Sumber informasi

Biaya Servis Yamaha Mio, Ini Rinciannya

Nama Yamaha Mio lama kelamaan mulai jarang terdengar, padahal skutik satu ini terkenal punya biaya servis yang cukup murah. 

Jika dilihat dari spesifikasinya, Yamaha Mio terbilang tidak punya teknologi kekinian. Sehingga saat pemilik melakukan servis, biayanya akan menjadi lebih murah dibanding skutik lainnya. 

Servis sepeda motor menjadi salah satu cara menjaga performa. Motor yang jarang diservis bisa dipastikan akan menurun performa mesinnya, selain itu akan terjadi banyak kerusakan di berbagai komponen.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu dilakukan servis berkala yang mana umumnya oli mesin dan oli gardan akan diganti sembari melakukan pembersihan di ruang CVT.

biaya servis yamaha mio

Yamaha Mio Series kini harga bekasnya bisa di bawah Rp 5 jutaan (Foto: Carmudi)

Ketika melakukan servis umumnya mekanik melakukan pemeriksaan di beberapa komponen seperti rem, lampu, klakson, dan aki. Tujuannya agar komponen tersebut terpantau masih dalam kondisi yang baik dan normal ketika digunakan.

Biaya Servis Yamaha Mio

Servis di Bengkel Resmi

Melakukan servis di bengkel resmi sebetulnya menjadi cara terbaik karena terjamin kualitasnya. 

Selain itu alasan lain mengapa orang melakukan servis di bengkel resmi adalah untuk mendapatkan catatan servis (service record) dan mendapatkan suku cadang asli. Pihak bengkel resmi akan memastikan suku cadang yang digunakan asli ketika melakukan penggantian komponen.

Tidak heran jika masih banyak orang yang mempercayakan bengkel resmi dibandingkan bengkel umum.

Berapa biaya servis Yamaha Mio di bengkel resmi ini?

Berdasarkan pantauan di Yamaha Motor Sejahtera yang berlokasi di Jl. Raya Citayam, Depok, Jawa Barat, ternyata biaya servis skutik yang tergolong tua ini cukup murah.

biaya servis yamaha mio

Yamaha Mio generasi pertama (Foto: istimewa)

Untuk setiap kali melakukan servis CVT biaya yang dikenakan mencapai Rp75 ribu. Sedangkan untuk setiap servis ringan biaya yang dikenakan mencapai Rp88 ribuan. 

Servis ringan yang dimaksud ini adalah penggantian oli mesin, pembersihan filter udara, hingga penggantian oli gardan. Biaya tersebut pastinya di luar suku cadang yang harganya berbeda di setiap diler.

Kemudian untuk servis CVT umumnya dilakukan pembersihan pada bagian belt dan mangkok. Tujuannya untuk membersihkan dari debu dan kotoran agar performanya tetap terjaga.

Biaya servis Yamaha Mio selanjutnya adalah servis injektor yang dikenakan biaya Rp65 ribuan dan servis throttle body sebesar Rp90 ribuan. Pada sebagian kasus, ada injektor dan throttle body yang mulai bermasalah.

Biasanya masalah ini diakibatkan oleh pemilik motor yang tidak menggunakan bahan bakar berkualitas pada motornya. BBM yang kurang berkualitas ini akan menimbulkan kerak dan kotoran yang bisa mengganggu sistem kerja injeksi.

Injektor dan throttle body yang bermasalah umumnya ditandai dengan beberapa gejala. Di antaranya mesin menjadi brebet seperti kehabisan bensin, dan yang terparah mogok.

Hal tersebut dikarenakan kotoran yang berasal dari BBM ini menyumbat injektor. Lama kelamaan suplai bahan bakar menjadi berkurang. 

Jika sudah begini mau tidak mau pemilik wajib melakukan perawatan servis dengan cara infus injeksi. Biaya tersebut terbilang murah, karena pemilik bisa melakukan servis injektor setiap 15.000-20.000 km.

Paket Servis Bengkel Resmi

Selain servis ringan, bengkel resmi juga melayani pekerjaan yang lebih berat seperti servis besar, overhaul, servis garpu depan, kelistrikan, ganti air radiator, dan lain sebagainya. 

Apakah biaya servis tersebut mahal jika dikerjakan di bengkel resmi? Ternyata setelah kami telusuri harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal dan masih masuk akal, kok.

Bengkel Sepeda Motor biaya servis yamaha mio

Layanan Home Servis jadi alternatif bagi yang tidak sempat ke bengkel sepeda motor (Foto: YIMM)

Misalnya untuk penggantian air radiator hanya dikenakan biaya Rp20 ribu, kuras rem Rp30 ribu, ganti kabel bodi Rp150 ribu, dan seal shockbreaker depan Rp80 ribuan saja. Harga tersebut masih masuk akal dan tidak terlalu memberatkan.

Sedangkan untuk biaya overhaul Yamaha Mio di bengkel resmi dikenakan Rp400 ribu dan biaya servis besar mencapai Rp200 ribuan. Karena terhitung sebagai pekerjaan berat, maka biasanya motor membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama dibanding servis lainnya. 

Namun umumnya pekerjaan servis besar ini memakan waktu 1 hari dengan pengerjaan dari pagi hari hingga sore hari tergantung kerusakan dan ketersediaan suku cadangnya. 

Berikut biaya servis Yamaha Mio di bengkel resmi.

  • Servis CVT Rp75 ribu
  • Servis ringan Rp88 ribu
  • Servis injektor Rp65 ribu
  • Servis throttle body Rp90 ribu
  • Ganti air radiator Rp20 ribu
  • Kuras rem Rp30 ribu
  • Ganti kabel bodi Rp150 ribu
  • Ganti seal sokbreker depan Rp80 ribuan
  • Overhaul Rp400 ribu
  • Servis besar Rp200 ribu
  • Ganti kampas rem Rp36 ribu
  • Servis ban Rp35 ribu
  • Kelistrikan ringan Rp60 ribu
  • Kelistrikan berat Rp100 ribu
  • Servis dinamo stater Rp50 ribu
  • Setel pelek jari-jari depan-belakang Rp120 ribu
  • Press pelek Rp100 ribu
  • Press body Rp450 ribu

*harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan

Manfaat Servis Motor

Menjaga Performa

Bagi sebagian orang servis di bengkel resmi dianggap mahal, namun ternyata ada kelebihan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah jaminan yang diberikan setiap pengerjaan.

Bengkel resmi memberikan mekanik yang sudah berpengalaman dan terlatih, sehingga pengerjaan dan penggantian komponen berdasarkan pengecekan. Namun bagi sebagian orang hal ini dinilai memberatkan karena sedikit-sedikit harus ganti komponen. 

Oli Yamaha NMax

(Foto: Yamaha)

Biasanya penanganan yang dikerjakan akan berdasarkan dengan keluhan yang diberikan konsumen. Standar pengerjaannya pun berbeda dengan bengkel umum yang kebanyakan mekaniknya memiliki pengetahuan otodidak.

Namun dalam hal ini bukan berarti kami menyepelekan bengkel umum, hanya saja di artikel kali ini fokus kami adalah membahas mengenai bengkel resmi, ya. Sah-sah saja mau melakukan servis di bengkel resmi atau umum, yang terpenting sesuai dengan kebutuhan Carmudian.

Menjaga Harga Jual

Mobil yang selalu diservis di bengkel resmi jelas memiliki harga jual lebih baik dibanding yang tidak. Hal tersebut sama halnya dengan motor yang selalu servis di bengkel resmi.

Selain performa yang terjaga, tampilan motor juga akan terlihat lebih rapi dan terawat jika sering diservis. Hal inilah yang membuat harga saat ingin jual lagi menjadi terjaga atau malah lebih tinggi.

Usia Lebih Lama

Servis tak hanya membuang uang, tetapi bisa membuat masa pakai motor menjadi lebih awet. Kerusakan yang terjadi akan segera diperbaiki dan komponen yang rusak diganti ketika servis sehingga Carmudian bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Pengeluaran Lebih Efisien

Manfaat terakhir dari melakukan servis tentunya akan membuat pengeluaran lebih efisien. Komponen motor yang terjaga dan kondisinya baik akan meminimalisir pengeluaran. 

Motor yang jarang diservis akan membuat pemilik mengeluarkan uang lebih besar dibanding tidak pernah mengganti komponen yang rusak.

biaya servis yamaha mio

Kondisi bengkel resmi Yamaha

Melihat biaya servis Yamaha Mio di atas, rasanya memang tidak mahal untuk ukuran perawatan sepeda motor. Ingat, harga yang kami cantumkan merupakan harga di bengkel resmi yang notabene memang sedikit lebih mahal dibanding bengkel umum.

Namun setidaknya kami sudah mencoba memberikan gambaran tentang kisaran biayanya. Kira-kira gimana menurut Carmudian, biaya segitu mahal apa murah ya?

Baca Juga:

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts