Home » Berita » Dikepung Pesaing, Toyota Avanza Masih Jadi Pilihan Konsumen Selama IIMS 2019

Dikepung Pesaing, Toyota Avanza Masih Jadi Pilihan Konsumen Selama IIMS 2019

Booth Toyota di IIMS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)
Booth Toyota di IIMS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berdekatan dengan momen mudik lebaran membawa keuntungan tersendiri bagi Agen Pemegang Merek (APM) . Pasalnya tidak sedikit pengunjung yang datang ke IIMS2019 berniat untuk membeli mobil baru. PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai APM mobil Toyota yang juga merupakan peserta pameran mencatatkan hasil positif.

Berdasarkan catatan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dimiliki oleh TAM, tercantum sebanyak 3.872 mobil terpesan selama 11 hari pada pameran otomotif tahunan itu. Angka tersebut naik sekira 16 persen dibanding IIMS 2018 yang hanya meraup sebanyak 3.328 unit.

“Penyelenggaraan IIMS yg berdekatan dengan lebaran merupakan momen yang tepat untuk kami mendapatkan pesanan kendaraan lebih banyak dari biasanya,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, kepada Carmudi, Kamis (9/5/2019).

Sama seperti tahun lalu, Toyota Avanza masih menjadi primadona dan paling banyak dipesan oleh konsumen dibanding model Toyota lainnya. Dari total SPK yang diperoleh Toyota sekira 1.106 unit di antaranya disumbang dari Avanza. Penyumbang SPK berikutnya yaitu Toyota Rush dengan jumlah unit terpesan sebanyak 821 mobil. Kemudian diposisi berikutnya ada Toyota Kijang Innova sebanyak 683 unit, Toyota Calya 498 unit, dan Toyota Fortuner 258 unit.

“Avanza tetap menjadi pilihan di hati pelanggan. Kami ucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Toyota,” tambah pria yang akrab disapa Soerjo itu.

Pamer Teknologi Hybrid

Memanfaatkan ajang IIMS 2018, Toyota tidak hanya memajang sejumlah model unggulannya tapi juga menunjukkan teknologi hybrid kepada pengunjung IIMS 2019. Ini dilakukan dalam rangka menunjukkan kesiapan serta mendukung pemerintah dalam mengembangkan mobil rendah emisi.

“IIMS kali ini, kami lebih menfokuskan pada hybrid technology sebagai perwujudan kesiapan kami sebagai APM dalam menjawab keinginan pemerintah untuk elektrifikasi,” ungkap Soerjo.

Setidaknya ada 13 mobil hybrid yang dibawa oleh Toyota di hari pertama gelaran IIMS 2019. Di antaranya 5 unit C-HR Hybrid, 4 unit Alphard HV, 1 unit Camry HV, 2 unit Prius, dan 1 unit Prius PHV.

Di Indonesia, langkah-langkah elektrifikasi dilakukan Toyota sejak 10 tahun lalu dengan meluncurkan Toyota Prius pada 2009. Dari 2009 hingga saat ini, Toyota menjual kendaraan Hybrid terbanyak di Tanah Air dengan total lebih dari 1.800 unit.

Di IIMS tahun ini ada Hybrid Zone yang menampilkan produk-produk Hybrid Toyota yang dipasarkan di Indonesia. Serta Interactive Hybrid Information Table yang berisi informasi tentang hybrid.

Infografis kode ban mobil
Previous post
Infografis: Cara Membaca Kode Ban Mobil
SERA luncurkan 3 aplikasi baru
Next post
SERA Luncurkan Aplikasi Layanan Sewa dan Lelang Mobil