Sumber informasi

Biaya Ketok Magic Mobil dan Lokasi Bengkel Terdekat

Biaya ketok magic mobil yang murah membuatnya kerap jadi pilihan konsumen ketika mengalami masalah dengan kosmetik kendaraan.

Lecet atau penyok bisa mulus lagi dalam hitungan waktu yang tergolong cepat.

Biaya Ketok Magic Mobil

(Foto: YouTube)

Dapat dipastikan tak ada seorang pemilik mobil yang ingin eksterior kendaraannya mengalami kerusakan. Namun, jika sial itu datang maka harus ada persiapan di tangan.

Hal itu di antaranya mengetahui tempat yang bisa dituju untuk memperbaiki bodi mobil.

Pada saat ini sebenarnya ada banyak pilihan. Mengingat mayoritas bengkel resmi juga memiliki layanan body repair.

Belum lagi ditambah bengkel-bengkel umum yang memiliki spesialisasi di bidang tersebut.

Namun, di antaranya banyaknya pilihan tersebut, bengkel ketok magic juga masih eksis dan memiliki pelanggan setianya sendiri.

Biaya Ketok Magic Mobil Relatif Terjangkau

Salah satu alasan masih banyak orang yang memilih bengkel ketok magic ialah faktor harga. 

Bengkel ketok magic memasang tarif yang relatif lebih murah dibandingkan dengan body repair milik bengkel resmi bahkan terkadang harganya juga di bawah bengkel umum.

Berapa Biaya Ketok Magic Mobil?

Bengkel Ketok Magic

(Foto: Bengkel Ketok Magic Sidoarjo)

Berdasarkan pemberitaan beberapa sumber, biaya ketok magic mobil di daerah Jabodetabek umumnya sekitar Rp300 ribu sampai Rp400 ribu per panel.

Namun, sebenarnya biaya ketok magic mobil sangat tergantung dari tingkat kerusakannya.

Oleh karena itu bengkel ketok magic biasanya enggan memberikan estimasi harga jika belum melihat kondisi mobil yang akan dikerjakannya.

“Susah ngasih harga kalau lewat telepon, mending bawa dulu aja mobilnya ke sini,” kata seorang pemilik bengkel ketok magic di daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan saat dihubungi lewat telepon.

Nah, salah satu keunggulan bengkel ketok magic ialah konsumen bisa melakukan negosiasi harga sesuai kondisi keuangannya.

Hal ini mustahil dilakukan jika konsumen melakukan perbaikan di body repair bengkel resmi.

Sistem “harga nego” tersebut salah satunya diterapkan oleh Bengkel Ketok Magic Pak Haji Supri di daerah Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam sebuah pemberitaan, sang pemilik mengungkapkan biaya ketok magic di tempatnya bersifat fleksibel.

Artinya tergantung bujet pemilik mobil atau kesepakatan antara kedua belah pihak.

Keunggulan lain bengkel ketok magic, umumnya proses pengerjaan relatif cepat. Untuk lecet-lecet ringan kemungkinan bisa selesai dalam satu hari saja.

Lokasi Ketok Magic Jakarta, Tinggal Pilih yang Terdekat!

Selain mencari informasi tentang biaya ketok magic mobil, para pemilik kendaraan mungkin juga memerlukan lokasi atau alamat bengkel-bengkel ketok magic itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa alamat bengkel ketok magic yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Nama Bengkel Nomor Telepon Alamat Bengkel
Bengkel Ketok Magic Ary Motor 081585882999 Jl. Raya Kalibata No.56, RT.2/RW.7, Cililitan, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Ketok Magic Pandu Motor 087887056603 Jl. Cipinang Muara 3, Klender, Jakarta, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470
Bengkel Ketok Magic Sumber Berkat 081807021871 Jl. Cendrawasih No.35, RT.13/RW.1, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240
Bengkel Ketok Magic Restu Mulyo 081213165798 Jl. TB Simatupang No.5, RT.5/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540
Bengkel Ketok Magic Puji Wijaya 085100909922 Jl. Bintaro Permai III No.12, RT.5/RW.3, Pesanggrahan, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12320
Bengkel Ketok Magic Restu Motor 08129569319 Jl. Komodor Halim Perdana Kusuma Blok Seruni No.6, RT.2/RW.1, Kb. Pala, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13650
Bengkel Ketok Magic Arto Moro 0218406668 Jl. Raya Pd. Gede No.34, RT.6/RW.1, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810
Bengkel Ketok Magic Sumber Makmur 08159782550 Jl. Kedoya Duri No.1, RT.1/RW.4, Kedoya Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
Ketok Magic Turangga Jl. Taman Malaka Selatan, RT.7/RW.11, Malaka Jaya, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13440
Ketok Magic Putu Amin 08159698577 Jl. Raya Ragunan No.5, RT.5/RW.5, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540
Ketok Magic Subur Blitar Jl. Gg. Duren Tiga No.47, RT.8/RW.6, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760

Teknik Perbaikan Bodi Mobil Ketok Magic

Bengkel Ketok Magic

(Foto: GNFI)

Perbaikan bodi mobil menggunakan teknik ketok magic benar-benar mengandalkan keahlian orang yang melakukannya.

Prosesnya dibantu oleh peralatan yang sudah menjadi ciri khas. Diketahui ada puluhan jenis alat untuk ketok magic mobil, tapi yang umumnya digunakan adalah lamak, teter, dan palu. 

Lamak dan teter memiliki bentuk lempengan besi pipih. Namun, fungsi antara keduanya berbeda.

Teter digunakan sebagai “bantalan” ketukan palu agar tidak langsung mengenai bodi mobil. Sementara itu lamak digunakan untuk menahan bodi mobil dari dalam.

Pada prosesnya ketok magic umumnya dikerjakan oleh dua orang. Satu orang bertugas “menghaluskan” bodi mobil dari luar menggunakan teter dan palu. Sementara satu orang lagi bertugas memegang lamak di dalam mobil.

Pada titik ini sudah jelas bahwa proses perbaikan bodi mobil dengan teknik ketok magic sepenuhnya mengandalkan keterampilan orang.

Tidak ada unsur-unsur mistis seperti yang dulu banyak dipikirkan masyarakat.

Anggapan tersebut tak lepas dari ciri khas bengkel ketok magic yang umumnya tertutup rapat oleh seng atau tembok.

Meski demikian, ketok magic memang memiliki akar sejarah yang kuat dan unik.

Selengkapnya mengenai sejarah ketok magic mari simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Unik Munculnya Ketok Magic

(Foto: Maen Mobil)

Ketok magic bukanlah nama sebenarnya. Ya, teknik perbaikan bodi mobil tersebut awalnya bernama keteng teter. 

Boleh dibilang penemunya pertama kali adalah orang Blitar, Jawa Timur bernama Ahmad Kalsan atau yang akrab dipanggil Mbah Turut.

Tidak ditemui informasi kapan pastinya Mbah Turut menciptakan keteng teter, tapi diyakini upayanya dilakukan pada era 1970-an.

Konon Mbah Turut pada awalnya merupakan seorang tukang patri keliling. Pada suatu hari ia dimintai tolong oleh warga di desanya, Bangsri, untuk memperbaiki bodi kendaraan yang penyok.

Mbah Turut bersedia, tapi dengan syarat dirinya ditinggal sendirian di garasi. Tidak boleh ada orang melihat apa yang ia lakukan.

Bukan sulap, bukan sihir. Bodi mobil yang awalnya rusak kembali mulus lagi. Tak butuh waktu lama bagi Mbah Turut untuk menuai kepopuleran akan keterampilannya tersebut.

Namun, karena ia selalu meminta tak ada orang yang melihat saat bekerja, beredar anggapan ada campur tangan mistis untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak.

Padahal yang dilakukannya murni keterampilan tangan yang kemudian diwarisi ke beberapa orang.

Kusmandi, pria Blitar kelahiran 1959 disebut-sebut sebagai murid pertama Mbak Turut. Kusmandi kemudian hijrah ke Yogyakarta di mana istilah ketok magic itu mulai muncul.

Sampai akhirnya ia pindah ke Jakarta dan membuka bengkel ketok magic di daerah Condet, Jakarta Timur.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts