Berita

Toyota All New Veloz Raih Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP

Malaysia — Sebagai model yang relatif baru diluncurkan, Toyota All New Veloz turut diuji oleh ASEAN NCAP. Dalam hal ini mobil MPV 7-seater buatan Indonesia tersebut sukses meraih bintang 5 dengan total nilai 79,99 poin.

Jumlah poin tersebut merupakan akumulasi dari nilai Adult Occupant Protection (AOP) 34,88, Child Occupant Protection (COP) 17,17, Safety Assist Technologies (SATs) 16,03, dan Motorcyclist Safety (MS) 11,92.

All New Veloz ASEAN NCAP

(Foto: ASEAN NCAP)

>>>>> Cari mobil Toyota Avanza baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Dalam laporannya, ASEAN NCAP menjelaskan model yang dites merupakan buatan tahun 2021 dengan jumlah airbag 2. Hal ini cukup menarik karena artinya bukan varian paling tinggi. Varian paling tinggi All New Veloz memiliki 6 airbag.

Tes yang dilakukan antara lain uji tabrak frontal depan dengan kecepatan 64 km per jam. Kemudian uji tabrak dari sisi samping dengan kecepatan 50 km per jam. ASEAN NCAP memperlihatkan prosesnya melalui kanal YouTube mereka.

Tak ketinggalan, turut dilakukan pengujian-pengujian terhadap fungsi fitur keselamatan aktif yang dimiliki mobil ini. Dirangkum dari keterangan pers ASEAN NCAP, Rabu (23/3/2022), All New Veloz sudah dilengkapi dengan Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, dan Blind Spot Monitoring.

All New Veloz ASEAN NCAP

(Foto: ASEAN NCAP)

Kemudian ditambah lagi dengan Forward Collision Warning (FCW), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assist (LKA). Selain fitur-fitur yang sifatnya cukup dasar, seperti Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), dan Seatbelt Reminder System (SBR).

>>>>> Cari mobil Toyota Avanza baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Apresiasi ASEAN NCAP

“Kami bangga Toyota melengkapi MPV barunya dengan teknologi keselamatan yang kami nilai penting untuk memastikan, bukan hanya keselamatan penumpang, tapi juga pengguna jalan raya lainnya yang rawan,” kata Dr. Khairil Anwar Abu Kassim, Sekjen ASEAN NCAP.

Dijelaskan bahwa All New Veloz merupakan mobil Toyota pertama yang dites melalui protokol terbaru ASEAN NCAP 2021—2025.

Dr. Khairil menjelas bahwa pihaknya sedang memasuki tahun kedua dari implementasi protokol ASEAN NCAP 2021-2025. Belum banyak pabrikan yang menjalani tes ini sejak tahun lalu.

Namun, dirinya yakin hal itu dikarenakan pabrikan sedang mempersiapkan produknya untuk memenuhi protokol yang ditetapkan.

“Pengembangan akan memakan waktu tertentu untuk memastikan item keselamatan yang telah diatur dalam protokol dapat dipatuhi. Saya yakin upaya mereka pasti akan menguntungkan pengguna jalan ASEAN,” sambungnya.

>>>>> Cari mobil Toyota Avanza baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts