Berita

Teknologi Keselamatan Honda Terbaru Bantu Wujudkan Lalu Lintas Bebas Tabrakan

Jakarta — Honda Motor Co., Ltd (Jepang) memperkenalkan teknologi keselamatan terbarunya yang dibuat dengan tujuan mewujudkan masyarakat bebas dari risiko tabrakan lalu lintas pada 2050.

Dalam hal ini pabrikan mengandalkan dua teknologi utama, yakni Intelligent Driver-Assistive Technology dan Safe and Sound Network Technology.

Teknologi Keselamatan Honda

Ilustrasi (Foto: Honda)

“Honda berusaha untuk sepenuhnya menghilangkan risiko mobilitas bagi semua orang di berbagai jalan dengan menawarkan teknologi keselamatan yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global pada 2050,” kata Keiji Ohtsu, President and Representative Director of Honda R&D Co., Ltd.

Melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/12/2021) lalu, Honda menyampaikan Intelligent Driver-Assistive Technology beroperasi dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

Keberadaannya bertujuan untuk membantu pengemudi mengurangi kesalahan dan berkendara dengan lebih aman. Teknologi ini fokus pada pengemudi dengan menggunakan sensor Advanced Driver-Assistance System (ADAS) dan kamera guna mengenali potensi risiko di sekitar kendaraan.

Sementara untuk Safe and Sound Network Technology, sistem ini akan menghubungkan semua pengguna jalan baik individu dan kendaraan melalui perangkat telekomunikasi. Hal tersebut memungkinkan sistem memprediksi risiko dan membantu orang menghindari risiko tersebut sebelum terjadinya tabrakan.

Memanfaatkan Perangkat di Sekitar Jalan

Dijelaskan bahwa teknologi ini akan mengumpulkan informasi mengenai potensi risiko dalam lingkungan lalu lintas yang terdeteksi berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai kamera yang ada di sekitar jalan, mobil, dan smartphone.

Semua informasinya akan dikumpulkan di suatu server secara virtual. Kemudian sistem akan mensimulasikan perilaku pengguna jalan yang berisiko tinggi menyebabkan tabrakan dan memberikan timbal balik berupa dukungan yang paling tepat untuk menghindarinya.

“Kami akan semakin mempercepat seluruh industri kami demi mewujudkan tujuan menghilangkan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global,” kata keiji Ohtsu.

Ilustrasi (Foto: Honda)

Diberitakan sebelumnya, Honda juga telah memperkenalkan Honda Sensing 360 sebagai sistem keamanan omnidirectional dan sistem bantuan pengemudi untuk semua model yang akan dijual di semua pasar utama pada tahun 2030.

Di samping itu Honda akan terus melanjutkan upaya memperluas aplikasi fungsi deteksi sepeda motor dan lebih meningkatkan fungsi ADAS sebagai bantuan pengemudi tingkat lanjut.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts