Home » Berita » Diuji Tabrak, Seberapa Aman Toyota Avanza Lindungi Penumpang Anak-Anak?

Diuji Tabrak, Seberapa Aman Toyota Avanza Lindungi Penumpang Anak-Anak?

Hasil uji tabrak yang dilakukan Global New Car Assessment Program (NCAP) (Foto: Global NCAP)

Jakarta – Toyota Avanza kembali menjalani uji tabrak. Kali ini dilakukan oleh Global New Car Assessment Program (NCAP) bersama asosiasi otomotif di Afrika Selatan. Toyota Avanza merupakan salah satu model paling populer di Afrika Selatan. Kebanyakan digunakan sebagai kendaraan pribadi, namun tidak sedikit pula yang membuatnya sebagai transportasi umum. Dalam uji tabrak ini, Global NCAP menggunakan Toyota Avanza varian terendah, tapi sudah dibekali dengan dua airbag sebagai fitur standar.

Setelah melalui serangkaian pengujian, hasil yang didapat cukup mengejutkan. Global NCAP mencatat skor perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak sangat jauh berbeda.

Toyota Avanza meraih skor 11.57 dari maksimal 17.00, untuk kategori perlindungan penumpang dewasa. Dari hasil penilaian tersebut Avanza mendapat empat bintang atau kurang satu bintang lagi untuk memperoleh tingkat perlindungan penumpang dewasa yang sempurna. Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak hasilnya sangat mengecewakan. Pasalnya hanya meraih skor 19.83 dari angka maksimal 49.00. Dengan begitu mobil yang diproduksi di Indonesia itu hanya meraih dua bintang.

Adapun alasan Global NCAP memberikan Toyota Avanza empat bintang di kategori perlindungan penumpang dewasa karena struktur dan area footwell dinilai tidak stabil. Akan tetapi sistem keselamatan mobil bekerja dengan baik termasuk pengingat sabuk pengaman atau Seat Belt Reminders (SBR) untuk pengemudi maupun penumpang.

Sementara itu kategori perlindungan penumpang anak-anak, Global NCAP mencatat ketika mobil menghantam benda keras jok belakang terlepas. Tentunya hal itu akan sangat berbahaya bagi penumpang anak-anak terutama yang berusia 3 tahun.

“Hasil ini menggembirakan tetapi menunjukkan banyak ‘pekerjaan rumah’ yang harus dilakukan oleh pabrikan untuk melindungi penumpang anak-anak di dalam kendaraan. Meskipun kami memiliki standar keselamatan minimum untuk kendaraan di Afrika Selatan, kami perlu menghargai bahwa minimum tidak cukup baik. Melalui hasil uji tabrak ini kami menyarankan kepada konsumen untuk lebih kritis terhadap fitur keselamatan pada kendaraan sebelum membeli, dan lebih memperhatikan keselamatan mereka sendiri, dan keselamatan penumpang,” ungkap Sikkie Kajee, Executive Chairman AA South Africa dalam keterangan resminya.

ASEAN NCAP Juga Pernah Uji Tabrak Avanza

Bermain di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Toyota Avanza juga pernah menjalani uji tabrak oleh ASEAN NCAP. Uji tabrak dilakukan sekira 2015, kala itu Toyota baru saja mendatangkan Avanza versi terbaru. Setelah melalui uji tabrak, ASEAN NCAP memberinya bintang empat.

Diketahui Toyota Avanza terbaru sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan seperti airbag, side impact beam, ISOFIX, rem ABS, dan lainnya.

Previous post
Keliling Bersama Chevrolet Trailblazer Saat Libur Lebaran
Next post
Siap-siap Macet Lagi, 720 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *