Berita Mobil Produk Sumber informasi

Baru Meluncur, SUV Artis KPOP Ini Langsung Jadi Mobil Favorit di GIIAS 2018

Jakarta – Bila disuruh menebak, mobil apa yang jadi kesukaan pengunjung GIIAS 2018? Mobil Jepang? Eropa? Cina? Paling benar, justru SUV-nya artis KPOP yang baru meluncur ini jadi mobil favorit di GIIAS 2018.

Ya, All New Hyundai Santa Fe terpilih menjadi 1st Favorite Passenger Car pada ajang malam apresiasi di Exhibitor Night saat penutupan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 tersebut (12/8).

“Ini membuktikan bahwa kehadiran Hyundai All New Santa Fe generasi ke-4 ini disukai, baik dari sisi eksterior maupun interiornya,” ujar Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Hyundai santa Fe

Selain Hyundai Santa Fe di posisi teratas, juara lainnya dipegang oleh Nissan Terra di posisi kedua dan DFSK Glory 580 di posisi ketiga.

Selamat untuk Hyundai dan Santa Fe barunya! Carmudi sudah merilis video first impression review: 10 Hal yang Perlu Diketahui dari Hyundai Santa Fe, bisa langsung ditonton dengan klik video di bawah.

Dimensi Makin Melar

Dibanding generasi ke-3, Hyundai Santa Fe generasi ke-4 ini memiliki dimensi yang makin melar. Di versi globalnya, tak ada lagi “Santa Fe Sport” untuk versi pendek dan “Santa Fe” untuk versi panjang.

Kini hanya tersedia satu versi, Hyundai Santa Fe saja. Karena dimensi barunya ini, ukuran Santa Fe juga menjadi lebih panjang dibanding kompetitor SUV berbasis monokok dari Jepang seperti Honda CR-V Turbo dan Mazda CX-5.

Hyundai Santa Fe

Tampilan belakan Hyundai Santa Fe. Foto/Carmudi.

“Semoga dengan terpilihnya All New Hyundai Santa De sebagai mobi passenger terfavorit, dapat memberikan ‘warna’ atau alternatif baru pilihan kendaran SUV,” tambah Hendrik.

Bila dibanding Santa Fe sebelumnya, panjangnya bertambah 120 mm, lebarnya bertambah 10 mm, tingginya berkurang 10 mm dan wheelbase-nya naik 65 mm. Sedangkan bila dibanding SUV paling populer di kelasnya, Honda CR-V Turbo, panjangnya lebih besar 186 mm dan wheelbase-nya lebih panjang 105 mm.

Hyundai santa Fe

Transmisi 8 Percepatan

Seperti sebelumnya, Hyundai Santa Fe tersedia dalam dua pilihan mesin berbeda yaitu diesel dan bensin. Hampir tak ada perubahan di Santa Fe Gasoline. Masih menggunakan mesin bensin 2.359 cc bertenaga 170 hp (172 ps) dan torsi 225 Nm.

Tenaga ini turun sekitar 4 hp dibanding sebelumnya dan masih dipasangkan ke transmisi otomatis 6-percepatan. Mesin dieselnya kini menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan baru.

Transmisi ini diklaim sanggup membuat akselerasi lebih baik dengan gigi 1 dan 2-nya. Sedangkan tambahan gigi 7 dan 8 baru membuat konsumsi bahan bakar pada highway cruising menjadi lebih baik.

Mesin dieselnya sendiri masih sama, R 2.2 class leading yang dengan mesin 2.199 cc sanggup mengeluarkan tenaga 190 hp (193 ps) dan torsi 441 Nm. Dibanding sebelumnya, tenaga ini turun sekitar 4 hp.

Yang keren, Drive Mode yang disediakan kini bertambah. Bila sebelumnya hanya Normal, Eco dan Sport, sekarang tersedia mode Smart yang dapat merubah karakter berkendaranya sesuai input yang diberikan.(dol)

Harga Hyundai Santa Fe (on the road Jakarta Agustus 2018):

All New Hyundai Santa Fe Gasoline GLS Rp 499.000.000
All New Hyundai Santa Fe Gasoline XG Rp 520.000.000
All New Hyundai Santa Fe Diesel GLS Rp 549.000.000
All New Hyundai Santa Fe Diesel XG Rp 569.000.000

Data Spesifikasi All New Hyundai Santa Fe
   
(Diesel)
Mesin  R 2.2
Jumlah Silinder  4, Segaris
Teknologi Mesin  DOHC, CRDi, eVGT
Kapasitas Mesin  2.199 cc
Tenaga Maksimum  190 hp (193 ps) @ 3.800 rpm
Torsi Maksimum  441 Nm @ 1.750-2.750 rpm
Transmisi  Otomatis 8-percepatan
Layout Mesin  Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Kapasitas Tangki  64 liter
   
(Bensin)
Mesin  Theta II 2.4 MPI
Jumlah Silinder  4, Segaris
Teknologi Mesin  DOHC, DVVT, MPI
Kapasitas Mesin  2.359 cc
Tenaga Maksimum  170 hp (172 ps) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum  225 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi  Otomatis 6-percepatan
Layout Mesin  Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Kapasitas Tangki  64 liter
 
Panjang  4.770 mm
Lebar  1.890 mm
Tinggi  1.680 mm
Wheelbase  2.765 mm
   
Sistem Kemudi  Motor Driven Power Steering
Radius Putar  5,71 m
Ground Clearance  185 mm
   
Suspensi Depan  MacPherson Strut
Suspensi Belakang  Multi-link
   
Rem Depan  Cakram Ventilasi
Rem Belakang  Cakram
Sistem Rem  ABS, EBD, ESC, HAC, DBC
   
Ban (GLS)  235/60 R18
Ban (XG)  235/55 R19

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts