Home » Berita » Di Bawah Manajemen Astra, Ketersediaan Sparepart Mobil Peugeot Terjamin

Di Bawah Manajemen Astra, Ketersediaan Sparepart Mobil Peugeot Terjamin

Peugeot 5008 Allure Plus jadi andalan untuk first buyer mobil Eropa. (Foto: Carmudi/Yongki)

Solo – Merek Peugeot sempat menjadi brand Eropa yang cukup diperhitungkan di Indonesia. Namun, merek asal Prancis ini pamornya sempat menurun karena masalah overheat dan ketersediaan sparepart yang minim. Kini, pengelolaan Peugeot ditangani langsung oleh PT Astra Peugeot yang menjamin soal suku cadang dan layanan purna jual.

“Pertama kita harus meningkatkan brand value kita dulu. Kita mulai nempelin, Peugeot itu Astra, Astra itu Peugeot. Jadi orang percaya beli mobil Peugeot jaminan Astra,” tegas Fajar Cendekia, Head of Finance and Marketing PT Astra Peugeot Indonesia.

Sebelumnya, penjualan mobil Peugeot tidak hanya dilakukan oleh PT Astra Peugeot. Penjualan kendaraan sempat dilakukan oleh beberapa distributor di luar Jakarta. Kini, seluruh penjualan kendaraan diambil alih oleh Astra Peugeot, sedangkan distributor hanya bisa menyediakan layanan purna jual.

“Sekarang dipegang sama Astra semua dulu, sebelumnya di Banjarmasin dan Makassar dipegang luar. Soal penjualan sekarang di luar Jakarta, Peugeot sudah mulai banyak di Surabaya,” jelas Fajar.

Nama besar Astra di jagat otomotif Indonesia dikenal sebagai perusahaan yang mampu menjaga layanan purna jual. Reputasi tersebut ingin diteruskan pada mobil Peugeot yang baru saja diluncurkan dan unit sudah lama ada. Astra International berusaha menjamin layanan aftersales merek berlogo singa ini.

“Kalau ada back up dari Astra, orang mestinya tidak terlalu takut, pasti aftersales-nya bisa. Kalau kita bicara dari Prancis-nya, dia masa produksi 10 tahun. Itu jadi setelah tidak produksi, ditambah 10 tahun ketersediaan sparepart-nya,” ungkapnya.

Astra Peugeot Sediakan Sparepart Mobil Peugeot Tua

Peugeot 5008
First drive Peugeot 5008 di BSD, Tangerang. Photo: Rizen/Carmudi

Bicara soal layanan purna jual, bengkel Astra Peugeot hingga saat ini masih dikunjungi oleh pemilik mobil yang sudah cukup berumur seperti 306, 206, dan lainnya. Astra Peugeot menjamin ketersediaan komponen fast moving hingga slow moving.

“Untuk model lama yang fast moving kita berani stok. Untuk yang slow moving, kalau ada kebutuhan baru kita order,” jelas Fajar.

Fajar menuturkan bila Astra Peugeot juga tetap menyediakan sparepart mobil yang sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrikan. Agen pemegang merek Peugeot ini diperbolehkan oleh prinsipal untuk memakai suku cadang OEM.

“Secara produksi, sparepart di Eropa masih ada walaupun bukan prinsipal yang buat. Di Eropa kan juga ada sparepart yang bukan merek Peugeot tapi merek OEM. Secara aturan dari Peugeot prinsipal enggak melarang,” bebernya.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Sepekan Meluncur, Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus Disiksa Jakarta-Surabaya

Previous post
Gara-Gara Virus Corona, Beijing Motor Show 2020 Ditunda
Next post
Balik ke Indonesia, Mobil Peugeot Diklaim Jarang Bermasalah