Home » Sepeda motor » Dilengkapi ABS, Kenapa Harga Kymco X-Town 250i Lebih Murah dari Downtown 250i?

Dilengkapi ABS, Kenapa Harga Kymco X-Town 250i Lebih Murah dari Downtown 250i?

Kymco X-Town 250i (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Melengkapi lini produk skuter matik (skutik) berbadan bongsor, PT Smart Motor Indonesia (SMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Kymco di Indonesia meluncurkan X-Town 250i. Skutik ini telah dibekali dengan fitur terkini, salah satunya pengereman depan dan belakang dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS). Berbeda dengan saudara kandungnya yaitu Kymco Downtown 250i yang sudah lebih dulu dihadirkan tanpa dibekali ABS.

Secara posisi seharusnya Kymco X-Town 250i berada di bawah Downtown 250i. Hanya saja penyematan ABS seolah membuat Downtown 250i berada di bawahnya. Terkait harga X-Town 250i malah lebih murah dari kakak kandungnya. Kymco Indonesia memasarkan Kymco X-Town 250i dengan harga Rp62,5 juta, sedangkan Downtown 250i Rp68 juta on the road Jakarta.

“X-Town 250i itu kami tekan harganya, jadi Downtown 250i memang enggak ada ABS. Kami coba tekan harga X-Town 250i dengan menggunakan karakter mesin yang berbeda jadi bisa ditekan sedikit harganya, sehingga bisa masuk ke market yang berbeda di antara keduanya,” ungkap Marwan, General Manager Marketing, PT SMI di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

Adapun X-Town 250i sudah dibekali mesin berkapasitas 249.1 cc, SOHC, FI dengan sistem berpendingin cair. Mesin ini diklaim mampu memuntahkan tenaga sekuat 20,7 hp pada putaran 6.500 rpm dan torsi maksimal 21,5 Nm pada 6.500 rpm.

Sementara Kymco Downtown 250i dibekali mesin 246,3 cc SOHC, satu silinder, bertenaga 22,5 hp pada 7.750 rpm dan torsi puncak 23,14 Nm pada 6.000 rpm.

Kendati kedua skuter asal Taiwan itu punya fitur dan karakter mesin berbeda, Marwan mengaku keduanya punya kelebihan masing-masing yang disesuaikan dengan selera konsumen.

“Dengan harga dan fitur yang berbeda kami akan memasarkan keduanya itu tetap berbarengan,” sambung dia.

Kymco X-Town 250i dengan ABS (Foto: Santo/Carmudi)

Pilihan Warna Hanya Dua

Berbeda dari kebanyakan pabrikan sepeda motor yang menawarkan berbagai pilihan warna untuk produk barunya. Tetapi Kymco Indonesia hanya menyediakan dua warna saja untuk X-Town 250i yaitu hitam dan putih. Namun tidak menutup kemungkinan ke depannya akan ada varian warna baru.

“Warna itu kami mulai dulu dengan dua pilihan. Kalau memang ada kebutuhan untuk nambah warna-kami bisa tambah. Kymco sendiri punya banyak warna seperti biru, merah dan itu bisa two tone bahkan three tone. Itu semua tergantung pada kebutuhan pasar. Untuk variasi warna ke depannya mungkin akan kami tambah, tetapi saat ini hanya hitam dan putih saja,” terang Marwan.

Mengusung gaya sport, Kymco X-Town 250i memiliki dimensi panjang 2.235 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1.370 mm. Lampu depan menggunakan bohlam H7 dapat menerangi jalan saat riding di malam hari. Lampu senja atau DRL yang terpasang dekat lampu utama semakin menguatkan aroma sporty dari Kymco X-Town 250i. Fitur ini diklaim sangat cocok bagi mereka yang ingin terlihat beda dan unik saat di jalanan.

Kymco X-Town 250i mempunyai lampu belakang yang khas, “A’maxi Feature Taillight”. Lampu belakangnya sudah menggunakan LED dan dirancang membentuk huruf X sehingga terlihat unik.

Sepeda motor matik ini dihadirkan bagi para penggemar touring, jok yang lebar dengan model berundak bisa dimanfaatkan oleh pengendara sebagai sandaran. Bagasi di bawah jok dapat memuat dua helm full face.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Skema Kredit Yamaha Lexi, Promo dan Cicilan Tergantung Diler

Previous post
Skema Kredit Yamaha Lexi, Promo dan Cicilan Tergantung Diler
Next post
Polisi Gelar Operasi Patuh Mulai 23 Juli, Pelanggar Akan Ditilang