Home » Sample Blog » Toyota All New Kijang Innova: Diesel Varian Matik Punya Torsi Lebih Besar

Toyota All New Kijang Innova: Diesel Varian Matik Punya Torsi Lebih Besar

Jakarta – Di 2016 lalu, Toyota melakukan penyegaran terhadap Kijang Innova. Mobil 7 seater ini All New Kijang Innova kini hadir dengan bentuk lebih segar baik pada tampilan sisi interior maupun eksterior yang membuatnya terlihat premium.

Tidak hanya itu, Toyota telah menanamkan mesin diesel baru 2GD pada All New Kijang Innova yang dapat menghasilkan respon cukup cepat, namun tetap irit dalam penggunaan bahan bakar. Mesin diesel baru yang ditanamkan memiliki kapasitas silinder 2.400cc FTV 4 silinder segaris DOHC, bersistem injeksi dengan Common Rail VNT Intercooler yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 149PS.

Mesin ini mempunyai kapasitas silinder yang lebih kecil 0,1L jika dibandingkan dengan mesin diesel generasi sebelumnya 2KD 2.500cc.  Untuk mesin bensin, Toyota tidak melakukan perubahan yaitu 1TR-FE 2.000cc 4 silinder 16 valve DOHC masih menjadi andalannya.

Hanya saja teknologi Dual VVT-i ditambahkan demi menghemat penggunaan bahan bakar. Berbicara masalah torsi yang dihasilkan mesin diesel 2GD, pada All New Kijang Innova bertransmisi otomatis mampu menghasilkan output yang lebih besar, dibandingkan dengan transmisi manual.

Data output transmisi matik dan manual Toyota All New Kijang Innova (Foto: Toyota.Astra.co.id)

Torsi lebih besar 1.8 kg.m

Pada umumnya kendaraan bertransmisi otomatis memiliki torsi yang lebih kecil dibandingkan transmisi manual. Hal ini membuat konsumen di Indonesia sedikit memilih kendaraan bertransmisi otomatis lantaran lambatnya responsif kendaraan saat hendak menambah traksi.

Berbeda halnya dengan transmisi otomatis pada All New Kijang Innova bermesin diesel 2.400cc. Torsi yang dihasilkan lebih besar jika dibandingkan dengan transmisi manualnya.

Menurut informasi yang didapat dari situs resmi Toyota.astra.co.id, All New Kijang Innova diesel bertransmisi otomatis 6percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic mampu menghasilkan torsi maksimal 36.7 kg.m / 1.200 – 2.600 rpm. Sedangkan transmisi manual sendiri menghasilkan torsi maksimal 34.9 kg.m / 1.200 – 2.800 rpm.

Untuk All New Kijang Innova Venturer spesifikasi mesin yang digunakan baik diesel ataupun bensin tetap sama. Seperti yang diketahui, Venturer merupakan keluarga All New Kijang Innova tipe teratas, yang memiliki fitur paling lengkap.

Tidak hanya itu, kendaraan yang termasuk lini keluarga All New Kijang Innova ini memiliki tampilan yang lebih sporty, terlihat adanya body kit pada sisi bagian depan, belakang, dan samping kendaraan. Selain itu, pada lampu utama juga dilengkapi Headlamp berprojector agar pencahayaan lebih fokus.(dol)

Previous post
Safety Campaign Award Cara Adira Insurance Tekan Angka Kecelakaan
Next post
30 Unit All New Jeep Wrangler Masuk Indonesia Langsung Ludes