Home » Berita » Cara Mudah dan Cepat Ganti Oli Mobil Tanpa Merusak Mesin

Cara Mudah dan Cepat Ganti Oli Mobil Tanpa Merusak Mesin

Jakarta – Mengganti oli mesin mobil harus disiplin, agar mesin mobil tetap selalu dalam kondisi yang prima. Dan tentu saja sisa oli lama di ruang mesin harus bersih. Salah satu cara instan dengan mengandalkan kompresor, amankah?

Banyak segelintir orang membersihkan sisa–sisa oli lama, yang masih terdapat didalam mesin dengan menyemprotnya melewati bagian atas katub oli tempat untuk menuang oli yang baru. Sebenarnya cara tersebut salah karena berpotensi merusak mesin.

Angin kompresor memiliki tekanan yang tinggi, saat menyemprotkan angin untuk membersihkan sisa oli ke dalam mesin sebaiknya hati–hati. Kebanyakan orang melakukan cara tersebut, tanpa mengetahui jika dilakukan hal itu secara terus–menerus, akan berdampak kerusakan pada mesin.

“Angin yang terdapat didalam kompresor tidak seutuhnya angin yang keluar. Oksigen didalam tabung kompresor menjadi air karena proses penyublinan oleh zat oksigen,” ujar Edi, mekanik mobil Dinasty motor Caglak, Jakarta Timur.

Dan kalau harus dilakukan, Edi menyarankan untuk menggunakan kain lap untuk menahan tekanan angin, saat diarahkan ke ruang mesin. Hal tersebut bertujuan agar air yang tercampur dengan angin, tersaring tidak ikut masuk ke dalam mesin.

Arahkan tekanan angin dari selang kompresor pada tempat pengecekan oli mesin mobil

Menyemprotkan oli mesin tidak boleh sembarangan, sebaiknya bersihkan sisa oli dengan mengarahkan selang kompresor ke tempat untuk mengecek volume oli di dalam mesin.

Hal ini dilakukan karena tekanan angin dari kompresor tersebut langsung mengarah ke karter (tempat penampungan oli mesin) tempat berkumpulnya oli.

Tanpa harus melewati rongga–rongga mesin yang dapat mengakibatkan kerusakan, jika dilakukan terus menerus dengan tekanan angin kompresor yang tinggi.

Nah, cara tersebut mudah dan cepat, juga tentu saja mengeliminir potensi kerusakan mesin. Selamat mencoba!

(Penulis: Endara Darata)

 

Suzuki Baleno
Previous post
Bocoran Lengkap Suzuki Baleno, Dari Tampang Sampai Spesifikasi dan Fitur
mercedes-benz pikap
Next post
Mercedes-Benz Pikap Siap Diluncurkan