Berita Event Mobil Sumber informasi

Dipakai Taksi Online, Posisi Daihatsu Xenia Tidak Terimbas Xpander

Daihatsu Laris Digunakan Untuk Armada Taksi Online

Tangerang  – Mitsubishi berhasil merangsek jadi salah satu brand dengan penjualan Low MPV yang cukup laris. Xpander berhasil mengusik dominasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga dan berhasil menjadi nomor satu.

Namun demikian, posisi Daihatsu Xenia bertarung di segmen yang sama tidak terpengaruh imbas meroketnya Xpander. Low MPV andalan Daihatsu ini bisa bertahan di kisaran 2.500 unit setiap bulan.

Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bila Xenia berbeda karakter konsumen dengan Xpander. MPV terbaru Mitsubishi ini menyasar konsumen dengan level lebih tinggi.

“Daihatsu tahun ini masih bisa growth, kalau lihat kompetisi Xpander menjadi nomor satu. Kita beda dengan Xpander, dia consider merek Honda dan Toyota. Mobilio yang paling kena dampaknya Xpander,” ungkap Amelia.

Sebagaimana diketahui, Astra Group telah mengakuisisi perusahaan transportasi online, Go-Jek. Para konsumen mendapat potongan harga apabila membeli mobil yang digunakan sebagai taksi online. Daihatsu Xenia jadi Taksi Online.

Fakta ini pun dibenarkan oleh pihak Daihatsu. Fenomena taksi online membuat penjualan Xenia dan Sigra tetap stabil dan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

“Saya kira ada juga pengaruh dari taksi online. Daihatsu Xenia jadi Taksi Online, berapa banyak belinya saya enggak punya data karena belinya perorangan,” jelasnya.

Taksi Online Jaga Volume Penjualan Daihatsu

Pengusaha taksi online pada umumnya memakai mobil keluarga dengan harga terjangkau untuk kendaraan operasional. Daihatsu memiliki Xenia dan Sigra yang jadi andalan dalam angkutan umum berbasis aplikasi smartphone.

Daihatsu Sigra (Foto: Santo/Carmudi)

Pada segmen MPV LCGC, Sigra bahkan merajai dengan penjualan hingga 4 ribu unit tiap bulan. Faktor peralihan dari city car 5-seater menjadi salah satu penyumbang peningkatan penjualan. Segmentasi MPV Daihatsu ideal untuk konsumen entry level.

“Xenia agak beda karena karakter customernya beda, jadi kami bisa maintain penjualan di 2500-3000 unit per bulan. Sigra kita nomor satu, awalnya target Sigra 3 ribu unit per bulan, sekarang jual rata-rata 4 ribu unit per bulan. Tim di lapangan berhasil membuat Daihatsu bertumbuh tahun ini,” tutur Amelia.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts