Tips dan Trik

Tips Mengendarai Sepeda Motor Kopling untuk Pemula

Mengendarai sepeda motor kopling manual tentu berbeda dengan mengendarai skuter matik. Di mana pengendara harus menekan tuas kopling terlebih dahulu jika ingin mengganti gigi, sedangkan skuter matik tidak perlu. Cukup memutar handle gas saja untuk membuatnya bergerak.

Bagi sebagian orang mengendarai sepeda motor kopling manual sangat melelahkan, apalagi bila berkendara di tengah kemacetan. Sebab, pengemudi harus menjaga keseimbangan kerja antara kedua tangan dan kaki.

Sepeda Motor Kopling

Mengendarai sepeda motor kopling manual (Foto: Yamaha)

Saat mengendarai sepeda motor kopling manual, jari tangan kiri pengemudi harus selalu berada di tuas kopling, sedangkan jari tangan kanan di tuas rem. Lalu, kaki kiri ditugaskan untuk menaikan dan menurunkan gigi, sementara kaki kanan digunakan untuk menginjak tuas rem.

Mungkin, karena saking banyaknya fitur yang harus dioperasikan, membuat sebagian orang tidak tertarik untuk memiliki sepeda motor manual.

Di sisi lain masih ada orang yang lebih memilih mengendarai sepeda motor tersebut ketimbang jenis lain. Alasannya, karena sepeda motor kopling punya keunikan tersendiri.

Nah, bagi Carmudian yang penasaran ingin mengendarai sepeda motor kopling manual, tidak ada salahnya untuk belajar terlebih dahulu supaya tidak kagok.

“Bagi yang ingin belajar mengendarainya, kami memberikan beberapa tips basik sebagai panduan. Semoga dapat membantu,” papar Supriyanto, Manager Promosi Main Dealer Yamaha.

Belajar Mengendarai Motor Kopling Manual

Sebelum menyalakan mesin, sebaiknya Carmudian mengenali dahulu fungsi dan perangkat yang ada di sepeda motor.

  • Tuas kopling berada sebelah kiri
  • Cek kondisi tuas kopling, pastikan saat ditekan terasa halus dan ringan
  • Tuas pemindah gigi ada di sebelah kiri. Jika ingin menaikkan gigi injak tuas paling depan, sebaliknya ketika akan menurunkan gigi congkel tuas depan atau tekan tuas paling belakang
  • Pastikan semua perangkat motor dalam keadaan baik dan sempurna mulai dari rem tangan dan kaki, ban, lampu dan lainnya.

Gantung kopling, kebiasaan yang membuat kampas aus

Setelah mengenal fungsi dari tiap-tiap fitur yang ada, maka langkah selanjutnya adalah belajar untuk mengoperasikannya.

Langkah Pertama

  • Nyalakan mesin dan biarkan posisi gigi dalam keadaan netral
  • Operasikan rem (menginjak pedal atau menekan tuas rem) supaya kendaraan tidak bergerak
  • Tarik tuas kopling secara penuh kemudian masuk gigi satu
  • Lepas rem tuas kopling secara perlahan. Jangan melepas tuas kopling terlalu cepat, karena bisa membuat mesin mati
  • Jalankan motor tanpa memutar handle gas
  • Tarik kopling ketika sepeda motor berhenti
  • Ulangi tahap ini sampai Carmudian mengenal karakter sepeda motor kopling.

Yamaha Vixion Metallic Red (Foto: Yamaha)

Langkah Kedua

  • Coba untuk mengoperasikan gas secara halus dan naikkan gigi untuk menambah kecepatan
  • Tutup gas dahulu jika ingin menaikkan atau menurunkan gigi
  • Coba operasikan kopling pada saat pertama kali akan jalan, pindah gigi, dan berhenti supaya lebih terbiasa
  • Hindari menarik tuas kopling saat melakukan pengereman. Ini akan membuat sepeda motor terus melaju
  • Ketika ingin menurunkan gigi sebaiknya saat di rpm rendah, supaya perpindahan lebih halus.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts