Home » Berita » Canggih, VW Kembangkan Robot untuk Pengisian Daya Mobil Listrik

Canggih, VW Kembangkan Robot untuk Pengisian Daya Mobil Listrik

Mobile charging robot hasil pengembangan dari Volkswagen (Foto: Autoindustriya)

Wolfsburg – Tidak cuma fokus mengembangkan dan memproduksi mobil listrik saja, rupanya Volkswagen (VW) juga tengah membuat robot untuk mempermudah pemilik melakukan pengisian ulang daya baterai mobil listrik. Tidak ada nama resmi yang dirilis oleh VW terkait robot yang sedang dikerjakannya itu, tapi VW memberinya julukan sebagai mobile charging robot.

Sebagaimana diberitakan Autoindustriya, nampaknya VW ingin membuat kehidupan pengguna mobil listrik menjadi lebih mudah, oleh karena itu diciptakan mobile charging robot. Perangkat satu ini dapat mengisi ulang daya baterai pada mobil listrik tanpa harus mencari ruang parkir khusus kendaraan listrik (electric vehicle) atau stasiun pengisian daya listrik. Di tempat parkir manapun pemilik mobil listrik bisa melakukan pengisian daya baterai berkat bantuan mobile charging robot.

Untuk mendapatkan layanan mobile charging robot, pemilik mobil listrik cukup mendownload aplikasi khusus di smartphone. Setelah itu pemilik mobil listrik cukup menyebutkan lokasi mobil. Secara otomatis robot akan menghampiri mobil, lalu membuka soket pengisian daya, menghubungkan, dan meninggalkan kendaraan sendiri tanpa ada campur tangan manusia sama sekali. VW mengatakan robot ini punya kapasitas listrik sekitar 25 kWh dan memiliki fitur pengisian cepat.

Sementara satu kendaraan sedang diisi, robot dapat bergerak untuk mengisi daya kendaraan listrik lainnya di lokasi tersebut. Setelah pengisian selesai, robot akan mengumpulkan perangkat pengisian daya dan membawanya kembali ke tempat awal.

“Mobile charging robot akan memicu revolusi dalam hal pengisian ulang daya baterai pada mobil listrik di berbagai fasilitas parkir, seperti tempat parkir umum dan tempat parkir bawah tanah, karena kami membawa infrastruktur pengisian daya ke mobil dan bukan sebaliknya. Dengan ini, kami membuat hampir setiap tempat parkir mobil listrik tanpa infrastruktur khusus,” kata Mark Moller selaku Head of Development Volkswagen Group Components.

Bentuk Robot Tidak Terlalu Besar

Mobil charging robot diklaim seolah memberik gambaran masa depan pengisian daya baterai mobil listrik tanpa perlu membangun infrastruktur khusus. (Foto: Autoindustriya)

Menurut Volkswagen, mobile charging robot akan memiliki bentuk yang tidak terlalu besar. Dengan begitu, robot bisa melayani pelanggan di area parkir dengan ruang yang amat terbatas khususnya di tempat parkir bawah tanah. Mobile charging robot dapat digunakan pada saat yang sama oleh pengguna mobil listrik lain, sehingga beberapa kendaraan listrik bisa terlayani secara bersamaan.

Untuk saat ini, mobile charging robot masih dalam bentuk prototipe yang dikembangkan oleh Development Volkswagen Group Component. Robot ini seolah memberi kita gambaran masa depan pengisian ulang daya baterai mobil listrik tanpa perlu membangun infrastruktur khusus yang sulit.

Meski demikian, pabrikan mobil yang bermarkas di Jerman itu belum mengumumkan tanggal untuk peluncuran mobile charging robot.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Hati-Hati Membeli Mobil Bekas Banjir, Kenali Ciri-Cirinya

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Previous post
Safira Motor, Tawarkan Cat Ulang Mobil Mulai dari Rp6 Jutaan
Next post
Tak Perlu Repot, Mitsubishi Tawarkan Towing Gratis Bagi Korban Banjir