9 Logo Mobil Ini Punya Arti dan Makna Unik!
Setiap logo merek pasti punya makna dan arti tersendiri, begitu juga logo merek mobil. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki makna yang unik.
Saking uniknya, ada logo mobil yang ternyata diambil dari hobi sang pendiri. Pasti penasaran, kan, kira-kira apa saja makna dibalik logo merek mobil terkenal di seluruh dunia?
Isi Konten
Makna Logo Mobil Dunia
Berikut beberapa merek terkenal dengan filosofi yang diusungnya.
Toyota
Merek yang satu ini bisa dibilang jadi salah satu merek paling terkenal di dunia. Logo di setiap produk Toyota seperti menjadi pemandangan biasa bagi banyak orang. Tapi enggak semua orang tahu dengan makna logo mobil Toyota.
Jika dilihat kasat mata, logo Toyota memang kelihatan seperti bentuk oval saja. Padahal sebenarnya desain tersebut memiliki makna ejaan dari kata Toyota.
Bentuk oval ini punya arti hati konsumen dan hati dari perusahaan asal Jepang tersebut. Bukan hati kamu dan dia, ya!
Gambar yang dihasilkan seperti huruf yang saling tumpang tindih untuk mewakili hubungan. Sementara oval di bagian luar punya arti sebagai dunia yang merangkul Toyota.
Setiap bentuk oval yang ada di gambar punya ketebalan berbeda. Hal ini mengacu pada karya seni dan budaya kaligrafi di Jepang.
Warna pada logo tersebut berwarna putih yang menggambarkan nilai seperti kualitas, kesenangan, berkendara, inovasi, integritas, dan keselamatan pada Toyota. Panjang juga ya.
Logo Mobil Mitsubishi
Logo mobil yang punya makna khusus yakni Mitsubishi. Perusahaan asal Jepang ini dikenal dengan logo berbentuk 3 berlian berwarna merah.
Jika ditelisik, makna logo dari merek Mitsubishi juga punya filosofi menarik. Kata “Mitsu” memiliki makna “tiga”.
Sementara “Hishi” memiliki makna sebagai “kaltrop air” yang merupakan tanaman yang saat ini sudah terancam punah. Tanaman ini juga sering dipakai untuk menyebut belah ketupat atau berlian.
Secara pelafalan, orang Jepang menyebut “Hishi” menjadi “Bishi” sehingga ketika digabung menjadi Mitsubishi. Terus, apa sih arti dari 3 bentuk wajik yang saling menempel ini?
Tanda tiga berlian sendiri dipilih oleh Yataro Iwasaki sang pendiri perusahaan. Lambang tersebut memiliki filosofi sebagai paduan dari keluarga pendiri perusahaan yakni lambang Iwasaki dari kaltrop air yang terlihat seperti berlian dan Yamauchi dari tiga daun jati yang menyatu di tengah.
Logo Mobil Daihatsu
Nah, saudara dekat dari Toyota ini juga punya fakta unik, lho. Tahukah kalian jika logo mobil Daihatsu punya arti “Pertama”.
Kata “Da” memiliki makna besar, sementara “O” punya makna huruf pertama dari kata “Saka” dan “Hatsu”. Secara tulisan sebenarnya adalah Da-o-hatsu, namun ketika dibaca menjadi Daihatsu.
Makna logo mobil Daihatsu ini jadi salah satu yang cukup sederhana di dunia otomotif. Wih, baru tahu juga, nih!
Mercedes-Benz
Setelah dari merek Jepang, kita beralih ke merek Eropa. Mercedes-Benz jadi salah satu merek mobil dengan logo yang sangat ikonik.
Hampir semua orang tahu jika melihat logo bintang tersebut yang terbayang yakni mobil mewah asal Jerman. Lantas, bagaimana arti logo mobil Mercedes-Benz yang sesungguhnya?
Makna logo pada mobil Mercedes-Benz sebenarnya datang dari kartu pos yang dikirim Gottlieb Wilhelm Daimler di tahun 1870-an untuk istrinya. Bagian bintang ini menandakan tempat tinggal Daimler dengan bintang yang sudutnya ada tiga.
Lalu ia menulis di sana dengan kata-kata, “Suatu saat bintang ini akan bersinar di atas pabrik yang kita buat”. Desain ini pertama kali digunakan pada mobil Mercedes-Benz pada tahun 1910 silam.
Nama Mercedes sendiri berasal dari nama putri dari Daimler dan Emil Jellinek. Sedangkan Benz berasal dari Karl Benz yang membuat mobil pertama kali.
BMW
Merek asal Jerman lainnya, BMW juga punya makna tersendiri dibalik logo mobil mereka. Kalau dilihat, BMW punya logo berbentuk bulat dengan paduan warna biru, putih, dan hitam.
Warna biru dan putih di bagian tengah melambangkan baling-baling pesawat yang sedang berputar. Maklum, dulunya BMW adalah perusahaan pembuat pesawat sebelum beralih menjadi produsen pembuat mobil.
Sementara warna hitam punya makna dari perusahaan terdahulu, yakni Rapp Motorwerken. Buat pecinta BMW, kira-kira kalian udah pada tahu belum nih?
Lamborghini
Siapa yang nggak kenal dengan merek satu ini. Pembuat supercar asal Italia ini jadi salah satu merek mobil mewah paling terkenal di dunia.
Logo mobil Lamborghini terdiri dari seekor banteng dengan pose yang sedang mengamuk. Usut punya usut, ternyata maknanya cukup unik.
Ferrucio Lamborghini, pendiri perusahaan ternyata sangat menyukai olahraga Matador. Olahraga ekstrem asal Spanyol tersebut yang ternyata menjadi inspirasi menciptakan logo perusahaan.
Bahkan setiap mobil yang dirilis pun menggunakan nama-nama banteng. Misalnya seperti Aventador yang merupakan nama banteng yang terkenal di tahun 1993 silam.
Lalu Huracan diambil dari nama banteng yang terkenal di tahun 1879. Selain itu, Huracan juga punya arti sebagai badai atau angin topan.
Bagus juga ya seleranya Ferrucio Lamborghini.
Hyundai
Beralih ke perusahaan mobil asal Korea Selatan yang memiliki logo berbentuk H miring. Logo pada mobil Hyundai sebenarnya menggambarkan dua orang yang sedang berjabat tangan.
Jika melihat lebih dalam, filosofi yang diusung dari jabat tangan kedua orang tersebut memberi makna pada sikap kepercayaan antara Hyundai dengan konsumen.
Warna biru dan perak menggambarkan keunggulan, kreatifitas, kecanggihan, dan kesempurnaan dari produk yang dibuat oleh Hyundai. Kalau dilihat sih maknanya lumayan dalam juga ya.
Ferrari
Logo mobil lainnya yang punya filosofi mendalam yakni Ferrari. Perusahaan pembuat supercar tersebut diklaim memiliki kekuatan magis pada logo kuda jingkrak yang digunakan.
Kala itu Enzo Ferrari, pendiri Ferrari mendapatkan saran dari Countess Paolina, pahlawan perang Italia. Ia menyarankan untuk menggunakan logo kuda jingkrak pada mobil yang hendak dibuatnya.
Paolina mengatakan jika lambang kuda dianggap mampu membawa keberuntungan pada perusahaan yang didirikannya. Bahkan Italia pun juga menggunakan logo kuda pada pesawat tempur saat perang.
Hal inilah yang membuat Enzo yakin untuk menggunakan lambang kuda pada Ferrari.
Audi
Kemudian ada Audi. Kalau dilihat-lihat, logo mobil Audi terdiri dari 4 buah cincin yang saling menyatu. Keempat lingkaran yang menyatu ini memiliki makna sebagai persatuan.
Sementara warna perak yang digunakan menandakan warna balap dari negara Jerman.
Nama Audi sendiri diambil dari bahasa latin yang berarti dengarkan. Sebelumnya August Horch kalah atas nama perusahaan Horch Automobil Werke GmbH.
Sang anak menyarankan August untuk menggunakan nama Audi yang memiliki makna sama dengan Horch, yakni “dengarkan”. Hanya saja Audi berasal dari bahasa latin.
Sementara penggunaan 4 cincin sendiri mewakili gabungan dari 4 merek, yakni Yakni Audi, DKW, Horch, dan Wanderer.
Nah, itu tadi beberapa arti dari logo mobil yang ada di dunia. Dari semua merek yang sudah disebutkan di atas, kira-kira mana yang jadi favorit kalian, Carmudian?
Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas