at PT. Suzuki Indomobil Sales.

Honda pun yang lebih dulu menghadirkan versi segar dari low MPV Honda Mobilio sedikit berkomentar soal rencana Suzuki menghadirkan sosok Ertiga diesel hybrid.

“Mesin diesel sebenarnya oke, itu mesin bagus. Tapi kalau beda harganya sampai Rp 20-30 jutaan, tetap saja kalau dibagi dalam hitungan biaya perawatan termasuk mahal, karenanya kita belum berpikir Honda Mobilio versi diesel,”

Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor.

Jadi menarik sih. Pabrikan mulai mengambil langkah yang berbeda untuk menawarkan low MPV andalannya. Tidak melulu menawarkan produk yang benar-benar mirip, kecuali desain dan emblem merek saja.

Namun efeknya masih tetap konvensional. Segmen low MPV pun terus dikerek naik. Kedua low MPV tersebut banderolnya sudah mencapai Rp 250 jutaan.

Honda Mobilio RS

Tampilan baru New Honda Mobilio RS. Foto/Carmudi Indonesia/Dony Lesmana.

Bukan tidak mungkin, diakhir tahun nanti, low MPV bisa mencapai kisaran harga Rp 300 jutaan!

Ini baru Honda dan Suzuki, seperti kita tau, masih ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yang diyakini tidak akan berdiam diri saja sebagai penonton ditengah makin memanasnya persaingan low MPV di tahun 2017 ini. (Bagja)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/