Komersial

4 Fakta Menarik Tentang Truk Listrik Mercedes-Benz eActros

Stuttgart –Mercedes-Benz Trucks meluncurkan truk bertenaga listrik, eActros untuk pertama kalinya di dunia, Rabu, 30 Juni 2021. Sebelum resmi diluncurkan, Mercedes-Benz Trucks lebih dahulu membuat 10 prototipe eActros dimulai pada 2018, sebagai bagian dari uji coba untuk melihat seberapa tangguh angkutan barang heavy-duty ini.

“Harus diakui bahwa transportasi merupakan salah satu penyumbang perubahan iklim. Kami menjadi bagian dari solusi, dimulai dengan eActros,” kata Karin Radstrom, Member of the Board of Management di Daimler Truck AG, dalam keterangan resminya.

Mercedes-Benz eActros

Truk Listrik Mercedes-Benz eActros resmi meluncur (Foto: Daimler)

Mercedes-Benz eActros adalah langkah besar bagi Mercedes-Benz Trucks dan bagi pelanggan kami untuk menuju transportasi yang netral CO2,” sambung dia.

Pengembangan eActros difokuskan kepada kebutuhan pelanggan. Sehingga ada beberapa pembaruan fitur yang dilakukan perusahaan setelah menguji semua prototipenya.

“Beberapa fitur seperti jarak tempuh, tenaga penggerak, dan keselamatan,” jelas Andreas von Wallfeld, Kepala Pemasaran, Penjualan, dan Layanan di Mercedes-Benz Trucks.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang truk listrik Mercedes-Benz eActros, berikut beberapa fakta menariknya:

Dua Motor Listrik

Mercedes-Benz eActros dibekali dua motor listrik terintegrasi dengan transmisi dua kecepatan.

Kedua motor memberikan kenyamanan berkendara, karena nyaris tanpa suara. Sehingga bisa digunakan untuk mengirim barang pada malam hari, terutama ketika masuk ke jalan perkotaan yang melarang kendaraan diesel melintas.

Mercedes-Benz eActros dibekali dua motor listrik (Foto: Daimler)

Empat Baterai

Sumber tenaga eActros berasal dari empat baterai. Masing-masing berkapasitas sekira 105 kWh. Jika ditotal mencapai 420 kWh dengan daya jelajah maksimal 400 kilometer.

Lama pengisian daya baterai dari level 20 hingga 80 persen diperlukan waktu tunggu sekira 1 jam, apabila terhubung ke stasiun pengisian daya baterai 400A DC

“Dengan demikian, eActros merupakan transportasi barang harian yang dapat di andalkan,” tambah von Wallfeld.

Fitur Keselamatan

Mercedes-Benz Trucks telah membekali eActros dengan beberapa fitur keselamatan standar, seperti MirrorCam, Sideguard Assist S1R atau Active Brake Assist (ABA) generasi kelima yang dapat mendeteksi pejalan kaki.

Mercedes-Benz eActros (Foto: Daimler)

Diproduksi di Jerman

Versi produksi dari eActros akan dibangun di pabrik perakitan truk terbesar milik Mercedes-Benz Trucks di Worth am Rhein, Jerman.

Pada tahap awal Mercedes-Benz eActros akan dipasarkan di Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts