Tips dan Trik

Enggak Perlu Panik, Ini Cara Memperbaiki Persneling Mobil yang Keras

cara memperbaiki persneling mobil keras

W202 transmisi manual (Foto: istimewa)

Jakarta – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki persneling mobil yang keras yang disebabkan oleh beberapa faktor. 

Paling sering, persneling mobil yang keras dialami oleh mobil yang sudah berumur. Tapi, hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan perawatan dari si pemilik mobil itu sendiri juga. 

Jadi walaupun mobilnya sudah berusia tua, kalau perbaikan tetap dijalankan sesuai waktu enggak akan masalah. 

Persneling mobil yang keras ini jelas bisa membuat pengemudi merasa kurang nyaman karena buat memindahkan gigi pengemudi harus mengeluarkan tenaga ekstra. 

Malah kadang beberapa orang bisa panik karena persneling tidak bisa dipindahkan saking kerasnya. Buat mobil matik sih rasanya masih oke aja. 

cara memperbaiki persneling mobil keras

Tuas transmisi memakai model otomatis

Tapi, apa sih yang biasanya jadi penyebab persneling mobil menjadi keras? Selain perawatan ternyata gaya berkendara kita juga berpengaruh banget lho sama keawetan komponen. 

Penyebab Persneling Mobil Menjadi Keras

Kabel Kopling atau Oli Berkurang

Buat mobil tua, biasanya kopling masih memakai model kabel. Kabel ini biasanya menjadi aus karena usia.

Seiring pemakaian, kabel kopling bisa terkena debu, air hujan, dan bahkan air sabun saat mencuci mobil. Hal ini yang membuat kabel kopling menjadi aus dan berkarat.

Efeknya, saat menginjak kopling menjadi lebih keras dan tarikan kopling menjadi berkurang. 

Lalu, ada juga mobil yang sudah memakai model hidrolis. Biasanya ada dua komponen pada kopling manual. Pertama adalah master kopling bagian atas, lalu master kopling bagian bawah.

cara memperbaiki persneling mobil keras

Perbaikan transmisi matic Honda Jazz

Terkadang master kopling harus diganti seiring pemakaian. Tapi biasanya usia master kopling cukup lama hingga tahunan. 

Ada juga kemungkinan dari kurangnya oli pada bagian kopling. Jika sudah rusak, biasanya master kopling akan terasa loss dan tidak mau kembali ke posisi awal.

Harga master kopling setiap mobil berbeda-beda dan ada baiknya mengecek komponen ini pada mobil manual secara berkala. Kopling yang tiba-tiba loss sangat berbahaya dan membuat mobil tidak bisa berjalan.

Nah, sebelum kejadian di cek dulu, yuk. 

Ciri-ciri master kopling sudah mau rusak biasanya adalah gigi akan sulit dipindahkan. Lalu, kopling pada saat diinjak tidak langsung berbalik ke atas.

cara memperbaiki persneling mobil keras

Kopling yang tiba-tiba loss bisa berbahaya atau membuat mobil tidak bisa bergerak.

Jika sudah mendapati ciri seperti ini, maka kamu bisa segera melakukan pengecekan karena kopling jadi salah satu komponen yang vital pada mobil terutama mobil manual. 

Jika sudah sampai loss, master kopling benar-benar sudah rusak. Akan lebih baik mengganti master kopling atas dan bawah secara bersamaan agar pemakaian jadi lebih aman dan nyaman. 

Kampas Kopling Aus

Komponen lain yang sangat berpengaruh membuat persneling keras adalah kampas kopling. Kampas kopling yang sudah mau habis biasanya akan sulit berpindah gigi. 

Sebaiknya lakukan pengecekan pada kampas kopling mobil kesayangan kamu. Jika sudah aus, biaya perbaikan kampas kopling sebenarnya cukup lumayan. 

cara memperbaiki persneling mobil keras

Transmisi Dual Clutch masih digunakan sebagian kecil pabrikan mobil (Foto: Paultan)

Fungsi dari kampas kopling ini cukup sentral karena ia bertugas memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi. 

Oli Transmisi

Penyebab lain yang bisa membuat persneling mobil menjadi keras adalah oli transmisi yang jarang diganti. 

Biasanya oli transmisi dan oli gardan sangat jarang diganti karena dianggap kurang penting. Padahal, oli transmisi ada jangka waktu penggantian berkalanya. 

Misalnya diganti setiap 10 ribu km sekali atau 20 ribu km sekali. Tujuannya agar komponen di dalam transmisi tetap terjaga pelumasannya. 

cara memperbaiki persneling mobil keras

Ilustrasi pelumas transmisi (CarfromJapan) 

Buat mobil matik, oli matik wajib diganti secara berkala. Tujuannya supaya transmisi matik tidak jeduk dan tetap sehat. 

Cara Memperbaiki Persneling Mobil yang Keras

Salah satu cara memperbaiki persneling mobil yang keras adalah dengan mengganti oli transmisi dan oli gardan adalah sebagai cara termudah dan termurah sebelum melakukan hal lain. 

Bisa saja oli pada transmisi tersebut sudah kotor dan jelek sehingga membuat perpindahan gigi menjadi keras dibanding sebelumnya. 

Biaya penggantian oli transmisi yang dibutuhkan juga tidak besar. Biasanya hanya membutuhkan 3 liter oli dengan harga per liternya berkisar antara Rp70 ribu sampai Rp200 ribuan.

cara memperbaiki persneling mobil keras

Transmisi mobil toyota KIjang. (Foto: Carmudi)

Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa transmisi dan lihat komponen di dalamnya. Biasanya untuk mobil manual cukup mengganti kampas kopling jika kampasnya sudah aus. Namun, biaya mengganti kampas kopling cukup besar yang berkisar ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Khusus untuk mobil berpenggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD), oli gardan juga wajib diganti pada interval waktu yang sudah ditentukan. 

Kendati rajin mengganti oli transmisi, jangan melupakan pengecekan di bagian transmisi dan kopling. Bagian transmisi dan kopling juga wajib mendapat sentuhan setidaknya setiap 20 ribu km. Cek komponen seperti pelat kopling, matahari, hingga syncromesh ring.

Untuk komponen syncromesh ring memang perlu diketahui lebih dalam. Bagian ini berfungsi untuk menyamakan putaran antara roda gigi transmisi. 

Putaran yang sama akan membuat proses perpindahan gigi menjadi lebih mudah dan halus. Ketika syncromesh ring ini mengalami aus, maka proses untuk menyamakan kecepatan antara masing-masing roda gigi akan semakin sulit dan menyebabkan gigi persneling susah masuk.

cara memperbaiki persneling mobil keras

Posisi transmisi di gigi rendah jika akan melewati jalan menanjak (Foto: Ilustrasi)

Gantilah komponen di area transmisi dan kopling yang sudah mulai rusak, dan yang terpenting adalah cara berkendara juga sangat mempengaruhi keawetan kopling dan transmisi.

Sayangilah kendaraan kamu dengan mengganti gigi di timing yang pas.

Cara Merawat Transmisi

Untuk merawat transmisi bisa dilakukan dari diri sendiri. Karena gaya berkendara sangat mempengaruhi keawetan mesin dan transmisi. 

Misalnya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Rutin mengganti oli transmisi 10 ribu km 
  • Rutin mengganti oli gardan
  • Pengecekan transmisi secara berkala
  • Mengecek pelat kopling
  • Mengecek bagian matahari
  • Mengganti gigi tidak lebih dari 3 ribu rpm
  • Rutin mengganti gardan untuk mobil penggerak belakang

Cara di atas menjadi cara yang bisa dilakukan dalam merawat persneling mobil. Nah, cara memperbaiki persneling kopling mobil yang keras ternyata lumayan simpel, kan? 

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Posisi Transmisi Mobil Matic Saat Lampu Merah, Bagaimana yang Benar?

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts