Sumber informasi

Arti dan Sejarah Logo Toyota, Ada Faktor Keberuntungan!

Jakarta — Logo Toyota yang dikenal luas saat ini memiliki arti dan sejarah tersendiri. Ternyata logo berbentuk oval itu bukanlah desain pertama yang digunakan perusahaan asal Jepang ini.

Logo Toyota Sejarah

Logo Toyota berbentuk oval yang dikenal luas saat ini debut pertama kali tahun 1989 pada model Celsior untuk merayakan lima puluh tahun berdirinya perusahaan. (Foto: Toyota)

Setiap merek atau perusahaan pastinya memiliki logo yang dibanggakan. Dalam sebuah logo biasanya tersemat filosofi atau visi misi yang dipegang oleh perusahaan.

Perusahaan-perusahaan besar yang sudah eksis selama puluhan tahun kemungkinan telah mengalami beberapa kali pergantian logo.

Alasannya bisa bermacam-macam. Mulai dari mengikuti zaman atau sebagai salah satu cara agar lebih dapat diterima oleh kalangan lebih luas.

Hal ini contohnya yang terjadi pada logo Toyota sebagaimana dirangkum dari situs web Toyota Global, Senin (28/11/2022).

Pernah Menggunakan Nama “Toyoda”

Sebelum bicara logo, dari sejarah perusahaan, Toyota sendiri berdiri sejak tahun 1936. Model-model kendaraan keluaran awal yang diproduksinya menggunakan emblem bertuliskan “Toyoda”.

Hal tersebut diambil dari nama keluarga sang pendiri, yaitu Sakichi Toyoda.

Logo Toyoda

Perusahaan Toyota itu sendiri berdiri sejak tahun 1936. Model-model kendaraan keluaran awal yang diproduksinya menggunakan emblem bertuliskan “Toyoda”. (Foto: Toyoda)

Di samping logo bertuliskan “Toyoda”, perusahaan ini rupanya juga memiliki maskot yang keberadaannya menempel di ujung kap mesin.

Maskot tersebut berbentuk sayap untuk melambangkan kecepatan dan tulisan “Toyoda” dalam huruf kanji.

Versi lain dari maskot tersebut memiliki bentuk cukup menarik dengan desain turut menyertakan shachihoko, hewan fiktif yang merupakan simbol kota Nagoya.

Dengan begitu bentuknya jadi mirip maskot Spirit of Ecstasy dari Rolls-Royce.

Nama “Toyoda” tidak begitu lama digunakan. Beberapa literatur menyebutkan perusahaan sudah mulai menggunakan nama “Toyota” pada 1937.

Perubahan nama perusahaan dari Toyoda menjadi Toyota didorong beberapa faktor.

Maskot Toyoda

Maskot Toyoda berbentuk sayap untuk melambangkan kecepatan dan tulisan “Toyoda” dalam huruf kanji. (Foto: Toyota)

Pengucapan “Toyota” dinilai lebih jelas dan masih terdengar seperti “Toyoda”. Di samping adanya pertimbangan faktor keberuntungan jika nama perusahaan ditulis dalam huruf kanji.

Arti Logo Toyota Terbaru

Logo Toyota berbentuk oval yang dikenal luas saat ini debut pertama kali tahun 1989 pada model Celsior untuk merayakan 50 tahun berdirinya perusahaan.

Pengembangan logo tersebut memakan waktu kurang lebih selama lima tahun. Desainnya diupayakan agar dapat meningkatkan profil perusahaan ini terutama di luar Jepang.

Logo baru tersebut terdiri dari beberapa oval yang mewakili hati konsumen, perusahaan, dan juga melambagkan lingkar setir.

Jika dilihat dengan seksama, bentuk-bentuk oval yang berada di dalam logo tersebut juga membentuk huruf “T” sebagai inisial nama perusahaan.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts