Carsentro Strategi Ampuh Pemasaran Mobil Bekas
Tangerang – Persaingan penjualan kendaraan khususnya roda di Indonesia boleh dibilang sangat ketat. Mulai dari pabrikan hingga dealer mempunyai strategi masing-masing untuk merangkul pasar.
Hal ini tak hanya terjadi dengan pasar mobil baru, untuk mobil bekaspun hal ini juga terjadi. Ya, ini salah satu alternatif masyarakat untuk memiliki mobil walaupun bekas.
Bukan hal baru bahwa industri mobil bekas di Indonesia merupakan sebuah bisnis yang sangat menarik dan menjanjikan. Namun beragam kebijakan pemerintah seperti kenaikan pajak kendaraan dan kondisi ekonomi yang masih belum stabil di awal 2017 membuat pelaku bisnis mobkas menjadi risau.
Semua itu membutuhkan strategi yang matang agar para pelaku industri mobil bekas tetap optimistis menghadapi tahun ini. Salah satu strategi yang ditawarkan Carmudi Indonesia kepada pedagang mobil bekas adalah dengan membuka Bursa mobil bekas Carmudi Sentra Otomotif (Carsentro).
Khusus untuk pebisnis mobkas di kawasan Tangerang, Jakarta dan sekitarnya, kini Carsentro hadir di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, tepatnya di BSD Junction.
“Untuk mengatasi jarak waktu itu, kita butuh bentuk fisik. Kalau kita ke kota atau kawasan yang penjual mobil bekas itu tersebar di mana-mana. Jadi, sulit bagi konsumen untuk mendatangi semua penjual tersebut,” jelas Subir Lohani, CEO Carmudi Indonesia.
Subir menambahkan, jika kita kumpulkan mereka di satu tempat, akan lebih mudah bagi pembeli dan penjual yang dapat menerapkan strategi marketing dengan lebih baik
Carsentro BSD menggunakan 2 level area parkir BSD Junction , kapasitas yang mampu ditampung mencapai 250 mobil mobil bekas. Dengan rata-rata per dealer bisa menampilkan hingga 6 mobil bekas untuk dijual.
Alasan mengapa Carsentro BSD lebih besar daripada Carsentro sebelumnya tentunya karena adanya permintaan pasar yang lebih besar dari wilayah lainnya.
Dengan bekerjasama dengan BCA Finance sebagai solusi pembiayaan para peminat mobil bekas, tentu akan semakin membuktikan komitmen Carsentro untuk menjadi pusatnya jual/ beli mobil berkualitas di kawasan tersebut.
“Carsentro di kawasan BSD ini bisa menjadi pilihan baru masyarakat sekitar untuk membeli mobil bekas. Kami berharap Carsentro ini menjadi bursa mobil bekas terbesar dan terlengkap dibandingkan dengan bursa mobil yang ada saat ini,” cetus Ridwan Saleh, Regional Manager BCA Finance.
Carsentro Sasar Lokasi Strategis
Carsentro telah bekerjasama dengan Sinarmas Land, dalam hal ini BSD Junction yang menjadi tempat diselenggarakannya Carsentro BSD. Yang diyakini akan menjadi kawasan pusat jual beli mobil terbaik dengan setelah hadirnya bursa mobil bekas Carsentro.
Sebagai informasi, pencapaian membanggakan telah diraih Carsentro yang sebelumnya telah diselenggarakan di berbagai kota, seperti Semarang dan Surabaya.
Omzet penjualan Carsentro Semarang sudah mencatatkan rata-rata 80 unit mobil bekas laku terjual di setiap bulannya termasuk juga pada Carsentro Solo. Hal tersebut diharapkan dapat terulang pada Carsentro BSD mengingat pangsa pasar yang lebih besar dan kuat di Tangerang.
Bursa mobil Carsentro menjadi bukti kuat yang membuktikan bahwa kolaborasi Carmudi.co.id dan BCA Finance juga Sinarmas Land BSD Junction merupakan strategi pemasaran mobil bekas yang paling tepat di Indonesia.
“Bursa mobil bekas akan terus ada, terutama untuk aset seperti mobil. Karena ini merupakan aset yang sangat bernilai tinggi. Orang selalu punya hubungan dengan mobil, mereka ingin melihat, menyentuh, dan mencoba untuk test drive. Makanya, bursa mobil bekas seperti Carsentro ini tidak akan pernah surut animo konsumennya,” tandas Subir.(Dol)