Ternyata Ada 3 Jenis Mobil ESEMKA dan Bisa Dibeli Online
Jakarta – Sebelumnya telah diberitakan tentang kemunculan mobil ESEMKA, yang mendapat keraguan terkait akan kemunculannya di industri otomotif Tanah Air. Bahkan diartikel sebelumnya ditulis, gara-gara mobil bisa membuat seorang jadi Presiden. Ya memang benar, Presiden Jokowi yang namanya mencuat saat melambungkan mobil nasional, ESEMKA.
Namun sayangnya, proyek ini sempat “meredup” akan tetapi mobil ESEMKA kini ramai kembali diperbincangkan. Bahkan “penampakannya” muncul baru-baru ini di jalanan Indonesia, tepatnya di kota Solo, karena dari plat nopol tertera huruf AD.
Dari penampakannya, itu merupakan sebuah doublecabin dengan nama ESEMKA Digdaya tertulis sebagai emblem identitas. Namun apakah hanya satu jenis ini saja produk dari ESEMKA?
Bahkan kabar yang beredar mobil ESEMKA ternyata mempunyai 3 model. Yaitu ESEMKA Digdaya merupakan pikap kabin ganda dan fotonya sudah tersebar didunia maya saat pengujian di Solo – Jawa Tengah.
Sementara ada juga ESEMKA Bima yang merupakan jenis pikap untuk mendukung kegiatan industri kecil dan menengah. Berdasarkan unggahan di Instagram @esemka_indonesia, mobil pikap ini mengandalkan mesin berkapasitas 1,3 liter.
Sedangkan yang ketiga adalah mobil ESEMKA Borneo yang dikhusukan menyasar segmen transportasi seperti minibus. Secara desain tampilannya mirip dengan Toyota Hiace yang menggunakan mesin 2,7 liter.
Baca juga: Mobil ESEMKA Bakal Seperti Wuling? Dicibir dan Diragukan
Mobil ESEMKA Bisa Dipesan Online
Memang belum ada informasi lengkap terkait tiga produk di atas, namun pihak ESEMKA melalui kolom komentar di Instagram menyebar formulir pemesanan produk. Dalam akun tersebut menginformasikan, bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan pemesanan mobil Esemka, bisa dilakukan secara online.
Sangat sederhana, pemesan cukup mengisi biodata singkat seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Pengisian ini melalui laman berbasis Google Docs ini bahkan juga memberikan pilihan untuk produk yang akan dipesan. Lengkap dengan warna pilihan dan cara pembayaran; kontan atau kredit.
Cukup menarik bukan produk dari ESEMKA yang bisa dikatakan sebagai “mobil Nasional”. Namun bila melihat cara ini sepertinya ESEMKA masih malu-malu atau bisa dikatakan kurang persiapan dalam melakukan strategi pemasaran. Itu kalau memang mobilnya siap untuk dipasarkan