Home » Reviews » Berikut Hal-Hal yang Perlu Diketahui dari Daihatsu Sirion 2020 Terbaru

Berikut Hal-Hal yang Perlu Diketahui dari Daihatsu Sirion 2020 Terbaru

Daihatsu Sirion terbaru. (Foto: Carmudi/Youtube)

JakartaDaihatsu Sirion 2020 terbaru telah resmi meluncur di Indonesia. Sirion versi facelift ini diimpor langsung dari negara tetangga, Malaysia dan disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Perodua Myvi yang dijual di Malaysia. Di sisi lain, mobil ini memiliki beberapa hal yang wajib diketahui. Apa sajakah itu?

Dilansir dari Youtube Carmudi, berikut hal-hal yang perlu diketahui dari Daihatsu Sirion terbaru.

Mendapatkan Minor Change

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Daihatsu Sirion terbaru tahun 2020 hanya mengalami perubahan minor pada sisi eskteriornya. Pertama, bumper depan mobil ini telah disematkan lips berwarna hitam glossy. Selain itu, sisi sampingnya juga sudah disematkan side skirt berwarna campuran bodi color dan hitam glossy.

Di sisi belakangnya sendiri, Sirion terbaru mendapatkan pembaruan pada bagian bumper belakang yang kini berwarna hitam doff. Daihatsu Sirion terbaru ini memang tidak mendapatkan banyak pembaruan. Di Malaysia sendiri, mobil tersebut juga hanya mengalami sedikit penyegaran.

Selain sisi eskteriornya, bagian fitur pada mobil ini turut mendapatkan minor change. Perlu diketahui, jumlah fiturnya lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelas Sirion. Sehingga, menjadi keunggulan tersendiri bagi Daihatsu Sirion terbaru.

Pembaruan pada bagian fitur mobil ini hanya terdapat pada head unit-nya. Selain bisa memutar CD, USB, dan bluetooth, head unit tersebut kini telah dilengkapi fitur mirrorlink untuk menampilkan layar ponsel pengguna mobil ini.

Menariknya, Sirion terbaru sudah disematkan USB port di sisi samping jok kursi pengemudi bagi penumpang mobil yang ingin mengisi baterai ponselnya.

Memiliki Empat Pilihan Warna

Daihatsu Sirion terbaru ini hanya ditawarkan dalam empat warna, di mana model sebelumnya memiliki lima pilihan warna. Warna mobil yang dihilangkan adalah warna hijau kebiruan dan diganti dengan warna biru. Sisa warna lainnya yang ditawarkan yaitu warna abu-abu, merah, dan putih.

Fitur Keselamatan Tetap Lengkap

Daihatsu Sirion terbaru tetap memiliki fitur keselamatan yang lengkap dan tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan model sebelumnya. Terdapat 4 fitur airbags, di mana dua airbags-nya disematkan di bagian depan dan dua sisanya di jok bagian depan.

Selain itu, rem mobil ini sudah mengandalkan ABS dan EBD serta stability control yang biasanya disematkan pada mobil-mobil kelas atas. Terdapat juga sensor parkir, dua titik sensor di bagian depan dan dua titik sisanya disematkan di bagian belakang mobil. Menariknya, Sirion terbaru sudah disematkan kamera mundur untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi saat parkir mundur.

Spesifikasi Daihatsu Sirion Terbaru Tahun 2020

Sebagai salah satu mobil hatchback yang sudah mengalami penyegaran, Daihatsu Sirion terbaru hadir dengan konsep desain lebih menarik. Pada sisi eksteriornya, mobil ini terlihat memiliki kesan lebih sporty dibandingkan dengan model sebelumnya.  Selain itu, Sirion terbaru dibenamkan mesin 1NR-VE Dual VVT-i dengan kapasitas 1.3L yang diklaim dapat memberikan performa mumpuni dan andal untuk mobil sekelasnya.

Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 94 Hp pada 6000 Rpm dan torsi maksimal 120 Nm pada 4200 Rpm. Di sisi lain, mobil ini memiliki dua sistem transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Daihatsu Sirion terbaru juga telah mengandalkan kedua suspensi yang mumpuni, yaitu suspensi MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer pada bagian depan serta suspensi Torsion Beam dengan Coil Spring dan Stabilizer di bagian belakang.

Detail Spesifikasi Daihatsu Sirion Terbaru

Eksterior Daihatsu Sirion Terbaru 2020

New Daihatsu Sirion Granite Gray Metallic. (Foto: Daihatsu)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Daihatsu Sirion terbaru ini memiliki kemiripan dengan Perodua Myvi yang dijual di Malaysia. Hal ini wajar karena mobil tersebut merupakan buatan para insinyur yang bekerja di Perodua, Malaysia. Dari segi dimensi, Daihatsu Sirion terbaru memiliki ukuran panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.525 mm, serta wheelbase 2.500 mm.

Desain bodi Sirion terbaru memiliki kesan sporty yang kental dengan adanya garis-garis menyudut yang menggantikan konsep desain lama, cenderung membulat. Pada sisi depan, disematkan lampu LED dengan pengaturan otomatis dan berdesain modern khas mobil hatchback masa kini.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga gril bergaya futuristik dimana alur desainnya mengikuti headlamp. Serta, lampu kabut atau fog lamp yang disematkan di bawah headlamp tersebut yang terlihat modern. Sedangkan di sisi samping mobil, terdapat garis yang memanjang dari sisi depan hingga belakang dan melewati handle door chrome yang terkesan menarik.

Di sisi belakangnya sendiri, telah dilengkapi dengan lampu rem atau stoplamp LED dan wiper belakang. Secara keseluruhan, Daihatsu Sirion terbaru ini mendapatkan penyegaran yang lebih modern dan sporty dengan mengusung ukuran bodi lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

Interior Daihatsu Sirion Terbaru 2020

Head unit New Sirion kini telah mendukung fitur mirrorlink. (Foto: Ilustrasi)

Pada bagian interior Daihatsu Sirion terbaru, terlihat ruang kabin yang berukuran luas dengan konsep desain modern. Di sisi lain, mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap dan cukup canggih, khususnya pada bagian dasbor mobil.

Pihak Daihatsu telah melengkapi mobilnya ini dengan touch screen atau layar sentuh berdesain modern yang dapat menampilkan beberapa menu hiburan yang siap memanjakan pengguna mobil ini. Antara lain, CD player, radio AM/FM, dan sistem navigasi yang informatif bagi pengemudi. Terdapat juga fitur 2DIN audio system serta speaker yang sudah terintegrasi dengan sistem menu pada layar sentuh mobil ini. Sehingga, pengemudi dan para penumpang bisa mendengarkan lagu kesukaan dengan suara yang membahana.

Di sisi lain, bagian dasbor mobil ini turut disematkan lubang USB dan AUX input yang memberikan kemudahan bagi pengguna jika ingin mengintegrasikan smartphone-nya dengan sistem audio mobil. Tidak ketinggalan, di bagian ruang duduk pengemudi, sudah dilengkapi dengan layar MID yang informatif dan berdesain modern. Dengan adanya layar MID tersebut, pengemudi mobil ini dapat mengetahui kondisi mobilnya dengan lebih mudah dan jelas.

Dilengkapi berbagai fitur lengkap dan canggih, Daihatsu Sirion terbaru ini pastinya dapat memberikan kenyamanan secara sempurna bagi pengemudi dan para penumpang mobil ini.

Fitur Daihatsu Sirion Terbaru 2020

Fitur keselamatan menjadi fitur yang diunggulkan mobil ini. Daihatsu Sirion terbaru telah dilengkapi berbagai fitur keselamatan yang canggih dan mumpuni. Antara lain, pengereman mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC).

Tidak hanya itu saja, untuk fitur keamanannya, kabin mobil ini juga disematkan beberapa fitur handal. Seperti, fitur ISOFIX, traction control, sabuk pengaman tiga titik, serta fitur airbags berjumlah 4 buah yang sudah disebutkan di atas.

Sedangkan untuk fitur hiburan, Sirion terbaru sudah dilengkapi dengan touch screen atau layar sentuh yang menampilkan beberapa menu hiburan, salah satunya fitur audio system yang dapat memberikan kenyamanan dengan memberikan suara musik membahana di ruang kabin mobil.

Harga Daihatsu Sirion Terbaru 2020

Bagi Carmudian yang tertarik untuk membeli mobil ini, Carmudi rangkum harga Daihatsu Sirion terbaru sebagai berikut.

  • New Sirion STD STD MT E4 Rp200, 1 juta
  • New Sirion STD AT MC E4 Rp214,85 juta

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Fortuner Terbaru Selesai Dibangun, Meluncur Sebentar Lagi

Previous post
Toyota Fortuner Terbaru Selesai Dibangun, Meluncur Sebentar Lagi
Next post
Perhatian, Jangan Tinggalkan Hand Sanitizer di Kabin Mobil