Berita Mobil Sumber informasi

Minum Solar Sembarangan, Garansi Suzuki New Ertiga Diesel Hangus

Bogor – Suzuki New Ertiga Hybrid memang menjadi kendaraan paling canggih yang ada di segmen low MPV. Besutan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diharapkan mampu mendongkrak penjualan di 2017.

Bagaimana tidak, dengan harga yang cukup kompetitif dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio maupun Chevrolet Spin, Suzuki Ertiga sudah mengusung mesin diesel hybrid.

Tenaganya menggunakan sumber tenaga lebih dari satu, mesin diesel D13A, DDiS, DOHC, SHVS ditambah dengan motor listrik dan baterai. Kombinasi antara pembakaran internal mesin dan motor elektrik.

Sebagai mobil yang cukup canggih, New Ertiga tidak boleh sembarangan meminum jenis bahan bakar diesel. Secara official, SIS merekomendasikan bahan bakar yang pas untuk New Ertiga Hybrid adalah yang memiliki Cetane number minimal 51.

Jangan Pakai Solar Sembarangan

Pengguna New Ertiga Hybrid dengan mesin diesel nantinya tak boleh isi solar sembarangan. Bahan bakarnya minimal pakai Cetane 51, artinya yang di atas angka Cetane tersebut (53) lebih baik.

“Jika melihat merek produknya kami merekomendasikan Pertamina Dex untuk penggunaan bahan bakar Ertiga Diesel,” jelas Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suzuki Ertiga

Mesin diesel Suzuki Ertiga juga dibekali fitur hybrid. Foto/Carmudi Indonesia/Bag.

Disini konsumen dituntut agar berhati hati untuk memilih jenis bahan bakar diesel. Bila terjadi kerusakan karena penggunaan bahan bakar diesel yang tidak direkomendasikan, akibatnya warranty akan hilang.

“Warranty kita berikan untuk cetane number 51 atau lebih. Diluar itu warranty hilang,” tegas Donny Ismi Sahputra, Marketing Director SIS.

Sebagai informasi, New Suzuki Ertiga Hybrid dirakit di India dan dikirim secara utuh ke Indonesia. Bermodalkan mesin diesel dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), low MPV berbanderol Rp 219,5 juta ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar rata rata 1L : 22,6 km. (Dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts