BeritaSumber informasi

Berita Sepekan Carmudi: Toyota Avanza Terbaru Meluncur Tahun Depan hingga Suzuki All New Ertiga Irit Bahan Bakar

Toyota Avanza

Toyota Avanza akan alami pembaharuan setelah pemilihan presiden 2019. Foto: Istimewa.

Penulis: Santo Evren

Jakarta – Terusik oleh kedatangan Mitsubishi Xpander, Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan tengah mempersiapkan Avanza terbaru yang diperkirakan meluncur tahun depan atau setelah Pemilihan Umum Presiden. Berita soal rencana kedatangan Toyota Avanza terbaru menjadi salah satu berita Carmudi terpopuler selama satu minggu kebelakang. Berita lainnya yang menarik pembaca Carmudi yaitu tentang konsumsi bahan bakar All New Ertiga yang diklaim irit setelah dilakukan pengujian oleh awak media.

Berikut ini rangkuman berita Carmudi terpopuler selama sepekan ke belakang:

1. Toyota Avanza Terbaru Meluncur Setelah Pilpres

Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager TAM mengungkapkan Avanza sudah pasti akan mengalami ubahan, namun perubahannya seperti apa belum bisa diungkapkan secara detail. Meski begitu dirinya memberikan sedikit bocoran bahwa mobil jenis low multi purpose vehicle (LMPV) itu bakal hadir setelah pemilihan umum presiden.

Baca juga: Avanza Baru Tak Berubah Sistem Penggerak, Setelah PilPres 2019 Meluncur

2. Uji Coba Rekayaa Lalu Lintas Jelang Asian Games

Lalu Lintas

Kemacetan lalu lintas di Ibu Kota. Foto/Carmudi Indonesia.

Kemacetan lalu lintas di Jakarta dikhawatirkan menghambat kelancaran pelaksanaan Asian Games 2018, mangantisipasi hal tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menerbitkan paket kebijakan rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Catat! 2 Juli Ada Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Jelang Asian Games

Rencannya kebijakan rekayasa lalu lintas akan di uji coba di Jakarta pada 2 Juli 2018. Dalam menjalankan kebijakan tersebut Kementerian Perhubungan akan dibantu para stakeholder terkait di antaranya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya. Lalu ada juga Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Kementerian Pekerjaan Umum, Penyelenggara Jalan Tol, dan lain-lain.

Baca juga: Ini Detail Paket Kebijakan Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta saat Asian Games 2018

3. Kelebihan Toyota Corolla Sport

Toyota Corolla Sport (Foto: Toyota)

Toyota Motor Corporation (TMC) secara resmi membawa masuk Toyota Corolla Sport ke Jepang. Corolla Sport terbaru hadir dalam balutan desain yang lebih modern.

Setidaknya ada lima kelebihan dari Toyota Corolla Sport terbaru, mulai dari mesin, transmisi 10 percepatan, fitur data communication module, desain sporty, dan lainnya.

Baca juga: Dijual Bulan Depan, Ini 5 Kelebihan Toyota Corolla Sport

4. Mesin Suzuki All New Ertiga Disematkan ke Jimny

Suzuki Jimny Sierra menggendong mesin bensin baru berkode K15B berkapasitas 1,462 cc (1,5 liter), empat silinder. Mesin Suzuki Jimny Sierra sama seperti yang dipakai oleh Suzuki All New Ertiga di Indonesia. Rencannya mesin tersebut juga bakal digunakan untuk Suzuki Ciaz facelift.

Belum diketahui pasti seberapa besar performa yang dihasilkan oleh mesin K15B di Jimny Sierra. Namun diperkirakan tenaganya sama seperti All New Ertiga yaitu 77 kW pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm.

Baca juga: Mesin Suzuki Jimny Terbaru Sama Seperti All New Ertiga

5. Suzuki All New Ertiga Irit BBM

Test drive All New Ertiga di Bali (Z)

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar “Liga Irit” di acara media test drive yang berlangsung di Bali, 25-27 Juni 2018. Mengambil start di depan hotel Elvita di daerah Ubud, rombongan ujit irit All New Ertiga kemudian bergerak menuju etape akhir di Hidden Paradise Amed Beach, Karangasem.

Baca juga: Suzuki Percaya Diri, All New Ertiga Tahun Ini Akan Ekspor

Setelah tiba di check point terakhir, segel penutup tangki bahan bakar pun dibuka untuk dilakukan penghitungan konsumsi BBM sistem full to full. Setiap kendaraan kembali di isi bahan bakar sampai penuh kemudian dihitung berapa jumlah liter yang dimasukkan selanjutnya dibagi dengan total jarak perjalanan.

Hasilnya cukup mencengangkan, karena rata-rata peserta mencatat angka konsumsi BBM 20 km/liter, baik yang bertransmisi manual maupun yang otomatis.(dol)

Baca juga: Konsumsi BBM All New Ertiga Bisa Tembus 27,72 Km/Liter

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts